Home / Tips n Trik / 6 Cara Untuk Membuka Windows Task Manager
cara membuat hotspot dengan windows 10

6 Cara Untuk Membuka Windows Task Manager

Task Manager adalah salah satu tools yang sangat penting dan paling banyak digunakan apapun versi Windows yang kita pakai. Dengan Windows Task Manager kita dapat dengan mudah menghentikan aplikasi yang not responding (hang), memulai tugas baru, melihat performa dan aktivitas sistem, mengetahui detail dari proses yang berjalan bahkan hingga menjalankan perintah restart ataupun shutdown.

Mengingat pentingnya Task Manager tersebut, Windows memberikan banyak alternatif cara untuk menjalankan Windows Task Manager. Hal ini penting untuk diketahui agar kita bisa tetap menjalankan Windows Task Manager dalam berbagai situasi dan kondisi akibat aplikasi not responding atau mungkin disebabkan oleh virus komputer.

Ada 5 langkah berbeda yang bisa kita gunakan untuk mengakses Windows Task Manager untuk Windows 7, 8 dan 10 ataupun Windows versi terdahulu, diantaranya:

Dari Taskbar

Menjalankan Windows Task Manager dari Taskbar merupakan cara yang paling mudah dan mungkin paling banyak diketahui. Cukup dengan klik kanan pada taskbar kemudian pilih Task Manager atau Start Task Manager dari opsi yang ada. Windows Task Manager akan langsung muncul di layar desktop.

task manager from taskbar

Selain merupakan cara paling mudah, membuka Task Manager dari taskbar juga merupakan salah satu cara yang paling sering tidak bisa dilakukan akibat komputer not responding. Diperlukan cara lain untuk mengakses Task Manager ketika akses dari taskbar terhambat.

Menggunakan Shortcut Keyboard

Khusus untuk Windows 7, 8 dan 10, kamu bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl + Shift + Esc untuk langsung menjalankan Windows Task Manager tanpa melalui Windows Security Screen.

Bagi user yang telah mengenal komputer sejak tahun 90-an atau awal 2000-an, shortcut keyboard yang dikenal untuk menjalankan Windows Task Manager adalah dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Del. Tidak salah memang, karena Windows XP memang menggunakan kombinasi tersebut untuk langsung menjalankan Windows Task Manager.

Namun sejak Windows Vista, 7 dan setelahnya, kombinasi Ctrl + Alt + Del akan menampilkan Windows Security Screen yang berisi banyak aksi yang bisa kita lakukan seperti log off, switch user, dan start Windows Task Manager. Klik Task Manager untuk menjalankan Windows Task Manager.

Baca juga:  Cara Masuk ke Windows 10 Tanpa Login

Melalui Command Prompt

Selain cara diatas, kamu juga bisa menjalankan Windows Task Manager melalui Command Prompt. Jalankan command prompt dengan menekan tombol Windows + X kemudian pilih Command Prompt. Untuk Windows 7, kamu bisa membuka command prompt dari Start Menu.

command prompt windows 10

Setelah command prompt terbuka, ketik perintah di bawah ini lalu tekan Enter untuk menjalankan Windows Task Manager.

taskmgr

Jika kamu ingin membuka task manager sebagai administrator untuk menghilangkan beberapa limit penggunaan, kamu bisa membuka command prompt sebagai administrator dari Start Menu dan jalankan perintah di atas.

Melalui Run

Seperti halnya command prompt, kamu juga bisa menjalankan Windows Task Manager melalui RUN. Tekan tombol Windows + R kemudian ketik taskmgr dan tekan Enter untuk membuka Task Manager.

run task manager via isunshare.com

Membuka Task Manager dari File Explorer

Selain dari shortcut yang sudah tersedia di atas, kamu juga bisa menjalankan Task Manager langsung dari File Explorer, mengingat Task Manager adalah aplikasi terpisah namun terintegrasi dengan sistem Windows.

Buka folder Windows\System32 pada drive instalasi Windows kemudian cari file Taskmgr.exe lalu double-klik file tersebut untuk membuka Task Manager.

Cara-cara di atas bisa kamu manfaatkan untuk membuka Task Manager baik untuk keperluan tertentu ataupun ketika kamu berada dalam situasi mendesak untuk mengatasi aplikasi atau program yang not responding.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

facebook

Inilah Cara Mudah Membuka Facebook Yang Terkunci atau Diblokir

Inilah Cara Mudah Membuka Facebook Yang Terkunci atau Di Blokir – Dengan seiring pesatnya perkembangan …