Home / Featured / 5 Situs Alternatif untuk Upload file PDF selain Scribd
scribd alternative

5 Situs Alternatif untuk Upload file PDF selain Scribd

Seperti yang kita ketahui, Scribd adalah situs hosting dokumen yang sangat populer untuk berbagi dokumen PDF secara online. Namun dengan interface dan fitur-fitur yang terlalu banyak aturan seperti pembayaran dan harus mendaftar sebelum mendownload suatu file, banyak orang menjadi kurang begitu menyukai Scribd. Apalagi setelah Scribd mengubah model bisnisnya menjadi Netflix for books, mungkin ini adalah saat yang tepat untuk mempertimbangkan alternatif situs untuk berbagi dokumen PDF selain Scribd.

Ada beberapa situs yang bisa kita gunakan untuk berbagi file PDF namun dengan kemudahan yang ditawarkan. Beberapa diantaranya bahkan sangat sederhana dan hanya sekedar upload dokumen PDF saja. Berikut ini adalah 5 alternatif situs hosting dokumen PDF yang bisa kita coba.

PDFy

PDFy adalah situs hosting PDF yang paling sederhana dan paling cepat. Mengapa demikian? Karena ternyata developer situs ini tidak menyukai situs yang terlalu banyak aturan dan berbelit-belit sehingga membuat sesuatu yang berbeda yaitu situs hosting PDF yang mudah digunakan. PDFy memperbolehkan kamu untuk upload dan download dokumen PDF secara gratis, tanpa memerlukan pendaftaran akun.

Bagaimana mungkin hal ini terjadi? Setiap file yang kita upload akan mendapatkan sebuah link untuk sharing file tersebut atau untuk kita masukkan ke dalam sebuah website. Namun sayangnya PDFy masih dalam tahap pengembangan sehingga kamu belum mendapatkan tools untuk uplad langsung melalui website sehingga kamu harus mengirim email ke pdfy-upload@cryto.net dan mereka akan mengupload dokumen kamu secara manual.

pdfy

PdfSR

PdfSR dulunya dikenal sebagai PDFCast adalah salah satu tools yang sangat sederhana untuk hosting dokumen PDF. PdfSR memberikan kesempatan kamu untuk mendaftar sebuah akun atau untuk upload tanpa harus memiliki akun. Kamu cukup mengisi nama dan email dan hal tersebut sudah cukup sebagai syarat melakukan upload dokumen.

Hanya saja, pengguna yang memiliki akun akan mendapatkan fasilitas fitur tambahan seperti proteksi file dan menghapus dokumen yang pernah diupload.

PdfSR memiliki mesin pencari yang bisa kamu gunakan untuk mencari dokumen berdasarkan kata kunci atau kamu juga bisa mencari secara manual semua file yang diunggah oleh pengguna.

PdfSR juga memiliki fitur social dimension yang memungkinkan kamu untuk menambah favorite, memberikan komentar atau sharing ke media sosial yang kamu punya. Untuk embed dokumen pada website, kamu cukup melakukan klik pada tombol yang disediakan dan copy code yang diberikan.

Baca juga:  Cara Menggabungkan Banyak File PDF Menjadi Satu File Secara Online

pdfsr

Hashdoc

Hashdoc cocok untuk orang-orang yang memiliki banyak pekerjaan terkait dengan sharing dokumen PDF. Dengan Hashdoc, kamu bisa mengupload dokumen kemudian memberi tag dan kategori yang cocok dengan dokumen tersebut. Hal tersebut memudahkan pengguna untuk mencari dokumen yang dibutuhkan.

Tidak diperlukan akun untuk mengupload ataupun mendownload dokumen pada hashdoc. Kamu juga bisa mendapatkan kesempatan untuk dibayar untuk setiap dokumen yang kamu unggah namun ada syarat khusus yang harus kamu penuhi.

Hashdoc mirip dengan alat presentasi online karena memiliki fitur preview yang cepat dan lembut. Hashdoc juga bisa digunakan untuk upload dokumen lain seperti DOC, PPT, XLS dan juga TXT.

hashdoc

Calameo

Calameo sebenarnya adalah situs untuk publikasi online yang sangat cocok untuk upload majalah digital ataupun media lainnya. Kamu bisa mengupload apa saja pada Calameo, akan tetapi kamu wajib mempunyai akun Calameo. Untuk akun gratis, kamu akan mendapatkan space sebesar 15Gb yang pastinya sudah sangat cukup untuk digunakan sebagai situs hosting media yang kamu punya.

Calameo menggunakan flash untuk menampilkan dokumen dan terdapat tiga mode untuk membaca. Calameo juga support berbagai dokumen seperti PDF, DOC, ODT, PPT dan sebagainya.

calameo

DocDroid

DocDroid merupakan situs hosting dokumen PDF yang sangat sederhana dan gratis. Kamu tidak wajib memiliki akun pada DocDroid untuk memulai upload file. Dengan DocDroid, file yang tidak didownload selama 60 hari akan otomatis dihapus sehingga dapat kamu manfaatkan untuk mengupload dokumen yang ‘limited’.

Viewer pada DocDroid juga sangat sederhana akan tetapi memiliki fitur Print sehingga kamu bisa mencetak dokumen langsung dari browser.

docdroid

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

10 audio editor online

10 Website Editor Musik Secara Online Terbaik

Setelah sebelumnya kita membahas foto editor online dan video editor secara online, biar makin lengkap …