Alasan Mengapa Resolusi Video Lebih Rendah Dibanding Resolusi Foto

Alasan Mengapa Resolusi Video Lebih Rendah dari pada Resolusi Foto

Alasan Mengapa Resolusi Video Lebih Rendah Dibanding Resolusi Foto – Saat ini memang banyak smartphone yang menawarkan berbagai kamera dengan spesifikasi yang tinggi, tapi pernahkan kamu menyadari bahwa ukuran resolusi video selalu tampak lebih rendah jika dibandingkan dengan resolusi foto? Mungkin kamu bertanya-tanya mengapa seperti itu?

Bila kamu masih bingung dan belum menemukan jawabannya, tenang kami disini akan memberikan informasi mengapa resolusi video lebih rendah jika dibandingkan dengan resolusi dari foto.

Mengapa Resolusi Video Lebih Rendah dari Resolusi Foto?

Bila terdapat kamera dengan ukuran 22 Megapixel dan dapat merekam vidio hingga 4k, lalu berapa Megapixel-kah yang dibutuhkan untuk perekaman video tersebut? Jika dikalkulasikan, maka 4K hanya memerlukan 8 Megapixel, lantas bagaimana penjelasannya?

Alasan Mengapa Resolusi Video Lebih Rendah dari pada Resolusi Foto

Jika kamu merasa bingung serta merasa ada yang salah, antara 22 Megapixel, 8 Megapixel, dan 4K sebenarnya adalah ukuran resolusi dalam sebuah arti yang tepat. Yakni dengan seberapa banyak detail yang bisa diselesaikan per-unit dalam sebuah jarak. Besaran piksel dalam sebuah gambar sebenarnya bukanlah faktor penentu dari kejernihan suatu gambar itu sendiri.

Kamu Masih Bingung? Begini Penjelasan Lengkapnya

4K atau lebih tepatnya 3840 x 2160 itu sebenarnya bukan merupakan acuan untuk menentukan hasil gambar yang terbaik, dengan kata lain kamu sebenarnya perlu mempertimbangkan dua faktor lainnya dalam menentukan masalah gambar atau foto yang jernih, yakni ukuran jarak dan layar ketika kamu sedang melihatnya.

Baca juga:  Cara Meningkatkan Viewer Video YouTube dengan Mudah

Alasan Mengapa Resolusi Video Lebih Rendah dari pada Resolusi Foto

Yang pertama harus kamu tahu adalah berapa jumlah pixel per inchi atau PPI yang merupakan ukuran yang jauh lebih baik dalam resolusi layar, sedangkan jarak pandang memungkinkan kamu untuk menerjemahkan nilai ke pixel per visual degree atau cycles per degree untuk mengukur ketajaman visual. Penglihatan manusia memiliki batas yakni batas atas dan batas bawah mempunyai kondisi yang terbaik. Kondisi paling baik adalah 60 cycles/degree dan manusia melihat 30 cycles/degree.

Apakah 22 Megapixel Lebih Besar dari 4K?

Hal ini sebenarnya dibedakan secara sederhana, namun bila pertanyaanya apakah hasil dari 22 Megapixel dapat dibuat lebih besar dari 4K, maka jawabannya mungkin saja dan tergantung dengan sebererapa besar layar yang kamu gunakan. Sebenarnya 22 Megapixel itu hanyalah hitungan dari jumlah individu pixel untuk sebuah perangkat pembuat foto (kamera), semisal sensor CMOS dalam kamera. Jadi intinya hasil dari 4K itu masih tergolong baik jika dibandingkan dengan ukuran kamera 22 Megapixel.

Demikianlah ulasan menganai alasan mengapa resolusi video lebih rendah jika dibandingkan dengan resolusi foto, semoga ulasan di atas dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi kamu yang sering bertanya-tanya tentang resolusi video lebih rendah dari resolusi foto, sekian dan terima kasih.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Alat Penerjemah

Fungsi Lain Dari Kamera Smartphone yang Mungkin Jarang Kamu Gunakan

Fungsi Lain Dari Kamera Smartphone Yang Mungkin Jarang Kamu Gunakan – Smartphone memang menawarkan fitur …