Home / Gadget / Android / Cara Memperbaiki Android Yang Tidak Terdeteksi Di Windows
Cara Memperbaiki Android Yang Tidak Terdeteksi Di Windows

Cara Memperbaiki Android Yang Tidak Terdeteksi Di Windows

Salah satu manfaat dari memiliki perangkat android adalah bahwa kita dapat mentransfer file dari PC ke ponsel atau sebaliknya, tanpa batasan. Kita dapat mentransfer berbagai file mulai dari gambar, foto, lagu, video, data word, pdf dan file lainnya dengan mudah. Memang banyak kegiatan kita yang terbantu dan lebih mudah dengan adanya smartphone.

Namun, apa jadinya bila tiba-tiba perangkat android mu tidak bisa terhubung ke PC? tentu akan mengganggu bukan? Apalagi jika file yang ingin kita pindahklan adalah file yang penting bagi kita.  Tentu saja kita menjadi jengkel jika mengalami hal tersebut. Mungkin dari kita pernah mengalami situasi ini dan kita kebingungan untuk memperbaikinya.

Masalah ini sebenarnya bisa di atasi dengan mudah, tetapi juga tergantung dari penyebabnya. Setiap permasalahan tentu berbeda cara mengatasi antara penyebab satu dengan yang lain. Berikut ini yang sering menyebabkan smartphone tidak terdeteksi dan cara mengatasinya :

Tips 1 : Pastikan Kabel Data USB Tidak Rusak

Kemungkinan kenapa ponsel android anda tidak terdeteksi karena bisa jadi kabel USB rusak. Ketika pertama kali kamu membeli smartphone pasti sudah disediakan kabel USB bawaan yang dapat di pakai untuk menghubungkan smartphone android ke komputer. Jika ternyata benar bahwa kabel USB mu rusak atau anda ingin mengecek kabel USB anda, maka cobalah menghubungkan ponsel ke PC menggunakan kabel USB yang lain.

Tips 2 : Colokkan Kabel Data Ke Port USB Yang Berbeda

Karena seringnya pemakaian, biasanya Port USB di bagian depan lebih cepat rusak di bandingkan Port USB bagian belakang pada komputer anda. Untuk itu bisa saja penyebab kenapa smartphone mu tidak terdeteksi adalah karena Port USB nya tidak berfungsi. Untuk itu cobalah pindah kabel data ke port USB bagian belakang PC Anda. Dan karena port USB belakang terhubung langsung ke motherboard, tidak ada salahnya jika anda menggunakan port USB bagian belakang untuk aktifitas transfer file.

Tips 3 : Menginstal Update Driver USB Android

Walaupun pada bawaan windows terdapat driver generik USB , tetapi belum tentu semua perangkat android bisa kompatible dengan driver bawaan tersebut. Jadi anda harus selalu menginstal driver USB yang disediakan oleh produsen ponsel smartphone Anda di PC yang ingin kita hubungkan.

Baca juga:  Harga dan Spesifikasi Asus ZenFone Go 4.5, Smartphone Murah 1-jutaan dengan Kualitas Bagus

Tips 4 : Instal Ulang Driver USB Android

Jika sebelumnya anda telah menginstal drivers USB android namun tetap saja smartphone anda tidak terdeteksi, cobalah untuk mengisntal ulang driver tersebut. Cara uninstall driver smartphone adalah masuk ke Device Manager pada windows kemudian cari telepon anda setelah itu klik kanan dan uninstal. Setelah driver USB yang dihapus, putuskan sambungan ponsel kemudian restart PC anda.

Setelah PC anda menyala setelah di restart, hubungkan perangkat android dengan PC dan windows update harus secara otomatis mencari driver untuk smartphone dan menginstalnya. Jika update Windows tidak dapat menemukan dan menginstal driver untuk perangkat Android Anda, Anda dapat men-download driver smartphone anda.

Tips 5 : Pastikan Android anda menggunakan Mode MTP

Masalah ini sering kali terlupakan oleh pengguna android yang mana perangkat anda terhubung sebagai PTP bukan MTP. Untuk mengubahnya cukup mudah caranya:

1. masuk ke Settings => pilih Storage/Penyimpanan.

setting MTP mode pada android

2. Selanjutnya tap atau pilih icon  yang ada di pojok kanan atas dan pilih USB Computer Connection.

usb connection android

3. Selanjutnya pilih opsi Media device (MTP).

cara menghubungkan android dengan media perangkat

 

Tips 6 : Aktifkan USB Debugging

jika anda menggunakan alat-alat lain seperti ODIN, ADB untuk menghubungkan android anda dengan PC, penting sekali untuk anda mengaktifkan USB Debugging agar bisa terhubung. Jika android anda menggunakan Versi 4.2 kebawah maka untuk mengaktifkanya cukup mudah.

turn on usb debugging

 

Tips 7 : USB Port Anda Telah Rusak

Jika anda telah mencoba cara yang telah saya uraikan di atas dan android tetap tidak terdeteksi kemungkinan Hardware USB Port anda telah rusak dan satu-satunya cara adalah membawa ke tempat service smartphone resmi terdekat.

itulah beberapa tips mengatasi android tidak terteksi di PC semoga bermanfaat untuk anda jika anda memiliki pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar bawah ya.

gambar utama : verizonwireless.com

About Hayart

Tech & Art Fans.

Check Also

Cara-Membuat-Tampilan-Android-Menjadi-iPhone

Inilah Cara Membuat Tampilan Android Menjadi iPhone

Membuat tampilan Android menjadi iPhone – Seperti kita ketahui kalau ada dua sistem operasi mobile …