Monday , December 18 2017

5 Plugin Backup WordPress Terbaik Gratis dan Berbayar

plugin backup wordpress terbaik

Salah satu hal yang wajib kamu lakukan dalam mengelola website yang berjalan dengan mesin WordPress adalah dengan membuat backup secara rutin. Hal ini merupakan salah satu cara terbaik karena backup akan memberikan sebuah ketenangan dalam pikiran dan juga akan menyelamatkan kamu dari semua kemungkinan kecelakaan yang terjadi pada website-mu seperti hacking ataupun penyebab lainnya.

Ada beberapa plugin gratis yang bisa kamu gunakan secara cuma-cuma dan ada pula yang berbayar. Hampir semua plugin backup sangat mudah digunakan dan berikut ini adalah 5 plugin terbaik yang bisa kamu pakai untuk membackup website.

VaultPress

vaultpress plugin backup wordpress terbaik

VaultPress adalah plugin yang dikembangkan oleh Matt Mullenweg bersama dengan tim Automattic. VaultPress menawarkan beberapa jenis layanan dengan opsi backup otomatis secara real-time mulai dari $5 per bulan.

VaultPress memberikan kemudahan untuk membuat backup dan restore hanya dengan beberapa klik saja. VaultPress juga menawarkan paket-paket lain salah satunya adalah scan keamanan website.

BackupBuddy

BackupBuddy merupakan salah satu plugin backup berbayar untuk WordPress. BackupBuddy memiliki fitur yang bisa memudahkan kamu untuk memberikan jadwal backup otomatis harian, mingguan atau bahkan bulanan dan kamu bisa memilih menentukan menyimpan backup pada Dropbox, Amazon S3 dan bahkan menyimpan di email.

Keunggulan menggunakan BackupBuddy adalah jenis layanan yang bukan berbasis pada subscription artinya kamu akan mendapatkan lisensi untuk menggunakan plugin sesuai dengan jumlah yang disebutkan pada paket yang kamu pilih.Kamu juga bisa menggunakan BackupBuddy untuk memindahkan website WordPress ke hosting baru tanpa downtime.

CodeGuard

CodeGuard merupakan layanan backup dengan cloud secara otomatis. CodeGuard menjadi semacam mesin waktu yang bekerja pada websitemu.

CodeGuard bisa digunakan untuk menjadwalkan backup harian dari website berbasis WordPress dan menyimpannya pada cloud server. Kamu bisa me-restore dari file backup dengan mudah cukup dengan satu klik dan kamu juga bisa mendownload file backup untuk me-restore secara manual.

Baca juga:  Hal-Hal Yang GRATIS Di Internet Ini Wajib Kamu Coba

CodeGuard dapat dinikmati mulai dengan $5 per bulan dan memiliki beberapa pilihan paket dengan pilihan biaya bervariasi. CodeGuard juga bisa dimanfaatkan untuk backup website selain WordPress dengan baik.

BackWPup

BackWPUp adalah plugin gratis yang bisa kamu gunakan untuk membuat backup WordPress lengalt secara gratis dan menyimpannya pada cloud, FTP, email atau pada komputer kamu sendiri.

BackWPup sangat mudah digunakan, kamu bisa mengatur jadwal backup secara otomatis sesuai dengan frekuensi update website. Restore pun dapat dilakukan dengan sangat sederhana. BackWPup juga tersedia dalam versi Pro yang memiliki kelebihan pada support dan kemampuan menyimpan dokumen backup pada Google Drive.

BackUpWordPress

BackUpWordPress merupakan plugin backup WordPress yang sangat lengkap dilengkapi dengan dukungan penjadwalan backup otomatis. BackUpWordPress memungkinkan kamu untuk melakukan penjadwalan yang berbeda untuk backup database dan file. Salah satu kekurangan dari BackUpWordPress versi gratis adalah kamu tidak bisa menyimpan hasil backup ke cloud storage.

Kamu bisa membackup WordPress ke Dropbox, Google Drive dan sebagainya hanya jika kamu membeli versi premium BackUpWordPress.

Dari 5 plugin berbayar maupun gratis di atas masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Untuk itu kamu bisa menentukan atau mencoba sendiri plugin mana yang lebih cocok dengan spesifikasi websitemu. Atau jika kamu memiliki opsi backup lain yang lebih baik, kamu bisa menuliskannya pada kolom komentar berikut ini.

Ilustrasi: websolutionswizard.com

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس