Home / Gadget / Android / Cara Membuat Video Timelapse dengan Ponsel Android

Cara Membuat Video Timelapse dengan Ponsel Android

Kamu pasti pernah dong berpikir untuk membuat time-lapse video. Entah untuk upload video di Instagram atau untuk berbagi pada media sosial lainnya. Membuat time-lapse video kini tidak hanya bisa dilakukan dengan aplikasi video editing pada PC saja, namun perkembangan teknologi kini memungkinkan kamu untuk membuat time-lapse video dengan menggunakan smartphone Androidmu.

Pada beberapa ponsel terbaru seperti Samsung Galaxy S6, S6 Edge dan LG G4, fitur time-lapse sudah ter-include pada aplikasi kamera. Namun jika pada ponsel kamu belum memiliki fitur tersebut jangan khawatir. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi android buatan pihak ketiga untuk membuat video timelapse.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat video time-lapse dengan mudah. Kamu bisa mendapatkannya dari Google Play Store.

Lapse It

Membuat Timelapse Android
Lapse It (androidtapp.com)

Lapse It merupakan salah satu aplikasi untuk membuat timelapse terbaik saat ini untuk Android. Lapse It memberikan kontrol penuh secara manual kepada penggunanya. Yang menarik, Lapse It bisa digunakan dengan mode background sehingga kamu bisa mengakses aplikasi lain ketika sedang merekam video. Kamu juga bisa melakukan import video yang sudah ada dan hasilnya sama baiknya dengan video yang direkam secara langsung.

Dengan berbagai macam opsi yang diberikan mulai dari interval hingga pengaturan white balance, kamu bisa membuat video kamu menjadi seperti apa yang kamu inginkan. Kamu bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan akun pro yang akan memberikan kesempatan untuk meng-capture video dengan resolusi lebih tinggi, pause dan resume capture serta memberikan lagu dan efek menarik pada video yang kamu buat.

TimeLapse

TimeLapse Android
TimeLapse

Sesuai namanya, TimeLapse digunakan untuk membuat video time-lapse dengan kualitas yang sangat baik. Kamu bisa mengatur interval foto dan resolusi image yang kamu inginkan. Cukup dengan tiga tombol yaitu start, pause dan stopp kamu bisa mengcapture video dengan mudah.

Baca juga:  Cara Memblokir Notifikasi dari Aplikasi Tertentu Pada Android

Setelah proses capture selesai, kamu dapar mengatur dan memilih frame rate dan pengaturan lain hingga video kamu siap dirilis. Jika kamu ingin aplikasi time-lapse video yang simpel dan mudah digunakan, kamu tak salah untuk memilih TimeLapse.

Framelapse

framelapse android
Framelapse

Framelapse adalah aplikasi lain untuk membuat video time-lapse untuk Android. Kamu dapat mengatur semua parameter untuk video time-lapse yang akan kamu buat. Selain itu, terdapat beberapa fitur tambahan yang cukup menarik seperti self-timer, white balance dan pengaturan exposure.

Pada layar capture, kamu bisa menyesuaikan pengaturan video ataupun mode apa yang akan kamu gunakan. Framelapse memberikan pilihan untuk upgrade ke versi Pro jika ingin mendapatkan berbagai fitur tambahan.

Overlapse

Overlapse memiliki tagline “time-lapse made easy” meskipun membuat timelapse tidak semudah membalikkan telapak tangann. OVerlapse memiliki cara kerja yang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan aplikasi serupa lainnya. Kamu bisa mengambil masing-masing foto secara manual sehingga kamu bisa membuat time-lapse video dari foto beberapa bulan atau tahun yang lalu.

Kamu juga bisa menggunakan fitur overlay untuk membantu mengarahkan kameramu kembali ke spot semula. Gambar akan ditata sebaik mungkin secara otomatis dan aplikasi ini sangat cocok untuk membuat video yang diskenario jangka panjang.

Lalu aplikasi apa yang kamu gunakan untuk membuat video time-lapse dengan Android? Tulis pada kolom komentar di bawah ini ya.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Spesifikasi Dan Harga Himax M2 HI-FI Designer For Music Terbaru Januari 2017

Spesifikasi Dan Harga Himax M2 HI-FI Terbaru 2017

Spesifikasi Dan Harga Himax M2 HI-FI Terbaru 2017 – Khusus pasaran smartphone kelas Entry-Level Himax …