Bahaya Mematikan PC Secara Paksa

Bahaya Mematikan PC Secara Paksa

Bahaya Mematikan PC Secara Paksa – Mematikan komputer adalah suatu kewajiban yang kita harus lakukan setelah kita selesai menggunakan perangkat komputer. Hal ini tentunya dilakukan untuk memberikan waktu yang istirahat para perangkat komputer agar tak cepat rusak. Tapi tak jarang komputer tiba-tiba saja hang atau freeze   memberikan respon yang lambat sehingga kita tak punya pilihan lain selain mematikan paksa komputer.

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah langkah yang kita lakukan ini membahayakan komputer kita?  Banyak yang bertanya mengenai hal ini dan kami disini akan memberi sedikit infomasi mengenai bahayanya.

Bahaya Mematikan PC Secara Paksa

Pada dasarnya ada dua jenis untuk dapat mematikan komputer yakni lewat Start Menu yang dapat disebut Soft Reboot. Dengan cara ini komputer akan mematikan satu demi satu program yang sedang berjalan lalu baru mematikan perangkat keras yang beroperasi.

Lantas bagaimanakah dengan mematikan paksa atau yang sering disebut dengan Hard Reboot? Mematikan paksa memang berbeda dengan Soft Reboot. Bila Soft Reboot bekerja dengan mengirimkan sinyal untuk mematikan program komputer satu demi satu baru kemudian perangkat kerasnya yang beroperasi, mematikan paksa komputer atau Hard Reboot tak akan mengirimkan sinyal-sinyal tersebut sehingga menjadikan sistem operasi sebagai pihak yang bertugas untuk mematikan program yang sedang berjalan di background tak dapat mematikan program tersebut secara benar, tak melakukan clean-up dan bahkan tak melakukan perekaman log file.

Baca juga:  Spesifikasi Tablet HP Slate 17 Smartphone Berlayar 17 Inchi

Bahaya Mematikan PC Secara Paksa

Tentunya hal ini akan berdampak buruk pada software komputermu karena memungkinkan untuk program komputermu mengalami crash suatu saat. Tak hanya itu saja dengan mematikan paksa ada kemungkinan Hard Disk kalian mengalami kerusakan fisik ketika sedang digunakan untuk menulis data seperti melakukan proses copy file maka kemungkinan file yang kalian copy akan jadi rusak, sebagai akibat dari kehilangan daya karena pemadaman listrik mempunyai kemungkinan lebih besar dalam hal merusak HDD.

Demikianlah ulasan mengenai bahaya mematikan PC secara paksa, walaupun bahaya d iatas tergolong jarang terjadi namun kita juga harus mencegah dan meminimalisir bahaya-bahaya tersebut. Semoga ulasan di atas dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari ulasan mengenai bahaya mematikan PC secara paksa, sekian dan semoga bermanfaat !

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Inilah Alasan Kenapa Harga Smartphone Samsung Mahal

Inilah Alasan Kenapa Harga Smartphone Samsung Mahal

Inilah Alasan Kenapa Harga Smartphone Samsung Mahal – Untuk saat ini Samsung merupakan salah satu …