Wednesday , October 18 2017

Cara Membuat Screenshot pada Tablet dan Laptop Windows 10

Sudah sering kita membahas tentang cara melakukan screenshot pada tablet dan smarphone Android dengan berbagai sistem operasi. Dan kini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat screenshot pada tablet atau laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10.

Windows 10 memiliki fitur screenshot bawaan yang bisa kamu gunakan untuk mengcapture layar atau jendela yang aktif pada layar. Hasil screenshot secara otomatis akan tersimpan pada folder screenshot di library Pictures. Fitur ini dapat berjalan dengan baik dan kamu bisa mencobanya pada tablet yang bahkan tidak mempunyai tombol PrtSc pada keyboard . Ya, kita biasa memanfaatkan tombol PrtSc pada keyboard untuk melakukan screenshot dengan mudah. Lalu bagaimana dengan On-Screen keyboard? Apakah kita bisa melakukannya?

Cara Melakukan Screenshot pada Tablet Windows 10

Untuk mengambil screenshot pada tablet Windows 10, kamu bisa melakukannya dengan menekan kombinasi tombol yang ada di sisi tablet secara bersamaan, sama halnya dengan yang kita lakukan pada smartphone.

Pada tablet dan sebagian besar laptop touch screen two in one, terdapat sebuah tombol Windows yang ada pada sisi atau bagian bawah layar. Sangat mudah untuk mencari spot ini akan tetapi kamu perlu memperhatikan lebih detail pada laptop atau tabletmu. Tombol ini bukan merupakan tombol power akan tetapi tombol ini menggunakan logo Windows sebagai penanda.
Perhatikan gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Baca juga:  Smartphone Lokal Mito T35 Fantasy Tablet Harga dan Spesifikasi Desember 2016

tombol windows pada laptop

Untuk membuat screenshot, tekan dan tahan tombol Windows dan tombol Volume down secara bersamaan. Cara ini bisa bekerja dengan baik pada mayoritas laptop touch screen two in one dan pasti bisa dilakukan pada tablet Windows 10. Sementara pada laptop jenis lain cara ini tidak berlaku dan fungsi untuk mengambil screenshot diubah menjadi tombol Windows dan Volume Up. Tekan kedua tombol tersebut selama kurang lebih 10 detik untuk mendapatkan screenshot pada layar. Usahakan menekan tombol tersebut secara bersamaan.

Untuk memastikan cara mana yang cocok untuk laptop atau tabletmu, kamu bisa mencoba kombinasi tombol combo Windows dan Volume Down. Jika tidak berjalan, kamu bisa mencoba kombinasi tombol lainnya.

About Rian

SEO enthusiast.