Home / Gadget / Android / Cara Mengatasi Android yang Lama Pada Saat di-Cas

Cara Mengatasi Android yang Lama Pada Saat di-Cas

Salah satu permasalahan yang jamak ditemui pada pengguna smartphone khususnya Android dan iPhone adalah lamanya pengisian daya baterai atau charging. Dari waktu ke waktu, charging smartphone membutuhkan waktu yang semakin lama. Awalnya mungkin hanya 1 jam charging saja sudah penuh, namun akhirnya meskipun sudah berjam-jam bahkan hingga ditinggal tidur pun belum penuh juga ( Baca Juga : 5 Tips Charge Smartphone Dengan Cepat ).

Banyak hal yang mempengaruhi lama atau tidaknya pengisian baterai smartphone. Seperti umumnya barang elektronik, smartphone pun demikian. Semakin lama digunakan, semakin usang pula perangkat smartphone kita. Artinya, ada beberapa item pada smartphone android maupun iPhone yang perlu diperbarui secara berkala.

Adapun faktor penyebab lamanya pengisian daya baterai pada android terdapat beberapa macam, berikut ini daftar permasalahan dan solusi tepat untuk mengatasinya.

1. Kabel USB Rusak

Umumnya smartphone masa kini menggunakan kabel USB hybrid yang bisa digunakan untuk charging dan sebagai kabel data untuk koneksi dengan PC. Kerusakan pada kabel ini menjadi penyebab nomor 1 melambatnya proses pengisian daya baterai atau charging.

Kenapa bisa terjadi? Pemakaian kabel dalam jangka waktu yang lama pasti mengakibatkan penurunan kualitas maupun kerusakan yang dapat berupa sobek atau putus. Kerusakan dapat terjadi akibat tarikan, lipatan kabel dan sebagainya.

Kabel yang sudah tidak optimal tidak akan mampu mengalirkan arus listrik dengan sempurna. Oleh karena itulah pengisian baterai menjadi lebih lama dari waktu awal pemakaian.

Solusinya adalah mengganti kabel dengan membeli kabel baru. Pada saat membeli kabel, ingatlah falsafah jawa “Ono rego ono rupo“. Artinya, belilah kabel dengan kualitas yang bagus meskipun harganya lebih mahal daripada kualitas biasa. Kami pernah membuktikan menggunakan kedua jenis kabel tersebut dan jelas terasa perbedaan waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai secara penuh. Sama halnya ketika kamu menggunakan kabel original, kebel lebih awet dan tahan lama serta mampu mengisi baterai dengan cepat.

2. Adaptor Rusak atau Tidak Sesuai

Kemungkinan kedua pada saat terjadi masalah pada waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai secara penuh terletak pada adaptor. Bisa jadi, adaptor kamu tak lagi mengeluarkan daya sesuai dengan kemampuan aslinya atau bisa dikatakan lemah.

Untuk menjamin besaran daya yang dihasilkan adaptor, kamu bisa menggunakan adaptor original sesuai dengan merk smartphone kamu. Bila kamu menggunakan asal adaptor, bisa jadi voltase yang dikeluarkan tidak cocok dan justru membuat pengisian baterai menjadi sangat lama atau bahkan membuat smartphone hang dan cursor ‘lompat-lompat’ akibat tegangan terlalu tinggi.

Solusinya adalah gunakan adaptor yang sesuai dengan daya yang dibutuhkan smartphone. Jika harus beli baru, pilih yang berkualitas original.

3. Sumber Daya yang bukan peruntukannya

Untuk melakukan pengisian baterai sebaiknya gunakan terminal listrik yang stabil. Jangan gunakan port USB pada komputer atau laptop karena tegangan yang dihasilkan terlalu kecil kecuali dalam keadaan mendesak. Mengisi melalui port USB membutuhkan waktu yang lebih lama daripada melalui terminal listrik biasa.

Baca juga:  Backup dan Restore Aplikasi Android Menggunakan Helium

Untuk itu, pastikan kamu melakukan pengisian dengan tegangan listrik yang tepat atau gunakan powerbank yang masih dalam kondisi bagus. Baca juga :  Cara Merawat Power Bank Agar Awet & Tidak Cepat Rusak 

4. Ngecas Android Sambil Digunakan

Bukan rahasia lagi kalau kita sering melakukan pengisian baterai dengan posisi smartphone nyala dan digunakan. Penggunaan android pada saat dicas baik untuk bermain game ataupun sekedar bermain media sosial terbukti membuat pengisian baterai menjadi lama. Hal ini disebabkan karena ponsel dipaksa terus bekerja mengingat penggunaan daya terbesar ada di layar sehingga pengisian daya menjadi muspro. Bahkan, digunakan untuk browsing pun akan mambuat baterai semakin lama diisi karena koneksi internet juga berpengaruh besar pada penggunaan daya.

Untuk itu, ada baiknya kamu bisa berhenti menggunakan smartphone sejenak. Apabila kamu sudah berhenti memakai smartphone pada saat charging namun tetap saja lama, bisa jadi ada program aplikasi yang berjalan pada background dan menggunakan resource yang besar. Cek kembali aplikasi kamu lalu uninstal saja aplikasi yang memakan banyak resource.

5. Kualitas Baterai Drop

Seperti halnya baterai pada laptop yang makin lama makin drop, begitu pula dengan baterai smartphone. Semakin lama penggunaan semakin besar kemungkinan turunnya kualitas baterai.

Solusi terakhir adalah mencoba mengganti baterai smartphone kamu dengan baterai baru dengan kualitas yang baik tentunya. Karena baterai abal-abal sudah pasti tidak akan mampu bekerja secara maksimal.

Tetapi jika kamu mengganti dengan baterai double power, pengisian baterai yang lama masih akan terjadi karena kapasitas baterai yang berlipat ganda.

6. Port USB bermasalah

Setelah semua langkah di atas kamu coba akan tetapi pengisian daya masih membutuhkan waktu yang lama, tibalah saatnya kamu mencurigai jika port USB pada smartphone android kamu bermasalah. Bisa jadi port USB kamu kendor atau mungkin ada jalur yang terputus. Untuk mengecek kembali, bawa smartphone kamu ke service center vendor ponselmu karena jika terjadi kerusakan pada bagian ini membutuhkan penangangan secara khusus. Jangan nekat membenahi sendiri jika tidak mempunyai keahlian khusus karena dikhawatirkan justru dapat merusak bagian yang lain pada smartphone.

Itu tadi adalah tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi smartphone android yang lama pada saat dicas. Semoga bermanfaat ya!

Ilustrasi: cultofandroid.com

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Spesifikasi dan Harga LG G3 Beat Update November 2016

Harga LG G3 Beat Update Desember 2016 dan Spesifikasinya

Harga LG G3 Beat Update Desember 2016 dan Spesifikasinya – LG, vendor smartphone asal korea …