Home / Gadget / Android / Cara Mengakses File Manager pada Android 6.0

Cara Mengakses File Manager pada Android 6.0

Beberapa tahun yang lalu atau pada versi Android terdahulu, Android selalu mem-bundle sebuah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses semua file yang tersimpan pada smartphone mereka, baik yang ada pada memori internal maupun memori eksternal pada SD card. Aplikasi file manager sebenarnya sangat dasar pada sebuah device, namun kini kita tak akan lagi semudah itu mengakses file yang ada pada ponsel tanpa menggunakan aplikasi yang kita instal dari Google Play Store.

Kita memang terbiasa menggunakan aplikasi pihak ketiga sebagai file manager, seperti ES File Explorer dan sebagainya. Pada Android 6.0, file manager akan tetap tersedia pada sistem namun ada sedikit perubahan yang membuat kita harus membiasakan diri. Android 6.0 tidak menyertakan file manager sebagai aplikasi standalone namun terintegrasi menjadi satu pada Settings atau Pengaturan.

Yap, dengan kata lain Android 6.0 memiliki hidden file manager alias file manager yang tersembunyi akan tetapi kamu dapat dengan mudah menggunakannya jika kamu tahu letak file manager ini.

Untuk mengakses file manager pada android 6.0, berikut ini adalah langkah yang harus kamu lakukan:

Langkah Pertama: masuk ke Settings atau Pengaturan.

Langkah Kedua: pilih Storage & USB.
Kamu akan melihat jumlah isi data berdasarkan kategorinya masing-masing. Scroll ke bawah lalu pilih Explore di bagian paling bawah.

cara masuk file manager android
Masuk ke File Manager Android 6.0

 

Langkah Ketiga: Tap Explore untuk masuk ke File Manager.

File Manager default Android 6.0 Marshmallow ini sangat sederhana. Daftar file ditampilkan dalam pilihan list view dan grid view dengan navigasi untuk berpindah antar folder yang sangat mudah. Kamu juga bisa menyortir file berdasarkan nama, ukuran dan juga tanggal file dimodifikasi. Tak ketinggalan, fitur Search atau Pencarian juga tersedia pada file manager Android 6.0.

Baca juga:  Cara Mudah Transfer Lagu dari iTunes ke Android
file manager android 6 0 marshmallow
File Manager Android 6.0 Marshmallow

Cara pengoperasiannya pun masih sama dengan versi aplikasi standalone yang ada sebelumnya dan sangat familiar jika kita terbiasa menggunakan Windows Explorer. Untuk menghapus, melakukan sharing atau copy paste file, tap dan tahan beberapa saat untuk menandai file. Opsi Share dan Delete akan muncul di action bar.

Khusus file image atau foto, akan ditampilkan dengan preview thumbnail kecil seperti biasanya. Secara umum, user interface file manager bawaan Android 6.0 sangat user friendly. Namun sayangnya file manager ini berada pada tempat yang tersembunyi dan sulit diakses karena kita harus masuk ke pengaturan terlebih dahulu. Tidak tersedia shortcut pada layar home ataupun pada daftar aplikasi untuk mengakses file manager dengan cepat.

Tampaknya akan lebih nyaman jika kita menggunakan aplikasi file explorer yang sudah biasa kita gunakan seperti ES File Explorer ataupun Astro File Manager.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

whatsapp-invite-via-link-how-to

Cara Menggunakan Video Call WhatsApp

Cara Menggunakan Video Call WhatsApp – Setelah lama muncul pada versi beta Whatsapp, akhirnya fitur …