Cara Menambah Action Button Baru pada Panel Quick Settings Android 6.0

Pada android 5.0 Lollipop sangat familiar dengan penambahan quick setting pada panel notifikasi yang dimunculkan namun tanpa opsi untuk mengkustomisasi panel tersebut. Kini Android 6.0 yang dilaunching dengan banyak fitur baru juga memiliki suatu opsi yang diberikan agar kamu dapan mengubah menu yang ada pada custom tiles sesuka hatimu dan sesuai kebutuhanmu. Kamu dapat dengan mudah mengganti ataupun bahkan menghapus menu default yang tersedia pada panel notifikasi.

Sebelumnya, banyak orang menggunakan aplikasi dari pihak ketiga untuk menambahkan item pada panel notifikasi. Android 6.0 Marshmallow memberikan kemudahan dengan fitur Custom Quick Settings yang memungkinkan kamu untuk menambah opsi Custom Quick Settings ke panel notifikasi. Fitur yang diberikan secara cuma-cuma alias gratis ini sangat mudah digunakan dan sangat sederhana. Kamu dapat membuat menu baru atau shortcut untuk launch aplikasi, membuka alamat URL, tombol on-off koneksi data, panel volume dan tombol sinkronisasi akun. 

Untuk menggunakan Custom Quick Settings, sudah pasti kamu wajib memiliki smartphone dengan OS Android 6.0. Fitur ini tidak membutuhkan root, hanya saja fitur ini membutuhkan System UI Tuner yang sudah disetting enable.

Install Custom Quick Settings dari Play Store.

custom quick settings lemoot

Jika kamu sudah mengaktifkan System UI TUner, buka aplikasi tersebut kemudian pilih Quick Settings. Scroll ke bawah kemudian pilih Add a Custom Tile. Beri nama CUSTOMTILE0. Buka Custom Quick Settings kemudian beri tanda centang pada pilihan “i have done this” lalu pilih Continue.

Baca juga:  Spesifikasi dan Review Harga Coolpad Roar, Murah Bukan Murahan Update 2017

pengaturan menu

Selanjutnya kita bisa memulai mengatur sendiri menu yang akan kita buat. Tekan tombol plus yang ada pada layar Custom Quick Settings kemudian ambil tombol baru, beri nama sekaligus aksi yang akan diberikan. Kamu juga bisa mengambil icon dan aplikasi dengan berbagai pilihan icon yang dapat dipilih.

Kamu bisa menentukan 2 aksi pada satu tombol, yaitu tap (tekan) dan tap and hold (tekan dan tahan). Jika kamu memilih Launch App action, kamu bisa memilih sebuah aplikasi yang terinstall di sistem androidmu dan jika kamu memilih Launch URL option, kamu dapat memasukkan alamat website yang akan dibuka oleh tombol tersebut. Dan dengan pilihan Custom Toggle kamu bisa memilih dari daftar toogle yang ada untuk disesuaikan pada tombol yang baru kamu buat.

menu action

Custom Quick Setting adalah fitur baru yang masih dalam tahap percobaan dari Android. Jika kamu berminat mencobanya, pastikan kamu telah membackup semua data karena ada kemungkinan hal ini berpengaruh pada performa smartphone android kamu.

Gambar: addictivetips.com

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Lava A77 4G

Spesifikasi dan Harga Lava A77 4G Dengan Kamera Selfie LED Flash

Spesifikasi dan Harga Lava A77 4G Dengan Kamera Selfie LED Flash – Vendor smartphone dari …