Home / Teknologi / 6 Aplikasi Photo Editing Gratis Windows 10

6 Aplikasi Photo Editing Gratis Windows 10

Editing foto merupakan salah satu kegiatan yang mengasikkan dan menyenangkan. Hampir semua photo yang di upload di media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan media sosial yang lainnya telah melalui proses editing sebelum photo tersebut di unggah di medsos agar photo lebih bagus dan menarik lagi. Untuk edit photo tentu saja kamu perlu bantuan sebuah aplikasi edit photo untuk bisa menghasilkan sebuah karya editing foto yang memuaskan.

Microsoft Windows 10 memiliki aplikasi foto terbaru yang tidak hanya sekedar menampilkan slideshow foto. Aplikasi foto yang disediakan secara default memiliki beberapa alat editing yang bagus untuk memperbaiki foto, juga memungkinkan penggunanya berbagi foto melalui jejaring sosial dan email. Meskipun tool editing pada aplikasi bawaan windows 10 ini tidak selengkap software foto editor berbayar seperti Photoshop, tetapi tool-tool editing yang disediakan sudah cukup ampuh untuk menghasilkan foto yang bagus dan menarik.

Beberapa tool editing dasar itu antara lain seperti: Basic fixes, filters, light, color, effects, juga tool dasar untuk pencahayaan dan warna foto. Dan bagi pengguna windows yang sudah upgrade versi 10 ini, berikut beberapa aplikasi foto editor yang bisa didownload secara gratis! Penasaran apa saja software photo editing tersebut. Berikut ini ulasannya :

6 Aplikasi Photo Editing Gratis Windows 10

Picasa merupakan aplikasi editing foto yang sudah familiar di Indonesia, bahkan bagi sebagian orang  aplikasi ini cukup handal untuk mengedit foto. Tidak peduli dimanapun foto kamu disimpan, fitur scan Picasa akan mencari dan mengelompokkan foto kamu dalam satu tempat. Selanjutnya, aplikasi ini juga memiliki fitur pengeditan dasar seperti : cropping, red eye remover, auto color dan kontras, filter, dan masih banyak lagi.

Download Picasa | aplikasi photo editing windows 10

gambar via adobe photoshop express
gambar via adobe photoshop express

Adobe Photoshop Express: merupakan versi Express dari Adobe Photoshop yang mencakup sejumlah fitur dasar seperti: untuk memperbaiki kontras, exposure, white balance, menambahkan filter, crop, memperbaiki red eye, dan masih banyak lagi. Ini juga merupakan pilihan yang cocok bagi mereka yang mencari foto editor yang mencakup dasar-dasar tool editing yang tidak terlalu rumit.

Download Adobe Photoshop Express | aplikasi photo editing windows 10

gambar via fhotoroom
gambar via wpxbox

Fhotoroom adalah aplikasi Windows Store dengan kemudahan saat menggunakan tool editing yang ada. Saat menggunakan Fhotoroom kamu akan menemukan lebih banyak fitur editing foto daripada yang kamu temukan di Picasa, Dengan aplikasi ini, kamu dapat mengedit foto yang berukuran hingga 41 MB, dan mendukung editing foto dengan format  file RAW 650 . Selain itu aplikasi ini support file berekstensi  JPG, JXR, WDP, PNG, dan TIFF. Tentu saja, kamu dapat memotong, mengubah ukuran, memutar, menambahkan koreksi warna, memperbaiki exposure, dan masih banyak lagi. Fhotoroom adalah aplikasi gratis, namun kamu harus melakukan pembelian untuk membuka  HDR Tools dan fitur lainnya.

Baca juga:  Cara Membuat WiFi Hotspot di Windows 10

Download Fhotoroom | aplikasi photo editing windows 10

gambar via gimp
gambar via gimp

Jika kamu adalah seorang profesional yang kadang-kadang perlu editor foto handal namun tidak mempunyai aplikasi editing foto seperti Photoshop, kamu dapat mencoba Pain.NET atau GIMP, kedua aplikasi gratis, mudah digunakan, dan kaya fitur. Aplikasi ini tidak menawarkan banyak fitur dan dukungan seperti Adobe Photoshop, tetapi aplikasi ini cukup baik untuk bekerja dengan layer, special effects, crop dan resize, retouch foto, dan kamu bisa bekerja dengan banyak format file.

Walaupun Paint.NET dan GIMP memiliki kesamaan, GIMP sedikit lebih kuat daripada Paint.NET karena dapat dijalankan pada Mac, Linux, dan Windows, di mana Paint.NET hanya mendukung/ bisa dijalankan pada Windows saja dan juga masih bergantung pada Microsoft .NET Framework 4.5.

Download GIMP
Download Paint.NET 

gambar via picsart
gambar via picsart

PicsArt juga merupakan aplikasi mobile photo editing yang cukup populer yang sudah bisa dijalankan di Windows PC atau tablet. Dengan tool editing yang lengkap, memungkinkan penguna windows bisa berkreasi dengan berbagai alat untuk manipulasi foto dan efek juga dilengkapi alat berbagi ke jejaring sosial.

Download PicsArt  | aplikasi photo editing windows 10

gambar via photoeditor
gambar via photoeditor

Aviary masih jadi pilihan foto editor bagus untuk windows 10. Sejak diambil alih oleh Adobe.inc, aplikasi foto editor ini terus memperbaiki fitur-fitur editing yang simple dan mudah digunakan. Beberapa fitur unggulannya diantaranya One-tap auto enhance, photo effects, Fun stickers, Tool editing dan Cosmetic tools.

Download Photo Editor – Aviary

Itulah ke enam aplikasi photo editing gratis di windows 10 yang layak kamu coba. Meskipun gratis, namun aplikasi photo editing tersebut tetap memiliki fitur-fitur terbaik yang tidak kalah dengan software berbayar lainnya. Jika kamu ada pertanyaan seputar aplikasi edit photo diatas, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar di bawah,ya!

About Hayart

Tech & Art Fans.

Check Also

5-aplikasi-broadcast-live-stream-gratis

5 Aplikasi Untuk Broadcast Live Streaming Terbaik 2016

5 Aplikasi Untuk Broadcast Live Streaming Terbaik 2016 – Ada beberapa alasan yang membuat orang …