Cara Mendownload Website Secara Utuh Beserta Link-nya dengan Offline Browser

Mungkin kamu pernah menemukan sebuah website yang memiliki ribuan konten menarik, sesuai dengan hobimu tetapi kamu tidak cukup waktu untuk membaca atau menyimpan satu per satu artikelnya. Pada saat itu kamu langsung memasukkan website tersebut pada bookmark browser kamu, namun ternyata ada yang lebih efektif dari sekedar bookmark.

Adalah “Offline Browser” yang akan membantumu browsing web secara offline. Jika dengan bookmark kamu memerlukan koneksi internet untuk membuka kembali link url dan mengakses halaman lain pada website, maka offline browser tidak membutuhkan koneksi internet. Sekali kamu menyimpan website, kamu bisa membaca semua yang ada pada website beserta link-nya kapanpun dan dimanapun. Isi website tersimpan mulai dari artikel sampai dengan resource seperti gambar, foto maupun video. 

Offline browser sangat bermanfaat bagi kamu yang suka membaca namun memliki koneksi internet yang terbatas. Misalnya, di daerah tempat tinggalmu tidak terjangkau internet yang memadai sedangkan kamu bekerja atau kuliah di kota. Kamu bisa mendownload materi full dalam satu website kemudian membaca kembali melalui offline browser.

Ada banyak offline browser yang bisa kamu gunakan untuk menggandakan website secara utuh secara offline. Berikut ini adalah offline browser terbaik yang bisa kamu gunakan secara gratis.

1. HTTrack Website Copier

HTTrack digunakan untuk mendapatkan semua halaman web utuh. Kredit: makeusof.com
HTTrack digunakan untuk mendapatkan semua halaman web utuh

HTTrack Website Copier adalah salah satu offline browser yang paling populer. HTTrack akan mendownload website dan menyimpan ke komputer secara berulang-ulang ke link yang paling dalam sehingga seperti menduplikat website versi online. Kamu bisa mengakses duplikat website secara offline secara real seperti sedang mengakses web offline bahkan hanya link ke luar website saja yang tidak bisa digunakan tanpa koneksi internet.

HTTrack adalah aplikasi portable yang bisa berjalan pada sistem operasi Windows, Mac OS dan juga Linux. HTTrack boleh dibilang lebih baik daripada offline browser yang lain karena mampu mendeteksi link dari javascript maupun flash. HTTrack gratis digunakan dan memiliki kelebihan yaitu kamu dapat mengupdate download sebelumnya dan juga me-resume download yang pernah terputus.

2. WebCopy

website webcopy offline browser
WebCopy untuk menduplicate website

WebCopy akan mencopy sebagian atau keseluruhan website ke hardiskmu. Kamu cukup memasukkan URL website yang akan dicopy dan mengatur bagian apa saya yang akan dihilangkan dengan konfigurasi yang telah disediakan. WebCopy akan menggandakan semua halaman website beserta resource lengkap dari server.

WebCopy mempunyai kekurangan yaitu tidak bisa mendeteksi link dari flash dan javascript namun WebCopy mampu menduplikat struktur web seperti css, image sehingga offline browsing menjadi lebih nyaman.

WebCopy gratis bagi penggunaan personal maupun komersial akan tetapi hanya tersedia versi untuk Windows.

Baca juga:  Cara Menghapus Browsing Data Otomatis Ketika Browser Ditutup

3. PageNest Free Offline Browser

PageNest Offline Browser
PageNest Offline Browser

PageNest Free Offline Browser mengkopi website secara utuh temasuk teks, gambar dan juga css yang digunakan. Kamu cukup memasukkan URL kemudian PageNest akan mendownload semua resources. PageNest menggunakan multi-thread untuk mendownload sehingga menambah kecepatan download karena mendapatkan dua atau lebih file secara bersamaan.

PageNest juga menyediakan browser untuk mengakses website yang telah di-download namun kamu juga bisa menggunakan browser lain untuk membacanya. PageNest tersedia gratis untuk penggunaan personal dan berbayar bagi pengguna komersial. PageNest hanya bisa digunakan oleh pengguna Windows.

4. NCollector Studio Lite

Menu pilihan NCollector
Menu pilihan NCollector

NCollector Studio Lite adalah alat untuk download keseluruhan website atau file tertentu dengan mudah. NCollector mempunyai 4 mode yaitu offline browser, crawler, search dan mirror website. Pada mode Offline browser, website akan didownload secara total sehingga dapat dilihat secara offline.

Sedangkan dengan mode crawler, kamu bisa mendownload berbagai jenis file seperti dokumen, gambar, video, musil dan sebagainya sesuai pengaturan yang kamu lakukan. NCollector memilili versi lite yang gratis namun memiliki jumlah maksimal halaman yang bisa didownload.

5. WinWSD Website Downloader

WinWSD untuk mendownload website
WinWSD untuk mendownload website

WinWSD Website Downloader bisa kamu gunakan untuk mendownload sebagian atau seluruh website. Seperti PageNest, WinWSD jufa menyediakan broser untuk mengakses website hasil download.

WinWSD memiliki 5 mode download yang bisa dipakai, yaitu mendownload keseluruhan website, keseluruhan namun tanpa file multimedia, file multimedia saja, file image saja atau mendownload hanya file exe. WinWSD juga memiliki opsi yang bisa digunakan untuk memilih file apa saja yang didownload.

Yang unik dari WinWSD adalah adanya pilihan untuk shutdown PC ketika download telah selesai sehingga kamu dapat meninggalkan WinWSD bekerja sendirian sekaligus menghemat penggunaan listrik. sesuai namanya, WinWSD hanya bisa digunakan untuk Windows saja.

Masih banyak software offline browser lain yang bisa kamu gunakan, baik yang gratis maupun berbayar. Daftar di atas hanyalah sebatas rekomendasi untuk mencopy website secara utuh menggunakan offline browser. Jika kamu mempunyai rekomendasi lain untuk offline browser yang lebih handal, kamu bisa meninggalkan komentar pada artikel ini, ya!

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Cara Mudah Cek Nomor Kartu 3 Three di Sendiri Smartphone Android

Cara Mudah Cek Nomor Kartu 3 Three di Sendiri Smartphone Android

Cara Mudah Cek Nomor Kartu 3 Three di Sendiri Smartphone Android – Saat ini berbagai …