Home / Tips n Trik / Cara Kompress Ukuran/Size Foto Tanpa Mengurangi Kualitas Foto Untuk Website dan Blog
Ilustrasi kompress foto

Cara Kompress Ukuran/Size Foto Tanpa Mengurangi Kualitas Foto Untuk Website dan Blog

Era gadget modern saat ini yang memiliki kualitas kamera yang semakin tinggi baik dari Megapixels -resolusi semakin besar- maupun kualitas foto yang dihasilkan. Peningkatan kualitas ini berbanding lurus dengan kapasitas ukuran foto tersebut di media penyimpanan. Meskipun kita bisa mengatur kualitas dan ukuran foto yang akan diambil, tetapi kita pasti menggunakan pengaturan maksimal pada gadget bukan? Foto yang dihasilkan pada kamera smartphone berkekuatan 8MP saja berkisar antara 2MB sampai dengan 3MB. Belum lagi foto yang dihasilkan kamera DSLR. Lebih besar?

Di sisi lain, foto dengan kualitas terbaik dan ukuran file yang besar wajib dihindari digunakan pada website atau blog. Orang-orang benci mengakses website yang memakan waktu lama untuk loading. Jadi, sudah seharusnya admin website atau blogger selalu mengecek waktu yang dibutuhkan untuk loading. Jika yang terjadi adalah loading website yang lama, ada benarnya kamu melihat kembali gambar atau foto yang kamu gunakan pada website atau blog. Meskipun gambar atau foto menambah keindahan web, namun pada waktu yang sama gambar dan foto tersebut menjadi item yang paling lama di-load sehingga menyebabkan pengunjung kurang nyaman. Baca Juga : Cara Mudah Mempercepat Loading Website

Kita bisa meningkatkan kecepatan atau waktu yang dibutuhkan untuk loading website dengan mengurangi ukuran foto dalam jumlah yang besar. Namun mengecilkan size foto tanpa pengetahuan khusus dapat mengakibatkan kita kehilangan atau penurunan kualitas foto itu sendiri. Meskipun Adobe Photoshop menyediakan fitur untuk “Save the Original Quality”, namun rasanya terlalu mahal untuk membeli software tersebut, apalagi bagi kita orang Indonesia, khususnya.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi ukuran atau size foto tanpa mengurangi kualitas foto tersebut, baik secara online atau menggunakan aplikasi desktop.

Website untuk Mengecilkan/Resize Foto dan Gambar Secara Online

Kamu akan membutuhkan website ini. Ya, misalnya ketika kamu sedang bekerja menggunakan laptop client yang belum terinstall aplikasi yang kamu biasa gunakan, kamu bisa menggunakan website berikut ini untuk melakukan kompresi image.

1. Kraken.io
Kraken.io adalah website yang memungkinkan kita melakukan kompress foto atau image dengan format JPEG, PNG, GIF dan SIV. Kraken.io mampu mengurangi size foto dalam ukuran yang sangat kecil tanpa mengurangi kualitas foto.

Kraken.io juga tersedia sebagai extension Google Chrome dan Mozilla Firefox.

2. Imageoptimizer.net
Dengan imageoptimizer.net kamu bisa menentukan seberapa ukuran dan kualitas kompresi yang kamu inginkan setelah mengupload foto dari komputermu. Imageoptimizer.net hanya menyediakan beberapa pilihan untuk output dan rasio kompresi namun sudah cukup membantu untuk mengurangi ukuran/size foto tanpa mengurangi kualitas.

Baca juga:  Cara Mendapatkan Banyak 'Like' Di Instagram

3. Webresizer.com
Webresizer.com adalah salah satu website untuk mengompress foto dan gambar yang cukup populer. Kita bisa memilih mengupload foto atau cukup menuliskan url dimana foto atau gambar yang akan dikecilkan. Dengan Webresizer.com kita tidak perlu memasukkan pilihan kualitas kompresi gambar karena Webresizer.com secara otomatis akan mengoptimalkan ukuran dan kualitas gambar ke batas maksimal kemampuan aplikasi.

4. Compressjpg.com dan Compresspng.com
Jika kamu menginginkan kontrol terhadap opsi kompresi image untuk menghasilkan kualitas terbaik, kamu bisa menggunakan compressjpg.com atau compresspng.com. Setelah kamu melakukan upload image, akan muncul slider untuk mengatur kualitas kompresi image yang kamu inginkan. Tidak ketinggalan sebuah panel preview juga disedikan untuk melihat perubahan yang terjadi ketika kamu mengganti pilihan kualitas. Jadi, kamu bisa menentukan seberapa jauh kompresi foto yang dilakukan sebelum mendownload hasilnya.

5. Punypng.com
Aplikasi punypng.com hanya tersedia untuk kompresi file PNG. Cukup upload gambar lalu kamu akan mendapatkan hasil gambar baru dengan ukuran yang jauh lebih kecil. Selain ini, tinypng.com juga merupakan alat yang bisa kamu gunakan untuk mereduksi ukuran gambar PNG pada level terkecil tanpa kehilangan kualitas gambar.

Selain tool online, ada satu aplikasi desktop yang terbaik yang bisa kamu gunakan untuk kompresi image tanpa kehilangan kualitasnya.

Aplikasi Destop untuk Mengecilkan/Resize Foto dan Gambar Tanpa Mengurangi Kualitas

1. PNGGauntlet
PNGGauntlet adalah aplikasi untuk kompresi image tanpa takut kehilangan kualitas gambar. Untuk menjalankan PNGGauntlet kamu membutuhkan Microsoft NET Framework 4.0 pada sistem operasi windows.

pNG gauntlet kompress foto tanpa mengurangi kualitas
PNG Gauntlet.

Kamu tidak akan menemukan kesulitan untuk menggunakan aplikasi ini karena desain tampilan yang simpel dan user-friendly. Aplikasi ini mungkin bukan aplikasi tercepat untuk kompresi gambar tetapi PNGGauntlet bisa menjadi alternatif terbaik jika kamu gunakan. Kamu bisa melihat sendiri perbedaan size before dan after ketika menggunakan PNGGauntlet.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

facebook

Inilah Cara Mudah Membuka Facebook Yang Terkunci atau Diblokir

Inilah Cara Mudah Membuka Facebook Yang Terkunci atau Di Blokir – Dengan seiring pesatnya perkembangan …