Home / Gadget / Android / Cara Mematikan Suara Kamera Android

Cara Mematikan Suara Kamera Android

Ketika kamu mengambil gambar dengan kamera android, kamu akan mendengar suara shutter yang memberi tanda bahwa foto sudah ter-capture dengan sukses. Meskipun suara shutter tidak terlalu berisik, namun pada beberapa moment kita menginginkan menghilangkan suara shutter agar pengambilan foto lebih nyaman. Contohnya ketika kita ingin memotret dalam suasana rapat atau mungkin kita ingin ‘mencuri’ foto gebetan yang sedang berada di dekat kita.

Namun sayangnya kamera default dari android tidak memberikan pilihan pengaturan untuk menonaktifkan suara shutter. Meskipun begitu, kita bisa memanfaatkan aplikasi lain yang bisa kita gunakan untuk mematikan suara shutter kamera sehingga kamu bisa memotret apapun tanpa merusak suasana hening yang ada.

Ada 2 cara yang bisa kamu pilih untuk menonaktifkan suara shutter kamera android pada smartphone Samsung, LG, Lenovo dan sebagainya yaitu dengan menginstall aplikasi Camera Sound Off dan dengan cara manual me-rename nama file suara shutter.

Menonaktifkan Suara Shutter Kamera Android dengan Aplikasi

Menggunakan Camera Sound Off!

Cara paling mudah untuk mematikan suara shutter pada smartphone android adalah dengan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Trik ini hanya bisa dilakukan dengan ketentuan bahwa aplikasi harus di-root agar bisa melakukan hal ini, karena aplikasi akan berinteraksi dengan sistem android dan hal tersebut tidak mungkin dilakukan pada smartphone android yang belum di-root.

Untuk menginstal aplikasi yang dimaksud, buka Google Play Store kemudian cari dan install Camera Sound off! (root) pada ponselmu.

camera sound off_lemoot
Buka aplikasi Camera Sound off! (root) kemudian klik pada tombol ‘Grant’ ketika muncul prompt konfirmasi permissions dari aplikasi. Artinya, kamu akan mengijinkan aplikasi menggunakan hak akses sebagai root ketika dijalankan.

Selanjutnya akan muncul tampilan menu pilihan untuk mematikan atau menyalakan suara kamera. Klik pada menu di layar yang akan berganti menjadi OFF sebagai tanda suara shutter telah dimatikan.

Ketika kamu mencoba memotret dengan kamera androidmu, kamera tidak akan lagi mengeluarkan suara apapun ketika kamu menekan tombol Capture.

Untuk mengembalikannya, kembali ke aplikasi dan tekan pilihan yang ada sampai layar menunjukkan kondisi ON.

Menggunakan Silence! Mute it with a click

Nama aplikasi ini memang agak panjang di Google Play Store namun ketika telah diinstall aplikasi ini menggunakan nama pendek yaitu “Mute Me“. Mute Me secara umum adalah aplikasi untuk mendisable semua suara baik ringtone, notifikasi dan tak lupa suara shutter kamera pada android.

Baca juga:  Cara Print Dokumen dari Android dengan Google Cloud Print

Mute me sebenarnya hanya mengubah profile menjadi mute (volume 0) namun itu sudah cukup untuk menonaktifkan suara shutter kamera. Untuk berganti profil dari normal, mute dan vibrate kamu hanya perlu satu klik pada ikon aplikasi. Mute me memang tidak menggunakan interface dan hanya menggunakan ikon aplikasi sebagai ‘saklar‘. Profil yang digunakan dapat dilihat pada tittle bar.

Mute me juga bebas dari iklan apapun dan tidak memerlukan root untuk menggunakannya.

Menggunakan Cara Manual untuk Menonaktifkan suara kamera

Jika kamu ingin cara yang lebih asik dan menantang sekaligus paling sederhana untuk mematikan suara kamera android, kamu bisa menggunakan cara manual yaitu dengan memodifikasi file suara yang ada pada sistem android sehingga ketika kamu memotret, kamera tidak akan mengeluarkan suara.

Ikuti langkah berikut untuk mendisable suara kamera pada android secara manual.

Langkah 1: Kamu wajib menginstall aplikasi File Explorer. Salah satu yang direkomendasikan adalah ES File Explorer. Jika sudah ada, jalankan aplikasi file manager tersebut.

Langkah 2: Arahkan navigasi ke folder “/” atau dikenal dengan nama root. Disini kamu bisa menemukan semua file dari sistem Android yang digunakan pada perangkat android.

Langkah 3: Buka folder atau directory “/system/media/audio/ui” dengan aplikasi.

Langkah 4: Rename file yang berhubungan dengan suara kamera dengan cara tap dan tahan file tersebut kemudian pilih Rename.
Misalnya Shutter.ogg menjadi Shutter.ogg.bak atau camera_click.ogg menjadi camera_click.ogg.bak

Rename nama file suara kamera
Rename nama file suara kamera

Lakukan juga rename pada camera_focus.ogg atau shutter_multiple.ogg tergantung dengan nama file yang ada pada sistem androidmu.

Jika sudah selesai, tutup aplikasi file manager kamu. Kamu telah mengubah nama file suara yang digunakan kamera sehingga kamera tidak akan mengeluarkan suara lagi ketika digunakan untuk memotret karena file tersebut dianggap tidak ada lagi.

Untuk mengembalikan agar shutter kembali muncul, rename dan hilangkan .bak pada nama file dan kembalikan nama seperti semula.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

whatsapp-invite-via-link-how-to

Cara Menggunakan Video Call WhatsApp

Cara Menggunakan Video Call WhatsApp – Setelah lama muncul pada versi beta Whatsapp, akhirnya fitur …