Home / Featured / Cara Membuat Artikel di Wikipedia

Cara Membuat Artikel di Wikipedia

Wikipedia adalah proyek berbasis ensiklopedia di internet yang memiliki banyak konten gratis dengan berbagai pilihan bahasa. Wikipedia digerakkan oleh lebih dari 7 ribu kontributor aktif yang bekerha pada lebih dari 10 juta artikel dalam sekitar 250 bahasa yang berbeda. Setiap harinya Wikipedia dikunjungi oleh ribuan orang dari seluruh dunia yang juga berkontribusi untuk memperbaiki, menambah, merevisi artikel yang sudah ada dan juga menambah banyak artikel baru.

Setiap orang di bisa saja membuat halaman Wikipedia baru. Judulnya pun bebas, tidak harus tentang dirimu pribadi. Wikipedia menerapkan beberapa aturan yang wajib dipenuhi untuk menerbitkan artikel atau halaman baru. Kamu harus mempunyai bukti bahwa informasi dalam artikel yang kamu sebutkan bersumber dari buku, penelitian ataupun dari sumber lain yang relavan. Hal ini digunakan agar pembaca yang membaca artikel yang dibuat dapat mengerti dan memahami bahwa informasi yang kamu berikan adalah informasi yang benar. Oleh karena itu, kamu harus memberikan konten yang objektif, dapat diverifikasi kebenarannya serta dapat digunakan kembali oleh siapapun dengan bebas. Jika artikel yang kamu tulis tidak memenuhi syarat tersebut, Wikipedia akan secara otomatis menghapus halaman yang kamu buat.

Sebelum membuat halaman atau artikel di Wikipedia, kamu lebih baik mempunyai akun Wikipedia. Jangan khawatir, Wikipedia tidak menarik biaya apapun alias gratis bagi siapa saja yang membuat akun. Dari halaman Wikipedia, klik Create Account. Memang tidak wajib hukumnya, tetapi kamu akan lebih mudah membuat artikel atau halaman Wikipedia jika sudah mempunyai akun. Untuk masuk profil Wikipedia-mu, klik pada nama profil di bagian atas halaman web.

Membuat akun Wikipedia
Membuat akun Wikipedia

Pada halaman profil terdapat dua pilihan yang bisa kamu lakukan yaitu:

1. Membuat halaman user. Kamu bisa membuat halaman user untuk menulis tentang dirimu sendiri atau tentang aktifitas yang kamu lakukan. Namun jika kamu tidak ingin membuat halaman user, kamu akan diarahkan ke halaman user talk yang digunakan untuk berkirim pesan dan berdiskusi dengan penulis lain.

Baca juga:  Google Chrome kamu lambat? Begini cara mempercepatnya..

2. Membuat halaman/artikel Wikipedia. Untuk membuat artikel baru, klik Create yang ada pada bagian kanan atas website Wikipedia. Selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman editor dimana kamu bisa menulis draft artikel yang akan dibuat.

Untuk memulai menulis artikel, kamu harus menuliskan judul terlebih dahulu. Kemudian kamu bisa memulai menulis konten artikel halaman Wikipedia yang kamu buat dan jika telah selesai, klik tombol Save.

Tulisan yang kamu simpan belum dimasukkan ke Wikipedia. Untuk memasukkannya, kamu harus melengkapi judul pada user space Draft. Klik “Submit your Draft for review” yang berwarna biru. Kamu tinggal menunggu agar artikel yang kamu tulis diterima oleh Wikipedia. Dan ketika artikel sudah diterima, artikelmu sudah akan langsung tampil di website Wikipedia.

Kamu bisa menulis apa saja yang kamu inginkan di Wikipedia seperti penelitian yang kamu lakukan, tempat – tempat yang belum dikenal, atau bahkan produk bisnis yang kamu jalankan. Cukup ikuti aturan main yang diberikan Wikipedia dan apa yang kamu tulis akan menjadi sumber pengetahuan di Wikipedia.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Smartphone Android Dengan Daya Baterai Berkapasitas Besar 2016

Smartphone Android Dengan Daya Baterai Berkapasitas Besar – Berikut ini kami akan mengulas tentang smartphone-smartphone …