Thursday , March 23 2017
Home / Featured / 6 Hal Positif Yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Internet Down

6 Hal Positif Yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Internet Down

Kondisi geografis di wilayah negara kita Indonesia membuat kita berada pada 2 musim yang berbeda pada satu tahun, yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Musim kemarau mungkin tidak terlalu banyak menimbulkan kerugia bagi kita, kecuali memang suhu yang panas dan beberapa daerah yang mulai kekeringan. Menurut perkiraan, sebentar lagi wilayah Indonesia akan memasuki musim penghujan. Awal datangnya musim hujan barangkali menjadi early warning bagi para pengusaha Internet Service Provider.

Ya, mereka dituntut bersiap dan berdoa agar selama musim penghujan tidak terlalu banyak mengganti perangkat internet akibat terkena petir atau kemasukan air. Lalu, apakah hanya pemilik usaha ISP saja yang wajib bersiap-siap? Tentu bukan hanya mereka saja, kita pun harus bersiap untuk menghadapi ‘bencana’ internet down yang sering hadir pada musim penghujan. Bisa jadi gangguan terjadi pada ISP ataupun operator seluler yang masih sering ngadat ketika hujan deras.

Bagi kita yang kecanduan internet, satu jam tanpa koneksi internet rasanya tangan sudah sangat gatal bagaimana ingin segera kembali berselancar di dunia maya. Nah, untuk itu sebagai persiapan kita berikan tips apa yang bisa kamu lakukan selama koneksi internet down.

1. Bermain Game
Jika kamu masih ngebet berada di depan komputer, bermain game bisa menjadi alternatif ketika internet sedang down. Tentunya hanya game offline saja yang bisa dijalankan sedangkan untuk game online bisa kamu abaikan sejenak. Bermain game juga bisa memberikan efek refresh bagi kamu yang terlalu lama bekerja dengan internet.

2. Mendengarkan Musik
Selain bermain game, kamu juga bisa mendengarkan musik selagi koneksi internet terputus. Meskipun kamu sudah terbiasa mendengarkan musik sambil internetan, tidak ada salahnya kamu menikmati alunan musik sambil merebahkan badan dan mengistirahatkan pikiran.

Baca juga:  Cara Membuat Animasi GIF Bergerak pada Google Search

3. Tulis konsep artikel
Jika kamu adalah seorang blogger yang tergantung penuh pada internet, kamu bisa menggunakan waktumu untuk menulis konsep artikel pada blog. Kamu bisa melakukannya pada notepad atau pengolah kata lain dan melakukan finishing jika koneksi internetmu sudah nyala kembali.

4. Memperbaiki Komputer atau Laptop
Kita mungkin tidak pernah ‘sempat’ untuk memperbaiki komputer atau sekedar mengecek performa komputer selagi kita terkoneksi dengan internet. Maka dari itu manfaatkan waktumu untuk mendefrag hardisk, Uninstal software, Repair Registry, menghapus data yang tidak diperlukan atau sekedar menata file dan folder supaya lebih rapi.

Tak lupa, bersihkan pula komputer kamu dari debu yang menempel.

5. Menghabiskan Waktu dengan Keluarga
Internet memang sering membuat kita lupa waktu. Termasuk membuat kita sering lupa pada anggota keluarga kita. Maka dari itu, manfaatkan waktu ketika internet mati untuk berbincang dengan orang tua, saudara atau anggota keluarga yang lain. Quality time dengan keluarga itu penting lho, bro!

6. Jalan-jalan keluar
Yap, salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan ketika tidak mempunyai koneksi internet adalah jalan-jalan keluar menghirup udara segar. Terlalu lama di depan komputer juga tidak baik bro, imbangi dengan olahraga dan refreshing. Gunakan waktu longgar untuk work out atau sekedar cuci mata ke mall.

Jangan lupa, bawa gadget kamu keluar dan kamu bisa saja menemukan koneksi WiFi di luar sana. Eh! Yak itulah tips kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika koneksi internet kamu mati. Semoga bermanfaat ya.

Ilustrasi: www.ministrybestpractices.com

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Smartfren Andromax E2 c

Smartfren Andromax E2 Spesifikasi Menawan 4G LTE Harga Di Bawah 1 Juta

Smartfren Andromax E2 Spesifikasi Menawan 4G LTE Harga Di Bawah 1 Juta – Smartphone 4G …