Apa Bedanya Windows 64bit dan 32bit? Ini Dia Penjelasannya

32-or-64-bit-1200x630-c

Apa Bedanya Windows 64bit dan 32bit? Ini Dia Penjelasannya – Mayoritas pengguna laptop maupun PC di Indonesia saat ini menggunakan Windows sebagai sistem operasi yang dijalankannya. Berbagai jenis Windows mulai dari Windows 7, 8, 10 dan bahkan Windows XP masih eksis digunakan di Indonesia. Namun, tahukah kamu jika Windows mempunyai banyak versi termasuk dari sistemnya sendiri?

Perbedaan yang sering kita jumpai di Indonesia terdapat pada besarnya bit yaitu windows 32 bit dan 64 bit. Terdapat perbedaan yang sangat mencolok dari sisi performa keduanya. Pengen tahu apa sajakah perbedaannya? Simak ulasan dibawah ini.

Performa Windows 64 bit dan 32 bit

Performa Windows 64 bit dan 32 bit
Performa Windows 64 bit dan 32 bit

Dari segi performanya akan sangat tampak sekali perbedaan antara Windows 32 bit dan 64 bit yang ditetukan oleh sebuah prosesornya. Namun jika kita melihat dari teknologi prosesor yang dimiliki, Windows 64 bit tentu saja lebih unggul karena merupakan versi baru jika dibandingkan Windows 32 bit. Ibarat kata, Windows 64 bit memiliki lebar jalur yang lebih lebar dibandingkan dengan Windows 32 bit.

Windows 64 bit sangat cocok digunakan untuk pengerjakan suatu pekerjaan yang tergolong dalam kategoriyang berat contohnya editing video, desain grafis, editing music dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk Windows 32 bit disarankan digunakan untuk mengerjakan suatu pekerjaan yang ringan karena memang belum mendukung.

Perbedaan RAM yang Digunakan

Perbedaan selanjutnya pada bagian RAM. Untuk Windows 64 bit sendiri mampu membaca RAM lebih dari 4 GB dan bahkan hingga 8GB, sedangkan Windows 32 bit hanya mampu menampung kurang dari 4 GB. Pada saat kita menggunakan RAM 4 GB, maka Windows 32 bit hanya akan mendeteksi maksimal 3,2 GB yang mana sudah pasti tidak akan maksimal.

Baca juga:  Cara Membuat User Account di Windows 10

Kemampuan Pemprosesan  Data

Kemampuan Pemprosesan Data

Terlihat dari segi kemampuan dalam memproses data pada Windows 64 bit dan 32 bit tentu saja akan sangat berpengaruh pada performan dari komputer itu sendiri. Angka 64 dan 31 menunjukkan pada jumlah data yang dimuat pada satu kali putaran pemrosesan data.

Kompatibilitas Software

Windows 64 bit akan lebih leluasa digunakan untuk menjalankan aplikasi berbasis 64 bit maupun 32 bit. Sebaliknya Windows 32 bit tidak bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi berbasis 64 bit.

Kelebihan dan Kekurangan Windows 64 bit dan 32 bit

Kelebihan Windows 64 bit :

  • Mampu membuat kinerja prosesor lebih maksimal, khususnya yang berarsitektur 64-bit.
  • Kerja lebih cepat dan efisien
  • Mampu menggunakan RAM lebih dari 4 GB
  • Bisa  menjalankan software 32 bit
  • Cocok untuk menjalankan software terbaru yang mengutamakan grafis, seperti AI, Corel Draw, After Effects dan lain sebagainya
  • Performa yang handal

Kekurangan Windows 64 bit :

  • Tak cocok untuk PC keluaran lama

Kelebihan Windows 32 bit :

  • Dapat bekerja dengan optimal meskipun hanya menggunakn RAM dibawah 4 GB
  • Dapat mengoprasikan software dan aplikasi lawas ber basis 16 bit.
  • Lebih kompatibel dengan driver yang lebih lama
  • Cocok untuk laptop atau komputer lawas.

Kekurangan Windows 32 bit :

  • Belum menggunakan RAM yang lebih dari 4GB
  • Hanya sedikit software baru yang kompatibel

Demikianlah sedikit ulasan mengenai perbedaan-perbedaan mengenai  windows 64 bit dan 32 bit beserta kekurangan dan kelebihannya semoga bisa menjadi referensi bagi kamu yang sedang mencari laptop yang pas sesuai dengan kebutuhan kamu. Semoga bermanfaat ya!

Save

Save

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Fakta Kecepatan Koneksi Internet: Perbedaan Mbps dengan MBps

Fakta Kecepatan Koneksi Internet: Perbedaan Mbps dengan MBps

Fakta Kecepatan Koneksi Internet: Perbedaan Mbps dengan MBps – Pada setiap iklan paket internet operator …