Monday , December 18 2017

Cara Memperbesar Ukuran Font pada Android

Jika kamu terkadang harus bekerja keras untuk membaca apa yang ada pada layar smartphonemu, kamu akan cukup bahagia jika mengetahui bahwa ternyata ada dua cara mudah untuk membuat teks yang ada pada layar smartphone Android menjadi lebih besar. Jika mata kamu mulai lelah atau kamu sering lupa menaruh kacamatamu, atau mungkin kamu dimintai tolong orang tuamu untuk mengubah ukuran font pada ponsel mereka, kamu mungkin perlu mencari tahu bagaimana cara untuk meningkatkan ukuran font pada Android dan kamu bisa lebih nyaman memandang layar smartphone-mu.

Berikut ini adalah dua cara yang biasa dilakukan untuk memperbesar ukuran font pada Android. Dua cara ini sangat mudah untuk dilakukan dan tidak diperlukan skill khusus.

Memperbesar Ukuran Font Android Melalui Pengaturan Accessibility

Langkah pertama, masuk ke Settings atau pengaturan ponsel kemudian pilih Accessibility. Cari pilihan Large Text dan ubah toogle menjadi ON untuk memperbesar ukuran font yang digunakan pada user interface smartphone androidmu.

Memperbesar Ukuran Font melalui Pengaturan Display

Cara untuk memperbesar font melalui pengaturan display ini hampir sama dengan cara di atas. Bedanya, jika menggunakan cara ini kamu bisa memiliki opsi yang lebih banyak seberapa besar font yang kamu inginkan.

Untuk melakukannya pertama kali kamu wajib masuk ke Settings kemudian pilih Display. Cari pengaturan Font Size atau Ukuran Font, scroll ke bawah jika belum terlihat. Tekan menu Font Size dan kamu akan menemukan pilihan seberapa besar ukuran font yang kamu inginkan.

Baca juga:  Cara Backup Pesan, Kontak dan Foto WhatsApp ke Google Drive

Pada Android 5.0 kamu akan mendapatkan pilihan ukuran mulai dari Small, Normal, Large dan Huge. Pilih Large atau Huge untuk mengubah font yang lebih besar. Lain halnya pada Android 4.4 Kitkat. Kamu bebas mengatur sendiri ukuran font hingga maksimal 125% dari ukuran font normal sehingga kamu bisa lebih menyesuaikan seberapa besar ukuran yang kamu inginkan.

Mengubah ukuran font pada Android
Cara mengubah ukuran font android

Sementara itu, jika kamu pengguna smartphone Samsung, kamu bisa langsung memperbesar ukuran font pada saat menulis SMS dengan menekan tombol volume Up. Sebaliknya, untuk mengecilkan font, kamu bisa menekan tombol Volume Down. Bagaimana? Ternyata kita bisa mengubah ukuran font pada smartphone Android dengan beberapa langkah yang sangat mudah.

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس