Sunday , December 17 2017

Cara Membuat atau Memodifikasi Halaman Error 404 pada Blogger

Blogger atau Blogspot adalah produk Google yang digunakan untuk membuat blog secara gratis. Blogger adalah platform blogging yang mudah untuk dimodifikasi ataupun dikustomisasi guna mempercantik tampilan dengan sedikit usaha. Salah satunya adalah membuat halaman error 404 yang informatif dan menarik.

Error 404 adalah halaman untuk memberitahukan “Page Not Found” pada blogger. Misalnya, jika pengunjung melakukan klik pada broken link atau visitor memasukkan url yang salah pada blog kita. Terkadang halaman Error 404 dianggap sepele, namun halaman ini ternyata bisa mempunyai nilai lebih agar visitor tidak tersesat pada saat membuka blog kita.

Jika kita perhatikan pada blogger, halaman 404 default platform ini sangat sederhana dan kurang menarik. Membosankan bukan ketika kita hanya disuguhi tulisan “Sorry, the page you were looking for in this blog does not exist”. Bahkan pengunjung tidak diberikan informasi apa yang harus dilakukan apabila mereka berada pada halaman error 404.

Tampilan default 404 blogger
Tampilan default 404 blogger

Hal di atas mengakibatkan pengunjung mebih memilih menutup window atau mengeklik tombol back sehingga kesempatan blog kita mendapatkan pengunjung lebih banyak menjadi terbuang. Dan yang lebih fatal, pengunjung terkesan mengecap blog kita tidak profesional dengan halaman 404 yang tidak informatif.

Lalu apa yang harus dilakukan blogger? Membuat halaman 404 lebih menarik, informatif dan berisi navigasi ke halaman lain bisa menjadi solusi permasalahan di atas. Dengan demikian, visitor yang kesasar pada error 404 tahu kemana dan apa yang harus dia lakukan.

Cara membuat dan memodifikasi halaman error 404 pada blogger sangatlah mudah. Buka halaman dashboard blogger kamu, kemudian masuk ke Settings, lalu pilih Search Preferences. Setelah itu, klik tombol edit pada Custom Page Not Found.

Baca juga:  Cara Mempercepat Koneksi 3G Jadi Seperti 4G Di Smartphone Android
blog 404 edit
Edit tampilan Error 404

Akan muncul pop up berisi form untuk membuat halaman error 404. Ketik pesan dengan format HTML sesuai keinginanmu. Jika sudah selesai, klik simpan lalu kamu dapat mencoba mengaksesnya pada alamat http://namablogkamu/404 pada address bar.

Jika kamu masih menginginkan lebih, kamu bisa mengisi halaman error 404 dengan tambahan informasi sekaligus mengubah desain tampilan standar yang sudah ada, misal menghilangkan border dan warna latar pesan 404.

Untuk melakukannya, masuk ke menu Template lalu cari bagian berikut

]]></b:skin>

Tepat sebelum tag tersebut, tekan enter lalu masukkan beberapa baris kode HTM di bawah ini. Kamu bisa mengubahnya sesuka hati kamu pada bagian ini.

.status-msg-border {
border: none;
}
.status-msg-body {
background-color: #eeeeee;
position: absolute;
}
.status-msg-wrap {
margin: 0;
width: 100%;
}

Selanjutnya, kita harus memikirkan navigasi pada halaman error 404 ini agar blog kita tetap terlihat hidup. Sehingga ketika pengunjung mengeklik link yang rusak pada blog kita baik dari internal maupun external link, pengunjung tetap memiliki alternatif tujuan pada blog kita.

Untuk itu kita bisa menempelkan link ke kategori, tag atau membuat form subscribe pada halaman ini. Subscribe sendiri berfungsi untuk menotifikasi user yang tidak memiliki waktu untuk membaca blog agar tetap mendapatkan link bacaan pada setiap artikel baru.

Bagaimana, sudah tahu kan cara membuat atau memodifikasi halaman error 404?

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس