Home / Featured / 6 Cara Mengatasi iPhone Lemot, Hang dan Cepat Panas

6 Cara Mengatasi iPhone Lemot, Hang dan Cepat Panas

Mungkin judul artikel ini kurang familiar mengingat kita semua tau bahwa pengguna membeli iPhone karena keawetan dan kehandalannya ketika dipakai. Produk iPhone memang sangat bagus dan tak ada bantahan mengenai hal tersebut. Namun, kita harus memperhatikan aspek-aspek lain yang memungkinkan terjadinya penurunan kinerja iPhone, khususnya versi terdahulu mulai dari iPhone 4s, iPhone 5 atau 5s yang berjalan pada iOS versi baru misalnya iOS 8.

Pengguna iPhone 4 dan 5 saat ini masih cukup banyak mengingat selain tingkat ketahanan ponsel yang bagus tetapi juga produk tersebut masih dijual di pasaran. Dan beruntungnya, iPhone 5 dan 5 masih kompatibel dengan iOS 8 yang artinya ada kemungkinan masalah pada performa karena spesifikasi ponsel kurang mengimbangi kinerja sistem operasi. Dengan demikian, pengguna iPhone 6 atau iPhone 6s rasanya tidak akan menemui kendala berarti pada kinerja ponsel mereka.

Ada 6 langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan performa iPhone sekaligus mengatasi iPhone yang lemot, lambat, hang dan cepat panas diantaranya sebagai berikut.

Matikan Pencarian Spotlight

Pencarian Spotlight adalah fitur yang digunakan untuk mencari konten yang ada pada iPhone kamu. Kamu bisa menonaktifkan pencarian spotlight untuk mempercepat kinerja iPhone.
Masuk ke Settings kemudian pilih General. Pilih Spotlight Search kemudian matikan opsi pencarian yang ada.

Dengan tidak menyisakan opsi yang aktif, kamu telah menonaktifkan pencarian Spotlight.

Kurangi Data yang tidak Penting

Salah satu penyebab iPhone lambat adalah akibat dari memori penyimpanan yang hampir terisi penuh. Backup atau hapus beberapa data seperti foto, video, lagu atau mungkin aplikasi yang sudah tidak digunakan.

Dengan demikian free space pada media penyimpanan akan bertambah dan kinerja iPhone tidak terlalu berat.

Matikan Perspective Zoom

Perspective Zoom merupakan fitur dimana wallpaper akan diperbesar untuk menutup ruang ketika iPhone dimiringkan. Fitur ini dapat ditemukan ketika kita mengatur Wallpaper. Masuk ke Settings lalu pilih Wallpaper. Selanjutnya pilih New Wallpaper lalu tentukan pilihan Wallpaper dan tap Perspective Zoom untuk mengubahnya menjadi OFF.

Baca juga:  Cara Cepat Menghapus Foto, Video dan Media Lain dari WhatsApp Group

Aktifkan Reduce Motion

Pengaturan Reduce Motion adalah salah satu yang paling direkomendasikan untuk mengatasi iPhone yang lambat. Dengan mengaktifkan reduce motion, akan terjadi pengurangan motion pada user interface sehingga beban kerja ponsel lebih ringan. Dari Settings pilih General kemudian tap Accessibility. PIlih Reduce Motion kemudian ubah tombol pengaturan menjadi ON. Sebenarnya dengan mengaktifkan Reduce Motion, Perspective Zoom pada wallpaper secara otomatis akan dimatikan.

Matikan Services yang tidak digunakan

Untuk memastikan beban kerja iPhone tidak berlebihan, kita bisa mematikan beberapa service yang tidak digunakan seperti Bluetooth, Location services dan juga Background App Refresh. Ketiga services tersebut dapat kita matikan dari menu Settings.

Aktifkan Reduce Transparency

Selain dengan mengaktifkan fitur Reduce Motion, ternyata masih ada satu lagi fitur yang bisa kita gunakan untuk mengurangi beban iPhone, yaitu Reduce Transparency. Fitur ini digunakan untuk menghilangkan efek transparan pada user interface iPhone dan terbukti cukup ampun untuk meningkatkan performa iPhone.

Masuk ke Settings -> General -> Accessibility -> Increase Contrast kemudian aktifkan opsi Reduce Transparency.

6 langkah tersebut bisa kamu lakukan untuk mengurangi beban iPhone sekaligus meningkatkan performa iPhone dengan mudah. Jika kamu mengalami masalah pada penggunaan iPhone, kamu juga bisa mencoba solusi-solusi terbaik agar kinerja iPhone lebih maksimal.

Ilustrasi: businessinsider.com

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Spesifikasi dan Harga LG G3 Beat Update November 2016

Harga LG G3 Beat Update Desember 2016 dan Spesifikasinya

Harga LG G3 Beat Update Desember 2016 dan Spesifikasinya – LG, vendor smartphone asal korea …

  • nut

    Thankssss, it works! 😀

    • Rian

      you’re welcome 😉