Cara Akses Task Manager dengan Cepat di Windows 10, Wajib di Coba!

task manager, windows 10

Akses Task Manager – Apakah kamu sudah tahu apa itu sebetulnya windows task manager dan apa saja fungsinya? Windows task manager adalah sebuah aplikasi bawaan dari Operating System (OS) Windows yang biasa digunakan untuk memonitoring proses dan aplikasi apa saja yang sedang berjalan pada suatu komputer atau Laptop. Di dalam Task Manager terdapat berbagai informasi mengenai aplikasi apa saja yang sedang berjalan, hingga besar memory yang sedang digunakan oleh sebuah aplikasi, dan performance dari sebuah komputer.

Bagi sebagian besar pengguna komputer dengan sistem operasi windows, pasti sudah banyak yang tahu atau pernah membuka Task Manager. Yah walaupun saat tertentu saja membukanya misalnya di gunakan ketika mau menghentikan aplikasi yang error akibat not responding. Tapi tahukan kamu bahwa sebetulnya Windows Task Manager itu memiliki berbagai fungsi dan tidak hanya untuk menghentikan “paksa” aplikasi saja? Sebelum kita mengulas lebih jauh tentang Cara Akses Task Manager dengan Cepat alangkah lebih baiknya kita mengetahui apa saja fungsi dari windows taks manager.

Fungsi Windows Task Manager

1. Fungsi utamanya yaitu untuk monitoring semua kegiatan dan proses di komputer, selain itu juga memantau bagaimana kinerja seperti RAM, Processor dan Networking.

2. Untuk menghentikan program yang Not Responding, aplikasi yang tidak merespon dapat di hentikan dari task manager, hal ini bisa dilakukan dengan cara klik End Processes atau End Task.

3. Untuk mengatur prioritas pada sebuah program yang sedang berjalan, bisa dilakukan dengAN Masuk Tab Processes > Klik Kanan pada program yang dipilih > Set Prioity > High (pilih sesuai kebutuhan) > Ok/Apply.

4. Untuk mengetahui seberapa banyak aplikasi menggunakan kinerja RAM dan CPU.

Baca juga:  Mengaktifkan Find My Device untuk Tracking Laptop dengan Windows 10

Nah itu tadi fungsi dari Windows Task Manager. Ternyata task manager memiliki banyak fungsi ya? Karena fungsinya yang penting, sebaiknya kita sebagai pengguna windows di komputer atau laptop akrab dengan task manager dan bisa memanfaatkannya, misalnya saja ketika ada program yang Not Responding, kita bisa mengatasinya melalui Task Manager.

Untuk mengakses Task manager sebetulnya sangat mudah. Akan tetapi bagi kamu yang belum tahu caranya, pasti merasa kesulitan untuk mengakses task manager. Jika kamu pernah mengalaminya, maka di bawah ini kami bahas cara cepat membuka task manager dengan bantuan kombinasi tombol pada keyboard. Istilah umumnya adalah keyboard shortcut. Caranya adalah sebagai berikut:

Cara (umum) Membuka Task Manager

Bagi kebanyakan pengguna windows, untuk mengakses task manager adalah dengan cara menekan kombinasi tombol : CTRL+ALT+DELETE

 

task manager, windows

Ketika kita membukanya di windows 10, dengan cara ini tidak langsung membuka windows Task Manager. Akan tetapi muncul menu pilihan, kemudian Pilih task manager , maka task manager baru terbuka. Jadi dengan cara ini tidak langsung menuju task manager.

Cara CEPAT Membuka Task Manager di Windows 10

Untuk mengakses dengan cepat sekali klik, maka tekan kombinasi tombol:
CTRL + SHIFT + ESC 

Setelah kamu menekan ketiga tombol tersebut. Maka secara otomatis akan muncul task manager. Seperti gambar di bawah ini.

 

task manager, windows

 

Itulah tadi Cara Akses Task Manager dengan Cepat di Windows 10, sangat mudah bukan? Jika kamu ada komentar atau pertanyaan seputar windows taks manager, jangan ragu memberi tahu kami dengan menuliskannya di kolom komentar, ya!

About Hayart

Adsense Fans.

Check Also

Vidio Youtube Akan Segera Bisa Diputar Dalam Chat WhatsApp

Video Youtube Akan Segera Bisa Diputar Dalam Chat WhatsApp

Video Youtube Akan Segera Bisa Diputar Dalam Chat WhatsApp – Saat ini WhatsApp memang menjadi …