Home / Gadget / Android / Cara Cepat Menghapus Foto, Video dan Media Lain dari WhatsApp Group

Cara Cepat Menghapus Foto, Video dan Media Lain dari WhatsApp Group

Cara menyembunyikan Last Seen WhatsApp

Mungkin tidak sedikit orang yang mengalami hal berikut yaitu memori penyimpanan pada smartphone Android atau iPhone tanpa disadari sudah hampir terisi penuh. Padahal kamu merasa tidak melakukan instalasi banyak aplikasi baru, dan juga tidak mengisi banyak file baru pada ponsel kamu.

Dari banyak hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya hal tersebut, salah satunya adalah jumlah media pada Group WhatsApp yang sangat banyak. Banyak orang tidak ‘ngeh’ hal ini terjadi. Mereka asyik saling berbagi foto, video, ataupun media lain dengan teman, kerabat maupun saudara melalui grup WhatsApp tanpa menyadari jumlah media yang di-share sudah mencapai ribuan.

Obrolan pada Grup WhatsApp memang mengasikkan, tak jarang mulai pagi hingga pagi lagi, notifikasi dari obrolan WhatsApp tidak berhenti berdering walaupun mungkin berasal dari obrolan yang berbeda. Sekarang, coba hitung jumlah grup WhatsApp yang kamu ikuti dan mungkin kamu perlu mematikan notifikasi dari obrolan grup agar tidak mengganggu aktivitas harianmu.

Dengan semakin banyak grup WhatsApp tersebut, penambahan media yang di internal memori atau di SD Card dipastikan juga akan makin banyak bertambah. Semakin aktif grup, semakin cepat pula penambahan media yang disimpan. Dari 1 grup WhatsApp saja, kamu mungkin bisa menyimpan ribuan foto yang kapasitasnya bisa mencapai ber-giga-giga. Wow!

Pertanyaannya, bagaimana cara menghapus foto dari WhatsApp Group yang memakan tempat cukup besar dalam media penyimpanan? Ada dua pilihan yang bisa kita lakukan untuk membantu mempermudah menghapus semua foto dan media lain dari WhatsApp group, baik untuk iPhone maupun Android.

Menghapus foto dari WhatsApp Group sekaligus dalam satu langkah.

Kamu bisa menghapus semua media dari WhatsApp Group hanya dengan 1 langkah. Penasaran? Simak langkah di bawah ini untuk menghapus semua foto dengan cepat.

1. Clear Conversation. Untuk menghapus semua chat dan semua media yang ada pada WhatsApp Group. Cara ini sangat mudah untuk dilakukan.

2. Keluar dari Grup, kemudian mintalah admin group memasukkan kembali. Keluar dari WhatsApp group adalah salah satu solusi agar semua foto, video dan media lain ikut terhapus dari media penyimpanan. Selanjutnya, hubungi admin group untuk memasukkan kamu lagi ke dalam group. Media yang ada pada group akan kembali kosong seperti waktu awal group dibuat.

Baca juga:  Tips Menghasilkan Foto Terbaik Menggunakan iPhone 6

Dengan cara di atas, terdapat beberapa kemungkinan terjadinya permasalahan diantaranya jika kamu adalah admin group, kamu akan kehilangan jabatan admin tersebut dan jika kamu adalah anggota group, bisa jadi admin enggan memasukkan kamu kembali ke dalam group. Selain itu, kamu mungkin juga akan kehilangan foto atau media penting yang bisa saja kamu butuhkan selama kamu belum melakukan backup terlebih dahulu. Sebaiknya, lakukan backup mediamu ke PC atau laptop sebelum memutuskan untuk menghapus semua media dari WhatsApp Group sekaligus.

Namun jika kamu merasa permasalahan di atas bisa terjadi padamu, kamu bisa melakukan opsi kedua dalam menghapus foto, video dan media lain dari WhatsApp Group, yaitu menghapus media satu per satu.

Menghapus foto dari WhatsApp Group satu per satu

Mungkin kamu pernah melakukan cara ini untuk mengurangi jumlah media pada WhatsApp Group. Membosankan? Pastinya. Apalagi jika dalam grup tersebut sudah ada ratusan bahkan ribuan foto dan video. Tetapi tidak ada opsi lain yang bisa kamu lakukan selain hal tersebut.

Jika kamu yakin menggunakan cara ini, cukup masuk ke Group WhatsApp kamu kemudian pilih All Media. Pilih foto atau video yang akan kamu hapus kemudian klik icon Delete untuk menghapusnya. Selain itu, kamu juga bisa menghapus media langsung dari Gallery ataupun dari file explorer smartphonemu. Cara ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan bisa jadi waktu yang dibutuhkan bertambah jika kamu terlalu teliti dalam memilih foto atau video yang akan dihapus.

Itu tadi adalah cara bagaimana menghapus foto, video dan media lain dari WhatsApp Group yang memungkinkan kamu untuk menambah free space pada media penyimpanan smartphone android maupun iPhone yang kamu gunakan. 

Baca Artikel Menarik Lainnya :

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

3-Aplikasi-Kalender-Android-Terbaik,-Gratis-&-Keren

3 Aplikasi Kalender Android Terbaik, Gratis & Keren

Aplikasi Kalender Android – Mungkin bagi sebagian para pengguna Android, aplikasi kalender merupakan aplikasi yang …