Tuesday , October 17 2017

Cara Memblokir Notifikasi dari Aplikasi Tertentu Pada Android

blokir notifikasi android

Setiap aplikasi yang kita install hampir pasti akan mengirimkan notifikasi pada Android. Tidak peduli apakah aplikasi tersebut mengirimkan notifikasi yang kamu butuhkan ataupun notifikasi yang tidak kamu pedulikan namun setiap developer pasti mempertimbangkan sebuah peluang untuk promosi melalui notifikasi. Dalam hal ini kamu bisa selalu menyeleksi setiap notifikasi sekaligus bisa mematikan notifikasi tersebut melalui pengaturan aplikasi akan tetapi ternyata ada cara mudah untuk memblokir notifikasi dari aplikasi langsung dari Notification Area pada Android. Berikut adalah cara untuk melakukannya.

Tidak semua aplikasi mengirimkan notifikasi yang sesuai dengan keinginan kita. Ada beberapa aplikasi yang ‘annoying’ terus menerus memberikan notifikasi yang tidak penting. Oleh karena itu, kita merasa perlu untuk menonaktifkan notifikasi pada aplikasi tertentu.

Untuk memblokir notifikasi, kamu harus menunggu ketika notifikasi dari aplikasi yang akan kamu blokir datang. Ketika notifikasi tersebut muncul, jangan dismiss atau hapus notifikasi tersebut. Tekan dan Tahan notifikasi sampai dengan muncul icon gear dan icon information. Tekan icon information (berbentuk huruf i dengan lingkaran) dan kamu akan menjumpai layar pengaturan untuk mendisable notifikasi pada aplikasi tersebut.

cara blokir notifikasi dari aplikasi android

Selanjutnya, geser slider pada pilihan Block All menjadi On dan kamu tidak akan lagi menerima notifikasi dari aplikasi tersebut sedangkan aplikasi lainnya akan tetap mengirimkan notifikasi seperti biasanya. Simak gambar di bawah ini untuk keterangan lebih detail.

Baca juga:  Cara Mudah Extract Atau Buka File Rar Zip Di Android

Langkah di atas ternyata tidak berlaku pada semua aplikasi. Kamu tidak bisa menonaktifkan atau memblokir setiap notifikasi dari sebuah aplikasi yang memiliki sejumlah tipe notifikasi yang berbeda. Akan lebih baik jika kita membuka secara langsung pengaturan pada aplikasi yang bersangkutan. Sebagai contoh, Google Play Store memiliki pengaturan tersendiri untuk memblokir atau mendisable notifikasi pada saat update aplikasi tersedia. Kamu bisa saja memblokir satu tipe notifikasi dari Play Store namun untuk lebih lengkapnya kamu harus menuju ke pengaturan Google Play Store untuk mematikan notifikasi.

Itu tadi adalah cara cepat untuk memblokir notifikasi pada smartphone Android. Punya cara lain yang lebih mudah? Silakan tulis pada komentar di bawah guys!

About Rian

SEO enthusiast.