Sunday , December 17 2017

7 Extensions Google Chrome Yang Harus Dimiliki Penulis

Menjadi content writer bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Untuk membuat sebuah tulisan kamu harus melakukan research, mencari sumber, mencatat hal-hal penting yang ditemukan, mencari gambar yang sesuai dengan tulisan dan sebagainya. Untuk memudahkan pekerjaanmu sebagai content writer, ada baiknya kamu menggunakan Google Chrome beserta 7 extensions berikut ini yang dapat kamu gunakan untuk mengorganisasi alur kerjamu setiap harinya.

Grammarly

Grammarly adalah salah satu extensions pada Chrome yang sering digunakan untuk mengecek kesalahan grammar dan spelling ketika menulis artikel, khususnya untuk artikel berbahasa Inggris. Untuk menggunakan Grammarly, kamu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu di official website mereka. Setelah terdaftar, Grammarly akan secara otomatis terintegrasikan Google Chrome kamu dan akan menampilkan solusi instant untuk membetulkan kesalahan spelling dan grammar.

OneTab

OneTab adalah extensions Chrome yang bisa kamu pakai untuk menyimpan tab aktif untuk dibuka kembali di waktu berikutnya. OneTab sangat berguna pada saat kamu melakukan research. Hal yang menarik dari OneTab adalah bisa membantumu untuk mengorganisasi semua tab aktif pada sebuah grup dan kamu juga bisa melakukan share semua tab yang tersimpan sebagai sebuah halaman web.

Speak It

Speak It adalah sebuah extension yang berfungsi untuk text-to-speech. Sebagai penulis kita mungkin kesulitan untuk mencari kesalahan penulisan pada artikel, namun dengan mendengarkan artikel tersebut proses koreksi akan lebih mudah untuk menemukan dan membetulkan kesalahan penulisan.

Evernote Web Clipper

Evernote adalah sebuah tool yang sangat populer di kalangan penulis. Evernote Web Clipper merupakan satu extensions yang dapat membantumu untuk menyimpan halaman web dengan cepat pada Evernote untuk digunakan kembali di lain waktu. Clip yang tersimpan juga bisa langsung kamu share pada teman-temanmu.

StayFocusd

stay focusd untuk konten writer

Pada saat menggunakan internet mungkin kita sering kesulitan mengatur fokus karena terganggu dengan email, notifikasi Facebook, notifikasi WhatsApp dan sebagainya. StayFocusd adalah sebuah ekstensi Chrome yang memblokir beberapa situs yang ditentukan dalam waktu yang ditentukan pula. Kamu bisa mengatur website apa saja dan kapan website tersebut akan diblokir. StayFocusd akan membantumu meningkatkan produktivitasmu dengan membatasi waktu kerja yang terbuang.

Baca juga:  Cara Mendaftar dan Verifikasi Google Search Console / Webmaster Tools

Google Similar Pages

google similar pages

Google Similar Pages merupakan extension official dari Google yang dapat kamu gunakan untuk memudahkan pekerjaan research untuk konten yang akan kamu bidik. Saat extension ini terinstall, pada saat kamu berada pada website yang menjadi target, dengan satu klik kamu akan mendapatkan sebuah daftar yang berisi website-website yang mirip dan berisi topik yang menjadi targetmu. Dengan demikian kamu dapat menemukan banyak referensi untuk topik yang sama dari website yang berbeda.

TickTick

TickTick merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk membuat to-do dan task list. Memiliki perencanaan to-do list yang baik membuat kamu bisa me-manage waktu dan pekerjaan jauh lebih mudah. TickTick bisa kamu sinkronisasikan dengan smartphone sehingga kamu tidak akan kehilangan to-do list kemanapun kamu pergi.

Dari 7 Chrome extensions yang dinukil dari maketecheasier.com di atas kamu bisa memilih mana yang cocok untuk memudahkan pekerjaanmu. Jika kamu memiliki referensi lain untuk memudahkan pekerjaan content writer, kamu bisa menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini.

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس