5 Aplikasi sebagai Alternatif Facebook untuk Android

facebook alternative for android

Facebook hingga kini masih diminati sebagian besar orang, entah untuk berkomunikasi dengan teman lama ataupun sekedar menyimak grup jual beli. Alasan itulah yang menyebabkan orang masih membutuhkan akses Facebook dari smartphone mereka. Sebelumnya, kita pernah berbicara tentang alasan kenapa kamu harus menghapus aplikasi Facebook Android, yaitu tentang besarnya resource yang digunakan sehingga membuat baterai lebih boros. Lalu, adakah alternatif agar tetap terhubung dengan Facebook tanpa aplikasi asli milik Facebook?

Ada banyak pilihan yang bisa kita ambil sebagai cara alternatif untuk tetap terhubung dengan mudah pada Facebook. Berikut ini adalah alternatif-alternatif yang bisa kamu ambil untuk mengganti aplikasi Facebook Android.

Facebook Mobile

Cara yang paling mudah dan paling ringan adalah dengan menggunakan Chrome kemudian tambahkan shortcut Facebook pada layar Home smartphone Androidmu. Akses Facebook Mobile dengan Chrome kemudian tekan tombol Options lalu pilih Add to Home Screeen dan seketika kamu akan mendapatkan cara paling cepat dan nyaman untuk mengakses Facebook tanpa takut menggunakan resource yang terlalu besar.

facebook using chrome

Hampir semua fitur yang ada pada aplikasi Facebook bisa kamu dapatkan dengan metode ini. Untuk mengaktifkan notifikasi, masuk ke Settings -> Site Settings -> Notifikasi dan pastikan semua notifikasi diperbolehkan. Kamu akan mendapatkan notifikasi mulai dari pesan baru, permintaan pertemanan dan notifikasi lainnya.

Tinfoil

Tinfoil adalah aplikasi yang lebih dari sekedar wrapper untuk Facebook mobile. Tinfoil sangat ringan, cepat dan jauh lebih sedikit dalam hal penggunaan resource dibandingkan dengan aplikasi Facebook.

Baca juga:  Hal-Hal Yang Harus Segera Kamu Hapus Dari Facebook

tinfoil facebook

Tinfoil mengemas data Facebook dari situs mobile dan menampilkannya dalam aplikasi yang rapi untuk penggunanya.

Toffeed

Toffeed mungkin menjadi aplikasi yang menawarkan wrapper yang paling lembut diantara aplikasi lainnya. Toffeed sangat rapi dan cepat. Aplikasi ini memiliki fitur tombol yang ditempatkan di pojok kanan bawah yang bisa digunakan untuk update status, upload foto maupun check in lokasi.

toffeed facebook

Swipe

Swipe merupakan aplikasi yang secara user interface sangat mendekati aplikasi Facebook Android. Hanya saja, Swipe mempunyai keuntungan dalam hal penghematan data baterai dan penggunaan memori yang lebih rendah.

Aplikasi ini dinamakan Swipe karena menggunakan fitur tab-swiping sebagai navigasi untuk berpindah dari halaman news feed, notification, friends dan lainnya.

Hermit

Hermit sejatinya bukan merupakan wrapper yang dikhususkan untuk Facebook. Hermit bisa digunakan pada hampir semua website. Hermit sangat mudah digunakan karena kemudahan pengaturannya.

Salah satu keunggulan Hermit adalah kemampuannya untuk memaksimalkan aplikasi dengan konsumsi baterai yang rendah sehingga daya tahan baterai smartphone-mu lebih lama.

Punya aplikasi lain sebagai alternatif aplikasi Facebook untuk Android? Kamu bisa menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 5 Pro Update Terbaru 2017

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 5 Pro Update Terbaru 2017 – Vendor smartphone asal Tiongkok …