Wednesday , July 26 2017

Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Untuk Install Windows 10

Microsoft telah merilis versi Windows terbaru yaitu Windows 10. Bagi kamu yang masih menggunakan Windows 7 atau Windows 8, kamu berkesempatan untuk mengupgrade sistem operasi kamu ke Windows 10. Namun kabarnya, Windows 10 kini tidak tersedia di pasaran sehingga kita perlu mendownload Windows 10 dari website Microsoft.

Jika kamu sudah mempunyai master instalasi Windows 10, kamu perlu menginstall Windows 10 pada komputer atau laptop kamu sebelum menikmati semua fiturnya. Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, sudah tidak jaman lagi melakukan instalasi sistem operasi menggunakan DVD. Selain membutuhkan waktu yang lama, menyimpan DVD sistem operasi kini sudah tidak relevan lagi mengingat perkembangan sistem operasi yang begitu cepat. Instalasi akan lebih mudah dilakukan dengan menggunakan USB Flashdisk, sehingga bisa digunakan untuk sekali pakai dan bisa diisi dengan sistem operasi lain serta software pendukung lainnya.

Untuk membuat USB Flash disk untuk instalasi Windows 10, kamu membutuhkan aplikasi yang disebut Windows Media Creation Tool. Aplikasi ini dapat kamu download langsung dari website Microsoft, sesuai dengan jenis yang kamu butuhkan apakah 32-bit atau 64-bit. Bagi kamu yang menggunakan RAM 4GB atau lebih, gunakan sistem 64-bit agar penggunaan RAM dapat dimaksimalkan.

Download Windows Media Creation Tool 32-bit.
Download Windows Media Creation Tool 64-bit.

Windows Media Creation Tool adalah salah satu aplikasi terbaik yang pernah dibuat Microsoft. Aplikasi ini dapat digunakna untuk mendownload dan menginstal Windows 10 berbentuk .ISO pada komputermu. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk meng-upgrade sistem dari Windows 7 atau Windows 8.1 Dengan Windows Media Creation Tool kamu cukup mendownload Windows 10 dari website Microsoft dengan opsi sesuai kebutuhanmu untuk mulai menggunakan Windows 10.

Langkah Membuat Bootable USB Flasdisk untuk Instalasi Windows 10.

Langkah 1: Pastikan kamu sudah mendownload Windows Media Creation Tool pada link di atas sesuai dengan jenis sistem yang kamu gunakan apakah 32-bit atau 64-bit.

Langkah 2: Lakukan instalasi Windows Media Creation Tool dengan hak akses Administrator. Klik kanan pada file Media Creation Tool.exe kemudian pilih Run As Administrator.

Langkah 3: Ketika aplikasi sudah berjalan, akan muncul opsi “What do you want to do?” Kamu dapat memilih Upgrade this PC now untuk mengupgrade komputer kamu atau Create Installation media for another PC. Pilih opsi terakhir untuk membuat bootable USB Flashdisk untuk menginstall Windows 10 via Flashdisk. Klik Next untuk melanjutkan.

Baca juga:  Cara Mematikan Port USB pada Laptop dan Komputer

cara menginstall windows 10 via flashdisk_lemoot

Langkah 4: Selanjutnya adalah pilihan untuk memilih bahasa, edisi windows dan arsitektur sistem yang akan digunakan. Pilih bahasa English (United States) seperti yang biasa digunakan. Untuk Edition, kamu bebas memilih sesuai keinginan Windows yang akan kamu install apakah Windows 10 Professional atau edisi lain.

pilih bahasa_lemoot

Sedangkan untuk arsitektur sistem, sesuaikan dengan kondisi PC atau laptop kamu untuk memilih antara 64-bit atau 32-bit. Cara mudah membedakannya adalah mengetahui berapa besar RAM yang digunakan. Jika 4GB atau lebih, kamu wajib menggunakan 64-bit agar dapat digunakan maksimal. Di bawah 4GB, kamu lebih cocok menggunakan 32-bit.

Langkah 5: Langkah inti yang dilakukan pada proses pembuatan USB Flashdisk untuk menginstall Windows 10 ada disini, yaitu pilihan media yang akan digunakan. Pilij USB Flash drive untuk membuat instalasi Windows 10 menggunakan flash disk. Sedangkan jika memilih ISO file, kamu perlu mem-burningnya ke DVD sebelum menggunakannya.

pilih USB atau ISO install windows 10_lemoot

Langkah 6: Selanjutnya, pilih target USB Flashdisk yang akan digunakan. Disini akan terlihat semua flashdisk yang terkoneksi dengan PC/Laptop. Jika Flashdisk kamu belum terdeteksi atau ingin menambah USB Flashdisk, lepas kemudian pasang kembali dan klik Refresh drive list.

Pilih USB Flashdisk yang akan digunakan untuk instalasi. Pastikan ukuran flashdisk lebih dari 3GB free.

Langkah 7: Langkah terakhir setelah kita mengkonfigurasi adalah menyerahkan pekerjaan selanjutnya pada internet. Windows 10 akan di download mulai dai 0% sampai dengan 100%. Ketika proses download selesai, kamu sudah berhasil menciptakan Bootable USB Flashdisk untuk melakukan Install Windows 10 menggunakan Flashdisk.

mendownload windows 10_lemoot

Setelah selesai, klik Finish untuk menyelesaikan proses yang telah dilakukan dan USB Flashdisk kamu telah siap digunakan untuk menginstall Windows 10 dengan USB Flashdisk. Jangan lupa, ubah urutan booting laptop atau PC melalui BIOS. Pastikan media yang digunakan untuk booting pertama kali adalah USB Flashdisk.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Vidio Youtube Akan Segera Bisa Diputar Dalam Chat WhatsApp

Video Youtube Akan Segera Bisa Diputar Dalam Chat WhatsApp

Video Youtube Akan Segera Bisa Diputar Dalam Chat WhatsApp – Saat ini WhatsApp memang menjadi …