Home / Teknologi / Cara Mendapatkan Direct Link dari OneDrive

Cara Mendapatkan Direct Link dari OneDrive

one drive share direct link

OneDrive secara otomatis terinstall dan menjadi aplikasi default pada Windows 10. OneDrive akan terus menampilkan pop up meminta pengguna sign-in dan mulai menggunakan OneDrive. Kita bisa saja menghentikan OneDrive mengeluarkan pop up yaitu dengan masuk ke aplikasi akan tetapi OneDrive sendiri nampaknya belum terlalu bermanfaat bagi pengguna. Hal ini berdasarkan fakta bahwa meskipun kita dipaksa untuk menggunakan OneDrive dengan berbagai daya tarik, tampaknya kita belum merasa in dengan OneDrive. Sebaliknya, kita sudah terlalu jatuh cinta pada layanan lain seperti Dropbox maupun Google Drive.

Namun tahukah kamu bahwa OneDrive juga memiliki kemampuan yang hampir sama dengan Dropbox dan Google Drive? Jika kita gali lebih jauh apa saja yang ada pada OneDrive, kita mungkin tidak akan lagi mengabaikannya sebagai cloud storage. Alasannya sederhana, OneDrive memiliki banyak fitur unggulan yang bisa menyejajarkan posisinya dengan Dropbox maupun Google Drive.

OneDrive mampu melakukan sinkronisasi file kamu di beberapa Windows dan memungkinkan kamu untuk berbagi file dengan mudah dari Desktop. Tidak ada yang menghalangi kamu untuk berbagi dan kamu bisa sharing file dari drive kamu kapankun. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan direct link pada file sharing kamu cukup dengan klik kanan. Penasaran? Berikut adalah cara mendapatkan direct link pada OneDrive.

Langkah pertama, buka folder OneDrive pada PC atau laptopmu. Biasanya folder OneDrive akan muncul pada navigasi Quick Access di sebelah kiri Windows Explorer. Di dalam icon file seharusnya terdapat tanda centang berwarna hijau yang mengindikasikan bahwa file tersebut telah disinkronisasi sehingga telah tersimpan pada server. Jika tanda tersebut tidak terlihat, cek apakah kamu sudah sign-in pada aplikasi OneDrive atau belum.

Baca juga:  Cara Backup Pesan, Kontak dan Foto WhatsApp ke Google Drive

Setelah kamu sign-in dan semua file telah disinkronisasi, tanda hujau akan muncul pada semua file dan folder.

share link one drive

Untuk mendapatkan direct link, klik kanan pada file yang akan diketahui direct-linknya kemudian pada context menu pilih opsi Share a OneDrive link dan kamu akan mendapatkan direct link pada file tersebut. Direct link berfungsi untuk memberikan alamat untuk download file tersebut secara langsung dari browser atau perangkat lain. Link tersebut bisa kamu share melalui blog, website atau media sosial agar bisa diakses banyak orang melalui browser.

Image: alphr.com

Baca Artikel Menarik Lainnya :

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Cara Mengatasi Memori RAM Android Yang Cepat Penuh

Cara Mengatasi Memori RAM Android Yang Cepat Penuh

Tips Cara Mengatasi Memori RAM Android Yang Cepat Penuh –¬†Seperti halnya Komputer, smartphone Android juga …