Home / Tips n Trik / Cara Mencari Teks pada File PDF Tanpa Membukanya
pdf reader

Cara Mencari Teks pada File PDF Tanpa Membukanya

PDF merupakan format standar yang digunakan untuk publikasi dokumen secara online. Kita biasanya akan mencari dokumen yang berkaitan dengan manual penggunaan, penelitian, materi study, atau bahkan laporan tahunan pada file PDF. Jika kamu sering berhubungan dengan banyak file PDF dan merasa kesulitan untuk mengingat file mana saja yang berisi materi-materi tersebut sementara kamu malas untuk membuka file satu per satu, maka kini kamu sudah mendapatkan solusinya.

Jika file PDF berjumlah banyak, berukuran sangat besar dan terdiri dari ratusan lembar kamu membutuhkan cara yang lebih cepat untuk mencari isi file tersebut. Kamu bisa menggunakan Foxit Reader untuk mencari isi dokumen tanpa harus membuka file PDF. Foxit Reader dapat digunakan untuk memilih folder dan menelusuri isi dari setiap file PDF untuk suatu kata atau kalimat. Dan yang lebih menarik, Foxit Reader mendukung pencarian yang bertingkat!

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menginstall Foxit Reader. Setelah selesai kamu akan melihat bar pencarian yang ada pada pojok kanan atas. Disitu terdapat sebuah ikon kecil yang ada disamping form pencarian yang berbentuk sebuah folder dan kaca pembesar. Klik ikon tersebut untuk membuka panel Search. Klik pada drop down kedua yang mana secara default akan memilih folder My Documents.

foxit reader

Cari dan pilih folder yang berisi dokumen PDF yang akan kamu cari isinya. Masukkan kata atau kalimat yang akan dicari kemudian klik tombol Search.

Baca juga:  5 Situs Alternatif untuk Upload file PDF selain Scribd

Hasil yang akan ditampilkan dengan hiperlink yang bisa kamu klik dan membuka file yang berisi pencarian yang kamu inginkan dan bahkan akan langsung membuka tepat pada halaman yang berisi kalimat pencarian tersebut! Wow!

Cara ini tentu sangat cocok untuk mahasiswa yang sedang mengerjakan penelitian ataupun orang yang berkecimpung di dunia akademik. Karena, dengan cara ini tentu saja waktu yang dibutuhkan menjadi lebih singkat. Lebih dari itu, penggunaan data sebagai referensi pun lebih mudah karena kita bisa melakukan pencarian tanpa membuka file PDF.

Namun untuk melakukan trik di atas terdapat satu syarat. File PDF yang dicari harus berisi teks asli. Jika file PDF berisi file yang berupa image, maka Foxit PDF juga tidak akan pernah menemukan kata atau kalimat yang kamu cari.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

facebook

Inilah Cara Mudah Membuka Facebook Yang Terkunci atau Diblokir

Inilah Cara Mudah Membuka Facebook Yang Terkunci atau Di Blokir – Dengan seiring pesatnya perkembangan …