Cara Masuk Safe Mode Windows 10

Safe Mode atau mode aman merupakan salah satu fitur di sistem operasi Windows yang sering digunakan untuk melakukan troubleshooting apabila terjadi masalah. Mulai dari mendeteksi masalah program yang tidak berjalan secara normal sampai mendeteksi infeksi virus, kebanyakan akan menggunakan safe mode untuk memperbaikinya.

Dalam safe mode, windows hanya akan memuat berbagai driver serta program yang penting saja selama proses startup. Dengan begitu, berbagai pengaturan serta aplikasi yang bermasalah tidak akan berjalan dan kita bisa memperbaikinya tanpa ada gangguan.

Bagi kamu pengguna Windows 10, ada trik tertentu yang bisa kamu  lakukan untuk mengakses mekanisme Safe Mode tersebut. Asalkan masih bisa masuk ke dalam sistem operasi Windows, trik ini dapat dilakukan dengan mudah. Berikut ini cara masuk safe mode pada windows 10 :

Cara Masuk Safe Mode Windows 10

Cara Pertama : Menggunakan System Configuration Tool ( msconfig.exe)

1. Ketik msconfig pada kolom search di Taskbar untuk masuk ke pengaturan System Configuration.
2. Pilih Tab Boot dan kemudian centang pilihan Safe Mode, pilih yang Minimal.

cara masuk safe mode windows 10

Sebagai tambahan pengetahuan ( disarankan pilih yang Minimal), berikut penjelasan perbedaan pada pilihan Boost Options  :

  • Minimal: Menjalankan safe mode dengan memuat driver dan service yang penting saja, tetapi dalam tampilan windows standar.
  • Alternate Shell: Menjalankan safe mode dengan command prompt tanpa Windows GUI. Untuk menjalankan fitur ini dibutuhkan pengetahuan untuk menggunakan windows tanpa bantuan mouse.
  • Active Directory Repair: Menjalankan safe mode yang memiliki akses ke komponen komputer. Fitur ini sangat cocok digunakan ketika kita gagal menginstal hardware baru.
  • Network: Menjalankan safe mode dengan tambahan driver dan service yang digunakan untuk mengakses jaringan serta menggunakan tampilan Windows GUI standar.

3. Selanjutnya Tekan Apply. Setelah itu akan ada pertanyaan konfirmasi apakah kamu ingin restart sistem atau tidak. Pilih Restart untuk masuk Safe Mode.

Baca juga:  Cara Menghapus Dan Menonaktifkan Semua File QUICK ACCESS di Windows 10

Safe Mode, Windows 10, cara masuk Safe Mode, Safe Mode windows 10, mode aman windows 10, troubleshooting

Cara Keluar Dari Windows 10 Safe Mode :

  • Gunakan kombinasi tombol Windows+R untuk mengaktifkan kolom Run, ketik msconfig
  • Hilangkan tanda centang dari Safe Mode lalu restart PC kamu.

 

Cara Kedua : Menggunakan Kombinasi Shift + Restart 

1. Setelah masuk ke sistem operasi Windows, klik atau tekan tombol Start dan pilih Power. Tekan serta tahan tombol Shift, kemudian pilih Restart.Safe Mode, Windows 10, cara masuk Safe Mode, Safe Mode windows 10, mode aman windows 10, troubleshooting2. Layar akan berganti tampilan, lalu kali ini kamu mesti memilih opsi Troubleshoot, Advanced Option dan Startup Setting.

Safe Mode, Windows 10, cara masuk Safe Mode, Safe Mode windows 10, mode aman windows 10, troubleshooting

3. Setelah berhasil masuk ke layar Startup Setting, pilih tombol Restart. Komputer akan mengulang sistemnya dan membawa Anda ke layar Startup Setting.

4. Setelah windows 10 restart, kamu dapat memilih booting pilihan yang ingin diaktifkan. Untuk masuk ke Safe Mode, kamu memiliki tiga pilihan yang berbeda. Untuk mengaktifkan Safe Mode tekan tombol F4 pada keyboard, untuk mengaktifkan Safe Mode dengan Jaringan tekan F5 dan untuk memungkinkan Safe Mode dengan Command Prompt tekan F6.

cara masuk safe mode windows 10 _ 6

 

Safe mode ini sangat berguna untuk kamu yang mengalami error pada Windows 10 kamu. Windows 10 adalah sistem operasi yang cepat dengan proses boot cepat. Masuk ke safe mode mungkin tidak bekerja seperti dalam sistem operasi windows yang lebih tua, tetapi metode yang tersedia adalah mirip dengan yang di Windows 8 atau Windows 8.1.

gambar : www.digitalcitizen.life

About Hayart

Adsense Fans.

Check Also

Cara Mudah menggunakan Aplikasi Faceapp

Cara Mudah Menggunakan Aplikasi FaceApp Android

Cara Mudah menggunakan Aplikasi Faceapp  – Untuk para pengguna smartphone android pastinya sudah tak asing …