Cara Ampuh Untuk Menjadikan Baterai Smartphone Awet

Cara Ampuh untuk Menjadikan Baterai Smartphone Awet
Cara Ampuh untuk Menjadikan Baterai Smartphone Awet

Cara Ampuh untuk Menjadikan Baterai Smartphone Awet – Saat ini smartphone rata-rata sudah memiliki layar yang luas, prosesor cepat, dukungan RAM besar untuk mendapatkan kemampuan multitasking yang tinggi. Hal tersebut dapat membuat penggunaan smartphone secara berlebih menjadi semakin besar.

Efek dari penggunaan smartphone yang berlebih adalah dapat menjadikan kecanduan terhadap smartphone, serta dapat menyebabkan umur baterai kamu menjadi makin pendek, maka dari itu kami akan memberikan cara ampuh dapat menjadikan baterai menjadi makin awet. Penasaran dengan caranya? Simak ulasan berikut ini.

Cara Ampuh Menghemat Baterai Smartphone

Ada beberapa trik yang bisa kamu gunakan untuk membuat baterai kamu awet dalam penggunaan jangka panjang. Berikut hatl-hal yang bisa kamu lakukan ataupun kamu hindari.

Jangan Pernah Charge Baterai Semalaman

Jangan Pernah Charge Baterai Semalaman

Walaupun smartphone sudah dilengkapi dengan fitur auto cut-off saat baterai terisi penuh, namun sangat tidak disarankan untuk mengisi ulang baterai smartphone semalaman karena dapat menyebabkan overheat pada permukaan smartphone dan menjadikan baterai lebih cepat rusak.

Jangan Install Aplikasi yang Banyak Iklan

Jangan Instal Aplikasi yang Banyak Iklan

Aplikasi yang banyak iklannya memang menjadikan makin boros. Dalam waktu jangka panjang aplikasi dengan banyak iklan akan memperpendek umur baterai dan menjadikan perfoma dari smartphone kamu jadi menurun.

Hal ini karena aplikasi dengan banyak iklan akan memaksa melakukan proses yang berulang pada waktu-waktu tertentu, sehingga berpotensi memperberat kinerja RAM sekaligus membuat daya baterai lebib banyak terbuang.

Hindarilah Permukaan Yang Panas

Hindarilah Permukaan Yang Panas

Sinar matahari langsung akan menjadikan permukaan smartphone jadi overheat, maka hindarkan smartphone terkena sinar matahari langsung karena panas dari luar yang bertemu dengan permukaan baterai akan beresiko menjadikan baterai menjadi cepat kembung.

Jangan Sampai Smartphone Overheat

Jangan Sampai Smartphone Overheat

Hindari juga penggunaan smartphone hingga overheat karna ini akan akan berdampak langsung pada bateraimu. Gunakanlah smartphone sewajarnya saja dan nonaktifkan aplikasi dari background untuk tetap menjaga kestabilan baterai smartphone.

Atur Layar Smartphone

Atur Layar Smartphone

Penggunaan kecerahan layar yang tinggi juga akan menjadikan baterai boros, maka dengan mengatur tingkat kecerahan layar ke yang paling rendah menjadikan smartphone lebih hemat baterai. Untuk lebih menghemat baterai maka jangan lupa juga mengatur time sleepnya ke waktu yang tak terlalu lama yakni 1 menit atau bahkan lebih cepat hingga 30 detik.

Menonaktifkan Notifikasi

Menonaktifkan Notifikasi

Cobalah sesekali mematikan notifikasi yang masuk dari beberapa aplikasi tertentu yang kamu anggap tak begitu penting. Ccara ini sangat efektif menghilangkan kecanduan smartphone dan menghemat baterai. Untuk mencobanya kamu dapat masuk ke Pengaturan lalu pilih Apps, kemudian pilih aplikasi yang ingin kamu nonaktifkan notifikasinya. Pada bagian Show Notification, hilangkan centangnya.

Gunakan Mode Silent

Gunakan Mode Silent

Dengan penggunaan mode getar memang akan mempermudah kamu untuk tetap dapat mendapatkan notifikasi tanpa berisik. Namun hal ini malah membutuhkan daya besar untuk dapat menggetarkan Mode Vibrator yang ada sehingga baterai akan bekerja lebih. Maka dari itu untuk menghemat baterai kamu dapat mengaktifkan Mode Silent.

Baca juga:  Cara Untuk Mengatasi Smartphone yang Kehujanan

Aktifkan Battery Saver

Aktifkan Battery Saver

Sejak OS Android Lolipop 5.0 smartphone Android sudah dibekali fitur Battery Saver. Dengan mengaktifkan fitur ini pada saat baterai smartphone dalam keadaan low-batt maka sistemnya akan otomatis mengurangi performa dari CPU. Jika smartphone kamu tetap dalam keadaan full performace saat baterai low-batt maka hal itu akan menjadikan penurunan kualitas dan umur dari baterai smartphone.

Jangan Pasang Wallpaper Live

Jangan Pasang Wallpaper Live

Penggunaan live wallpaper di Android memang akan menjadikan smartphone keren. Namun hal ini juga dapat menyebabkan baterai menjadi cepat habis. Sebaiknya jika ingin menggunakan wallpaper gunakanlah wallpaper statis saja dan akan lebih baik jika menggunakan wallpaper warna hitam.

Update Aplikasi Hanya Lewat WiFi

Update Aplikasi Hanya Lewat WiFi

Pada saat terhubung ke jaringan WiFi maka smartphone kamu akan terkunci pada jaringan itu saja sehingga penggunaan CPU dan baterai menjadi lebih hemat. Untuk itu ketika update OS atau aplikasi sebaiknya kamu lakukan ketika sedang terhubung dengan WiFi. Tujuannya agar kinerja smartphone tidak berat dan penggunaan baterai tidak terlalu besar.

Lebih Bijak Menggunakan Lokasi

Lebih Bijak Menggunakan Lokasi

Menggunakan fitur lokasi smartphone secara terus menerus maka akan berpotensi menjadikan baterai cepat habis dan menjadikankanmu terlalu sering mengisi ulang. Efeknya akan terasa dalam pemakaian beberapa bulan ke depan baterai akan cepat sekali drain.

Untuk lebih menghemat baterai dan memperpanjang umur baterai maka jangan lupa untuk mematikan fitur lokasi saat kamu tak sedang menggunakannya. Contohnya aktifkan saat benar-benar keadaan penting saja misalnya sedang menggunakan GPS untuk menuju suatu tempat yang belum pernah kamu kunjungi.

Gunakan Airplane Mode

Gunakan Airplane Mode

Jarak antara smartphone dan BTS operator yang kamu gunakan juga dapat mempengaruhi umur baterai, maka dari itu pada saat kamu berada di daerah yang tak terjangkau oleh jaringan mobile dari operator yang kamu gunakan, sebaiknya atur smartphonemu ke Airplane Mode yang bertujuan supaya baterai kamu tak terbuang sia-sia.

Daripada smartphone kamu terus menerus bekerja mencari sinyal, alangkah baiknya kamu sedikit lebih tenang menunggu saat dimana kamu berada di tempat yang terjangkau sinyal operator seluler.

Demikianlah ulasan mengenai cara ampuh untuk dapat menjadikan baterai smartphone makin awet, semoga ulasan di atas dapat menjadikan informasi yang bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari-cari cara untuk menghemat baterai maka cara-cara di atas dapat menjadi salah satu referensinya, sekian dan selamat mencoba !

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Cara Ampuh Mengatasi Sinyal Kartu 3 Yang Hilang

Cara Ampuh Mengatasi Sinyal Kartu 3 Yang Hilang

Cara Ampuh Mengatasi Sinyal Kartu 3 Yang Hilang – Salah satu provider terbaik di Indonesia …