Monday , December 18 2017

Cara Disable Cache Browser Pada Chrome Untuk Sementara

cara disable cache chrome

Kita semua tahu cache pada browser membantu untuk loading sebuah website menjadi lebih cepat. Cache akan menyimpan elemen-elemen dari sebuah halaman website seperti images, css pada media penyimpanan lokal sehingga ketika suatu saat kita mengunjungi kembali website tersebut, halaman website akan terasa lebih ringan dan lebih cepat. Browser sangat cocok untuk menyimpan cache dari website yang tidak di-update secara rutin. Namun sebaliknya cache juga bisa saja menghambat kamu untuk melihat perubahan atau update yang telah dilakukan pada website karena browser terus menerus mengambil data halaman website yang tersimpan pada cache browser.

Ada cara mudah untuk mem-bypass cache sehingga memaksa browser untuk me-reload halaman website yang sudah ada cache-nya. Caranya adalah dengan menekan tombol Shift dan F5 secara bersamaan agar website yang kita akses dimuat ulang langsung dari server, bukan dari cache yang tersimpan. Cara ini juga bisa digunakan sekaligus untuk me-refresh cache sehingga cache yang tersimpan menjadi lebih baru.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menonaktifkan untuk sementara waktu browser agar tidak menyimpan cache dari website yang sedang kita akses. Cara ini terbukti ampuh untuk mematikan cache broswer pada sesi tertentu yang kamu inginkan. Untuk menghentikan browser melakukan loading cache, kamu bisa memanfaatkan Developer Tools yang disediakan browser, khususnya Google Chrome.

Baca juga:  Cara Mudah Mengganti Tema Google Chrome

Caranya adalah, akses website yang akan kamu disable cache-nya. Tekan tombol F12 untuk membuka konsol Developer Tools. Klik tombol more options kemudian pilih Settings dari drop-down menu atau langsung tekan tombol F1 untuk masuk ke Settings. Akan muncul pengaturan untuk konsol  Developer Tools dan ini bukan merupakan pengaturan milik Chrome untuk profil user yang kamu gunakan.

disable cache chrome

Pada bagian General, terlihat sebuah opsi ‘Disable Cache‘. Beri tanda centang pada pengaturan tersebut, namun jangan tutup konsol Developer Tools. Lanjutkan browsing website, lakukan reload halaman website. Buka halaman lain dan sebagainya dan pada saat itulah browser akan mem-bypass cache yang ada.

cara disable cache chrome

Hal yang paling penting adalah tetap menjaga konsol Developer Tools tetap terbuka karena sekali kamu menutup konsol ini, Chrome akan kembali menyimpan konten baru pada cache dan juga akan meloading cache yang ada pada website yang kamu akses berikutnya.

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس