Sunday , December 17 2017

Backup dan Restore Aplikasi Android Menggunakan Helium

cara backup dan restore data aplikasi android dengan helium

Helium adalah aplikasi yang cukup berguna bagi pengguna Android yang bisa membantumu untuk membuat backup dan restore data pada perangkat Android. Tidak seperti aplikasi backup lainnya seperti Titanium Backup, Helium tidak membutuhkan akses root untuk menjalankan tugasnya.

Untuk mulai menggunakan Helium pada perangkat Androidmu, kamu bisa mencari aplikasi Helium pada Google Play Store. Download dan Install Helium sesuai dengan petunjuk yang ada.

Fitur-Fitur Helium

Helium memiliki banyak variasi pilihan untuk mem-backup data perangkat Androidmu. Setelah kamu menginstall aplikasi Helium, kemudian jalankan aplikasi Helium. Kamu akan mendapatkan pesan pop-up yang akan meminta kamu untuk log-in ke akun Google-mu. Hal ini dimaksudkan agar kamu dapat menyimpan file backup pada Google Drive jika kamu menginginkannya.

Setelah itu Helium akan mengecek apakah kamu mempunyai akses root pada perangkat Androidmu. Jika iya, kemudian Helium akan memberikan prompt untuk memberikan izin akses root. Sejatinya kamu tidak perlu melakukan root pada Androidmu untuk menggunakan aplikasi ini sehingga kamu tetap bisa menggunakan Helium meskipun ponsel Androidmu belum di-root.

Helium menggunakan user interface yang sangat sederhana dengan dua buah tab, satu tab digunakan untuk menampilkan semua aplikasi yang ada untuk dilakukan backup dan tab lainnya digunakan untuk restore dan sinkronisasi.

 helium user interface backup data android

Pada tab backup terdapat tiga bagian yang berbeda. Bagian pertama menampilkan aplikasi sistem yang bisa dibackup sedangkan bagian selanjutnya adalah aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu backup dengan Helium. Bagian terakhir berisi aplikasi yang tidak bisa dibackup karena dilindungi oleh developer aplikasi.

Di tab lainnya, kamu bisa melihat opsi untuk memilih tiga tempat untuk melakukan backup data yaitu DropBox, Box dan Google Drive. Kamu juga bisa memilih untuk membackup data ke memori eksternal seperti SD Card jika memungkinkan. SD Card yang kamu gunakan untuk backup data sebaiknya adalah SD Card dengan kualitas yang baik.

Baca juga:  Daftar Aplikasi Untuk Mempercepat Download di Smartphone Android

Cara Backup Data Android Dengan Helium

Untuk membackup aplikasi dengan Helium, bisa dilakukan dengan memilih satu atau lebih aplikasi pada tab Backups kemudian pilih apakah yang dibackup hanya data saja atau data beserta dengan APK-nya. Jika kamu memilih opsi pertama maka kamu akan mendapatkan prompt untuk mendownload aplikasi dari Google Play Store ketika menjalankan restore data. Kamu juga bisa menyimpan beberapa aplikasi sekaligus dalam sebuah grup sehingga kamu bisa membackup dan restore data dari beberapa aplikasi tersebut secara bersamaan.

Setelah menentukan metode backup, tekan tombol Backup. Selanjutnya kamu dapat menentukan lokasi backup dan juga jadwal untuk melakukan backup otomatis. Setelah itu proses backup akan segera dilakukan dan kamu akan mendapatkan notifikasi ketika proses backup telah selesai.

Cara Restore Data Android Dengan Helium

Untuk me-restore data, kamu cukup memilih lokasi tujuan backup pada tab Restore and Sync, dalam hal ini misalnya lokasi penyimpanan backup berada pada kartu memori eksternal.

Kamu dapat melihat semua data yang kamu backup terdapat dalap daftar beserta dengan tanggal dilakukan backup. Pilih salah satu data yang akan di-restore kemudian tekan tombol Restore yang ada di pojok kiri bawah.

Aplikasi Helium ini dapat berfungsi dengan baik dan bisa kamu gunakan untuk membackup dan restore data pada saat kamu membutuhkannya, misalnya ketika akan melakukan factory reset smartphone Androidmu. Dengan sekejap kamu bisa mendapatkan kembali semua aplikasi yang ada sebelum ponsel dikembalikan ke pengaturan pabrik.

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس