Sunday , December 17 2017

Arab Saudi Cabut Pemblokiran WhatsApp Dan Skype

Arab Saudi Cabut Pemblokiran WhatsApp Dan Skype

Arab Saudi Cabut Pemblokiran WhatsApp Dan Skype – Tepat pada tanggal 21 September 2017 pemerintah Arab Saudi menjabut larangan untuk melakukan panggilan telepon lewat aplikasi daring, namun mereka akan mensensor serta memonitor panggilan saja seperti yang disampaikan oleh juru bicara pemerintah.

Hampir semua panggilan video dan telefon seperti WhatsApp dari Facebook, Skype milik Microsoft, dan Messenger serta Viber keluaran dari Rakuten yang sudah mempu memenuhi persyaratan peraturan maka akan dapat diakses dalam semalam. Tapi hingga Kamis pagi (21/9/2017) Messenger dan Viber masih diblokir untuk pengguna di wilayah kerajaan tersebut.

Arab Saudi Cabut Pemblokiran WhatsApp Dan Skype

Menurut juru bicara untuk badan pengaturan telekomunikasi Adel Abu Hameed mengatakan kepara Arabiya TV pada Rabu (20/9/2017) bahwa aturan-aturan baru terutama ditujukan untuk melindungi informasi pribadi dari pengguna dan memblokir konten-konten yang melanggar hukum kerajaan tersebut.

Setelah ditanya apakah aplikasi-aplikasi tersebut dapat dimonitor oleh pemerintah atau perusahaan-perusahaan Adel Abu Hameed mengatakan ““Dalam keadaan apapun para pengguna tak dapat menggunakan aplikasi untuk panggilan video atau panggilan suara tanpa pengawasan dan sensor oleh Komisi Komunikasi dan Teknologi Informasi, baik untuk aplikasi global maupun lokal.”

Sebanarnya Arab Saudi sudah menerapkan pemblokiran untuk komunikasi lewat internet sejak tahun 2013 dan seperti halnya Negara-negara Teluk Arab lainnya merasa khwatir layanan tersebut dapat digunakan oleh para militan dan aktivis.

Arab Saudi Cabut Pemblokiran WhatsApp Dan Skype

Penarikan atau pencabutan pelarangan ini menunjukan bagian dari upaya reformasi luas pemerintahan Saudi untuk mengidentifikasi perekomoniannya sebagai respon kepada turunnya harga minyak yang sudah memukul keuangan negara tersebut.

Tapi perubahan kebijakan ini dapat menggencet tiga operator telekomunikasi utama di wilayah Arab Saudi yakni Etihad Etisalat (Mobily), Zain Saudi dan Saudi Telecom yang sudah memperoleh banyak pemasukan dari panggilan telefon yang dilakukan ekspatriat yang ditinggalkan di kerajaan tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai Arab Saudi yang mencabut pemblokiran WhatsApp dan Skype. Semoga ulasan di atas bisa menjadi penambahan wawasan untuk kita semua. Sekian dan semoga bermanfaat !

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس