Home / Gadget / Android / Aplikasi RAR dan ZIP Terbaik untuk Android
rar android

Aplikasi RAR dan ZIP Terbaik untuk Android

Salah satu jenis file yang sering kita jumpai adalah file archive, yang biasanya disimpan dalam bentuk zip, rar, 7z, tar dan lain sebagainya dengan sejumlah file didalamnya yang dikompress menjadi satu file untuk menghemat space. Umumnya, kita menjumpai file dengan bentuk tersebut dari hasil download di internet. Tidak hanya pada PC saja, namun seringkali kita juga menjumpainya pada saat melakukan download dengan smartphone Android. Lalu, bagaimana untuk membuka file zip, rar, 7z dan lainnya dengan Android?

Beruntunglah sangat banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuka kompresi file zip, rar dan sebagainya. Berikut ini adalah 5 aplikasi RAR dan ZIP terbaik untuk Android.

AndroZip

androzip android

AndroZip adalah tool gratis yang bisa kita gunakan untuk membuat file zip ataupun membaca dan mengekstrak file ZIP. AndroZip diklaim support untuk bermacam-macam file seperti zip, rara, tar, gzip, bzip2 dan lain-lain. AndroZip juga memberikan fitur built-in berupa file manager yang bisa kita gunakan untuk mengelola file baik copy, cut/move, dan juga untuk mengirim file ke device lain.

AndroZip sangat mudah digunakan karena desain user interface yang sangat sederhana. Meskipun sederhana namun AndroZip memiliki fungsi yang bekerja dengan sangat baik. AndroZip juga support untuk memberikan enkripsi dan password pada saat kita membuat file Zip. Yang tak kalah penting, AndroZip ini gratis tanpa embel-embel apapun lho.

B1 Archiver

B1 ini bukan kode makanan lho ya. B1 Archiver adalah aplikasi yang cukup populer untuk membuat zip ataupun mengekstrak file zip dalam berbagai jenis mulai dari file yang populer seperti zip, rar dan juga format lain yang berjumlah 37.

B1 Archiver sangat cocok untuk kamu yang sering bekerja dengan file dengan jenis kompresi yang unik atau tidak biasa. Selain itu B1 juga support untuk file zip yang terbagi dalam beberapa bagian. Desain aplikasi pun cukup menarik namun kamu perlu membayar lebih jika ingin menggunakan versi Pro. Dengan versi Pro kamu bisa membuat file Zip dengan proteksi password.

Baca juga:  Cara Menggunakan Android Dengan Layar Rusak dari PC

WinRAR for Android

 

RAR atau WinRAR adalah aplikasi buatan RARLAB, sama dengan developer aplikasi WinRar yang sering kita gunakan pada PC. Seperti yang kita ketahui WinRAR support bermacam-macam file seperti rar, zip, 7z, dan yang lainnya.

RAR merupakan aplikasi yang sangat powerfull untuk penggunaan sehari-hari dan sangat layak untuk kita gunakan. Seperti pada versi desktop, WinRAR for Android juga terbagi dalam versi free dan berbayar.

Winzip

Sama dengan WinRAR, kita pasti sangat familiar dengan Winzip. Ya, aplikasi Winzip kini juga tersedia di Android. Winzip pada Android membawa fitur-fitur yang sama baiknya dengan yang ada pada versi desktop.

Kelebihan dari Winzip untuk Android ini adalah memiliki support untuk Dropbox dan Google Drive sehingga kita bisa menggunakan layanan Dropbox dan Google Drive dengan mudah.

ZArchiver

ZArchiver adalah aplikasi gratis yang sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu. ZArchiver memiliki kelebihan pada pengoperasian yang mudah dan support pada banyak jenis file. ZArchiver juga bisa digunakan untuk memberi enkripsi, proteksi password dan untuk membuat split archive jika dibutuhkan.

Ada banyak aplikasi lain yang bisa kita gunakan untuk sekedar membuka file zip dan sebagainya. Bahkan rata-rata aplikasi file explorer yang sering kita gunakan seperti ES File Explorer pun support untuk membaca dan mengekstrak file archive yang umum seperti zip dan RAR. Namun apabila kita ingin membuat file zip, rar dan sejenisnya, tentu kita membutuhkan aplikasi yang lebih handal dan sesuai peruntukannya. 5 aplikasi di atas adalah contoh aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengelola file archive seperti zip, rar, 7z, tar dan lain-lain.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Smartphone Lokal Mito T35 Fantasy Tablet Harga dan Spesifikasi Desember 2016

Smartphone Lokal Ini Disangka Buatan Cina! Mau Tau Apa Saja?

Smartphone Lokal Ini Disangka Buatan Cina! Mau Tau Apa Saja? – Bagi kamu penikmat gadget …