Monday , December 18 2017

Cara Mendaftarkan Website atau Blog ke Bing

Hampir setiap orang menyadari bahwa Google saat ini masih menjadi pilihan terbaik sebagai search engine. Dengan hasil pencarian yang lebih maksimal, Google merajai dunia mesin pencarian di seluruh dunia.

Namun, kita tak boleh melupakan mesin pencarian lain seperti Bing, Yahoo!, Ask.com dan lainnya. Dengan semakin meningkatnya popularitas dan jumlah pengguna Bing, Bing layak kita lirik sebagai target strategi SEO yang kita bangun. Sama seperti Google, Bing juga memiliki Webmaster tools yang bisa kita gunakan agar website kita diindeks oleh Bing. Meningkatnya pengguna Bing ini juga bukan tanpa alasan. Banyaknya aplikasi yang bisa mengubah default search engine browser dan juga banyaknya pengguna entry level membuat Bing kini banyak digunakan, khususnya di Indonesia.

Berikut ini adalah cara memasukkan website ke Bing Webmaster tools.

Langkah pertama: Buka alamat bing.com/toolbox/webmaster kemudian masuklah dengan akun microsoft yang kamu punya. Jika belum punya, daftar melalui tombol Sign Up with Microsoft Account.

Langkah kedua: Jika kamu sudah masuk dengan akun microsoft milikmu, perhatikan dashboard Bing Webmaster tools. Ketik URL website kamu pada field My Sites kemudian klik tombol Add.

mendaftarkan blog ke bing
Masukkan URL kemudian klik Add

Selanjutnya kamu harus mengisi secara detail informasi tentang website atau blog yang kamu masukkan. Masukkan juga sitemap website kamu jika sudah ada. Namun jika belum ada kamu bisa memasukkannya nanti.

mendaftarkan website ke bing
Masukkan informasi tentang website atau blog

Langkah ketiga: Perhatikan gambar di atas, pilih timezone yang sesuai dengan lokasi dimana kamu berada atau lokasi dimana traffic website kamu paling banyak berasal.

Langkah keempat: Bing akan meminta kita memverifikasi kepemilikan website yang kita daftarkan. Ada 3 buah cara yang bisa kita lakukan yaitu upload file html yang disediakan, memasukkan kode meta pada header website kita.

Jika kamu memiliki akses ke hosting website kamu, kamu bisa melakukan verifikasi dengan upload file html yang diberikan. Setelah terupload, buka link tersebut untuk melakukan verifikasi.

Bagi kamu pengguna wordpress atau blogger, cara termudah yang bisa dilakukan untuk memverifikasi Bing Webmaster tools adalah dengan melakukan copy paste kodepada bagian header blog.

Setelah kode meta dimasukkan ke header, masuk kembali ke Bing Webmaster tools kemudian klik VERIFY untuk memastikan website yang kamu daftarkan adalah milikmu sepenuhnya.

verify bing
Verifikasi kepemilikan website

Pada beberapa kesempatan, Bing membutuhkan waktu untuk proses verifikasi tersebut. Misalnya, ketika kita sudah mengupload file html atau memasukkan kode meta pada header blog kemudian melakukan verifikasi akan terjadi kesalahan pada saat proses verifikasi. Tunggu 1×24 jam kemudian baru lakukan kembali proses verifikasi. Namun, jika beruntung kamu dapat memverifikasi kepemilikan website secara langsung.

Setelah proses verifikasi selesai, kamu sudah bisa melihat aktivitas website kamu pada dashboard Bing Webmaster Tools termasuk metrik, klik, keywords, links dan sebagainya. Kamu bisa memanfaatkan informasi tersebut untuk menentukan strategi SEO selanjutnya agar traffic yang masuk ke website kamu semakin besar.

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس