Wednesday , April 25 2018

Akankah Fitur GIF Hilang dari Instagram Story?

Akankah Fitur GIF hilang dari Instagram Story

Akankah Fitur GIF Hilang dari Instagram Story? – Memang beberapa hari belakangan ini banyak pengguna Instagram yang dibuat heboh dengan tak munculnya fitur GIF ketika akan membuat sebuah Story.

Dengan menggunakan gambar berformat GIF di Instagram Story adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan karena tak ada syarat khusus untuk melakukannya, kecuali pengguna harus menggunakan Instagram terbaru untuk bisa melakukannya.

GIF adalah gambar yang sering digunakan untuk membangun sebuah website, hal ini dikarenakan gambar yang mempunyai format tersebut akan memiliki kemampuan untuk menyimpan gambar background ataupun gambar dengan animasi sederhana. Sebenarnya gambar berformat GIF belum lama hadir ke Instagram Story, namun fitur ini beberapa hari lalu sudah tak bisa diakses oleh para pengguna Instagram.

Apakah Fitur GIF Dihapus Instagram?

Akankah Fitur GIF hilang dari Instagram Story

Gambar beformat GIF hadir di instagram pada bulan janurari 2018 dan tak sampai tiga bulan fitur ini hadir di Instagram namun sudah tak bisa digunakan lagi untuk membuat Story, Hal ini tentu sangat disayangkan tapi kelihatannya fitur ini tak dihapus oleh Instagram melihat umurnya yang masih pendek. Kelihatannya perusahaan yang ada dibawah naungan Facebook ini hanya mengambil tindakan tegas dengan memblokir fitur tersebut di Instagram Story untuk sementara waktu.

Mengapa Fitur GIF  Diblokir?

Pihak Instagram memasukkan fitur gambar berformat GIF kedalam fitur Storynya dengan menggunakan layanan gambar GIF pihak ketiga yakni Giphy. Namun sangat disayangkan beberapa waktu lalu muncul bug dalam sistem penyaringan gambar berformat GIF yang dimiliki Giphy.

Baca juga:  Boomerang, Aplikasi Untuk Membuat Animasi GIF Seperti Video di Instagram

Nyatanya bug tersebut membuat munculnya gambit GIF yang mengandung konten rasisme didalam perpustakaan Giphy, sehingga konten bernada rasisme tersebut tanpa disadari bisa diakses oleh pengguna yang menggunakan fitur ini pada beberapa aplikasi.

Memang konten rasis yang dilaporkan oleh pengguna adalah konten GIF dengan kata sensitive bagi kaum berkulit hitam atau lebih akrab disebut dengan N-word. Hingga saat ini tercatat tidak hanya Instagram yang melakukan fitur gambar berformat GIF dari Giphy.

Snapchat pun juga melaukan hal yang sama terhadap fitur GIF yang dibawa pada Februari 2018 lalu yang menyusul apa yang dilakukan oleh Instagram. Namun perlu ditegaskan pemblokiran ini hanya akan dilakukan untuk sementara waktu karena pihak. Pihak Giphy juga menyatakan sedang memperbaiki bug yang muncul dan akan mengatur ulang perpustakaan miliknya.

Demikianlah ulasan mengenai Instagram yang akan menghilangkan fitur GIF dari Instagram Story. Semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu khususnya pengguna Instagram yang bertanya-tanya mengapa fitur GIF hilang, sekian dan mari kita nantikan saja fitur GIF kembali.

About Rian

SEO enthusiast.