Home / Gadget / Android / 3 Aplikasi Office Android Terbaik untuk Meningkatkan Produktivitas

3 Aplikasi Office Android Terbaik untuk Meningkatkan Produktivitas

aplikasi office terbaik android

Bekerja bisa menjadi sangat mengasyikkan saat ini. Dengan semakin berkembangnya teknologi, kita bisa menyelesaikan perkerjaan dimana saja dan kapan saja. Misalnya, di bandara sambil menunggu pesawat delay, di dalam kereta sewaktu perjalanan atau bahkan sambil ngopi asyik bersama teman. Android merupakan salah satu sistem operasi yang sangat fleksibel untuk membantu produktivitas kita. Dengan smartphone atau tablet Android, kita dapat memilih sendiri aplikasi apa saja yang memiliki fitur sesuai dengan kebutuhan kita.

Salah satu yang wajib kita punya adalah aplikasi Office untuk kebutuhan sehari-hari sewaktu bekerja. Dengan office dalam genggaman, waktu senggang pun kita tetap bisa produktif berkarya. Berikut ini adalah aplikasi office untuk Android terbaik yang bisa kita gunakan.

Microsoft Office Mobile

Aplikasi Office memang sangat dibutuhkan setiap pekerja. Dengan menggunakan aplikasi Office, kita dapat mengedit atau membuat draft dokumen langsung dengan smartphone ataupun tablet.

Beruntung Microsoft Office Mobile yang terdiri dari Microsoft Word, Excel dan Powerpoint telah dirilis sejak tahun 2015. Tiga jenis aplikasi tersebut kini telah tersedia untuk semua platform Android. Dengan aplikasi ini kita bisa mengedit file yang dibuat dengan Microsoft Office versi PC dengan smartphone, kapanpun dan dimanapun. Microsoft Office Mobile memiliki versi untuk tablet dan smartphone yang identik.

microsoft office mobile
Microsift Office Mobile via androidandme.com

Untuk membuat dokumen ataupun mengeditnya, kita membutuhkan akun Microsoft. Dengan mendaftarkan diri, kita juga dapat menyimpan data langsung pada Microsoft Cloud. Hanya saja, untuk transfer file dengan Google Drive, kita harus membayar biaya berlangganan.

Fitur-fitur yang kita dapatkan memang terbagi menjadi dua jenis, yaitu gratis dan berbayar.

Baca juga:  Cara Backup Pesan, Kontak dan Foto WhatsApp ke Google Drive

FREE Office

Aplikasi yang satu ini mempunyai kemampuan yang hampir sama bagusnya dengan aplikasi dari Microsoft. Jika kita harus membayar uang yang tidak sedikit untuk berlangganan aplikasi Microsoft Office, maka kita bisa sedikit berhemat dengan menggunakan aplikasi dari FREE Office. Adapun FREE Office memiliki beberapa pilihan yaitu, TextMaker sebagai alternatif dari Microsoft Word, Plan Maker Mobile sebagai pengganti Microsoft Excel dan juga Presentations untuk menggantikan PowerPoint.

TextMaker mobile
TextMaker Mobile via ggpht.com

Ketiga aplikasi tersebut sangat sederhana dan dapat mengoperasikan dokumen dari Microsoft Office. Adapun kelebihan dari FREE Office adalah fitur yang memungkinkan kita untuk menyimpan data pada Google Drive ataupun Evernote.

Google Docs, Google Sheets dan Google Slides

Bukan hal yang baru jika kita bisa bekerja dengan smartphone ataupun tablet yang dikombinasikan dengan PC atau laptop. Dengan koneksi internet yang semakin mudah didapatkan, kita bisa memanfaatkan cloud sebagai media penyimpanan data yang bisa kita akses dari mana dan kapan saja. Google Drive sebagai layanan cloud storage terbaik pun sudah terintegrasi dengan aplikasi Google seperti Docs, Sheets dan Slides.

Dengan menggunakan Docs, Sheets dan Slides kita bisa mengolah dokumen yang sama dengan Word, Excel dan PowerPoint. Fungsi ketiganya hampir sama persis. Hanya saja untuk menggunakan aplikasi Google tersebut, kamu membutuhkan aplikasi Google Drive yang juga harus terinstall pada smartphone Androidmu.

Google Docs Android
Google Docs Android via androidcentral.com

Google Drive sendiri juga memiliki kelebihan yang mungkin tidak kamu dapatkan dari layanan lainnya yaitu kamu bisa mengupload foto kelengkapan dokumen pekerjaanmu langsung pada Google Drive.

Baca Artikel Menarik Lainnya :

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Spesifikasi Dan Review Harga Huawei Enjoy 6 Bersertifikat Tenna Update Januari 2017

Spesifikasi Dan Review Harga Huawei Enjoy 6 Update Januari 2017

Spesifikasi¬† Dan Review Harga Huawei Enjoy 6 Update Januari 2017 – Satu lagi smartphone dari …