Home / Tips n Trik / Cara Membuat WiFi Hotspot di Windows 10

Cara Membuat WiFi Hotspot di Windows 10

Windows 10 memiliki fitur baru dengan mengizinkan kita untuk membuat Wi-Fi Hotspot dari laptop atau PC kita untuk berbagi koneksi internet dengan perangkat lain, seperti laptop lain maupun smartphone yang kita gunakan. Fitur ini sangat bermanfaat ketika kamu berada pada posisi hanya memiliki satu username Wi-Fi Hotspot atau mungkin kamu hanya diizinkan menggunakan 1 perangkat pada satu jaringan.

Fitur Hotspot Windows 10 ini sebenarnya adalah fitur tersembunyi sehingga kita tidak akan menemukan aplikasi untuk menyalakan atau mematikan Wi-Fi hotspot pada Windows 10. Namun ada beberapa trik yang bisa kita lakukan untuk menggunakan fitur tersebut.

Membuat WiFi Hotspot dengan Command Prompt

Cara ini digunakan untuk membuat hotspot pada Windows 10 tanpa perlu tambahan software apapun. Dengan Command Prompt, kami bisa dengan mudah mengaktifkan Wi-Fi hotspot yang sebenarnya sudah terintegrasi pada Windows.

Langkah pertama: Untuk membuat WiFi hotspot, jalankan Command Prompt dengan hak akses admin. Tekan tombol Windows + X pada keyboard kemudian pilih Command Prompt (Admin) dari menu yang ada. Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

cara membuat hotspot windows 10_lemoot
Jalankan Command Prompt (Admin)

Selanjutnya adalah menjalankan script untuk persiapan membuat hotspot pada Windows 10. Ketik perintah berikut kemudian tekan tombol Enter.

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=lemootcom key=12345678

Hotspot akan dibuat dengan nama SSID lemootcom dan password 12345678. Khusus SSID dan Key, kamu bisa mengubahnya sesuai dengan kemauan kamu tetapi tentu dengan syarat password harus lebih panjang atau sama dengan delapan karakter.

Untuk mulai memancarkan WiFi Hotspot, ketik perintah di bawah ini

netsh wlan start hostednetwork

Setelah kamu menjalankan command di atas, WiFi Hotspot yang kamu buat telah aktif dan bisa digunakan oleh perangkat lain. Untuk mengeceknya kamu bisa membuka Network and Sharing Center dari Control Panel.

Baca juga:  Cara Menghapus Dan Menonaktifkan Semua File QUICK ACCESS di Windows 10

Jika sudah selesai digunakan, untuk menonaktifkan WiFi hotspot yang kita buat dapat dilakukan dengan perintah di bawah ini:

netsh wlan stop hostednetwork

Trik ini dapat kita manfaatkan untuk membuat WiFi hotspot pada Windows 10 tanpa software dari pihak ketiga. Kita juga bisa membuat WiFi dengan bantuan software lain, salah satunya adalah Connectify.

Membuat WiFi Hotspot dengan Connectify

Ada banyak aplikasi yang bisa kita pakai untuk membuat WiFi Hotspot, namun Connectify adalah salah satu yang terbaik dari yang pernah ada. Connectify adalah aplikasi berbayar untuk versi pro, tetapi kamu bisa memanfaatkan versi free untuk berbagi koneksi via WiFi hotspot.

Setelah instalasi Connectify selesai, klik tombol Try it out untyk mulai menggunakan aplikasi. Hotspot kamu akan mendapatkan nama dan password default dari aplikasi tetapi kamu bisa mengubahnya dengan tetap menyertakan nama Connectify sebagai awalan.

Pastikan kamu memilih koneksi internet yang benar kemudian kamu bisa mengaktifkan WiFi hotspot dengan klik tombol Start Hotspot.

Sekarang kamu sudah bisa menggunakan hotspot tersebut dari perangkat lainnya dengan mudah.

Itulah tadi cara membuat hotspot pada Windows 10 dengan mudah. Jika kamu tahu cara lain yang bisa digunakan untuk membuat WiFi hotspot pada Windows 10, tulis pada kolom komentar di bawah ini, ya!

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

facebook

Inilah Cara Mudah Membuka Facebook Yang Terkunci atau Diblokir

Inilah Cara Mudah Membuka Facebook Yang Terkunci atau Di Blokir – Dengan seiring pesatnya perkembangan …