Sunday , October 22 2017

5 Format Video Terpopuler di Dunia Lengkap Dengan Kelebihannya

5 Format Video Paling Populer di Dunia Beserta Kelebihannya
AVI

5 Format Video Terpopuler di Dunia Lengkap Dengan Kelebihannya – Siapa saja sih yang suka nonton film? Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua pasti banyak yang suka nonton film yang merupakan salah satu sarana hiburan murah meriah dan sangat mudah sekali untuk diakses.

Namun tahukah kamu bahwa setiap video atau film memiliki sebuah ekstensi atau format yang berbeda-beda tergatung dari mana kamu mendapatkan videonya dan dari siapa yang menyediakan video tersebut. Maka dari itu ulasan di bawah ini akan membahas tentang format apa saja yang populer dengan kelebihan dari masing-masing formatnya. Penasaran? Simak ulasan di bawah ini.

5 Format Video Paling Populer Berikut Kelebihannya

AVI

Siapa sih yang tak mengenal format vidio AVI? AVI atau Audio Video Interleave adalah salah satu format file paling populer karena seringnya digunakan untuk format film dan video secara luas lewat berbagai macam media. Format vidio yang satu ini juga sering digunakan sebagai format file default dari kamera digital dan handycam pada umumnya. Avi merupakan format vidio yang diciptakan oleh Microsoft yang juga terkenal dengan sering dikombinasikan dengan codec-codec seperti XVID dan DivX . Tapi bagi kamu yang menayangkan video dengan codec seperti yang telah disebutkan di atas, sangat disarankan untuk tidak lupa untuk menginstal file pembaca codec-nya terlebih dahulu sebelum memulai memutar hasil vidionya.

MP4

MP4 yang kini juga sudah merambah kedua format ponsel dan YouTube menjadi website yang menjadikan MP4 semakin maju karena ia menggunakan ekstensi MP4 (selain MKV) karena Youtube menggunakannya sebagai format file standar pada setiap video yang mereka sediakan. Namun perlu diketahui bahwa dulu YouTube menggunakan FLV sebagai format videonya, akan tetapi, semenjak mereka pindah ke pemutar video HTML5, maka flash mulai ditinggalkan dan FLV menjadi kenangan dari youtube.

3GP


Ngaku aja dahh pasti pada mesem-mesem sendirikan jika liat format file di atas. Yak benar itu adalah 3GP yang menjadi format paling terkenal di Indonesia pasalnya pada awal tahun 2000-an, format file video ini menjadi format file default bagi semua handphone. 3GP memang secara khusus dioptimalkan sebagai format video berukuran kecil terutama dari handphone, terutama dalam segi ukuran file yang dihasilkan. Hal yang membuatnya menarik adalah, 3GP sering kali disalahgunakan di internet karena banyak sekali video tidak senonoh kelas amatir (terutama dari tanah air) yang direkam menggunakan handphone dan menghasilkan video dengan format 3GP tersebut.

Baca juga:  Cara Mudah Hapus Otomatis Foto Spam Dari Grup WhatsApp Android

WEBM

Nahh buat kamu yang belum tahu, WEBM kini juga telah menjadi salah satu format file video yang mulai tekenal di internet. Ia menggunakan format coding video VP9/VP8 dan audio Vorbis atau Opus sebagai standar codec. Di Indonesia mungkin memang belum terlalu banyak yang menggunakan WebM sebagai format file video, akan tetapi di luar negeri sana semenjak hadinrya HTML5, WebM semakin menjamur sebagai media standar file, baik itu untuk situs forum hingga situs berita. Sama dengan MKV, WebM memiliki kontainer yang bernama Matroska.

MPG

Tahukan kamu bahwa MPEG pernah menjadi penguasa dari segala video di rumah kamu lho. Dulu waktu jaman-jamannya VCD masih menjamur di Indonesia, setiap file .DAT yang berada di dalam kepingan VCD merupakan sebuah video yang memiliki format MPEG 1. Selain VCD, MPG juga sering ditemukan di dalam DVD dan bahkan Blue-Ray sebagai ekstensi default video yang berada di dalamnya.

Bagaimana, sudah tahu kan kelebihan dari masing-masing format video? Yang pasti video-video tersebut pernah dan akan berjaya pada masanya. Semoga bermanfaat gaes!

About Rian

SEO enthusiast.
آپلود عکس