Monday , September 25 2017

Cara Mengatasi Crash Safari pada Mac dan iOS

Akhir-akhir ini bukanlah minggu yang baik bagi pengguna browser milik Apple, Safari. Setelah pertama kali muncul link yang menyebabkan browser menjadi crash beberapa waktu lalu, kini Safari juga mengalami crash kembali, namun akibat dari alasan yang berbeda.

Beberapa pengguna mengalami crash pada Safarai ketika mereka mencoba untuk masuk ke pencarian, tidak peduli apa perangkat yang mereka pakai baik Max, iPhone maupun iPad. Crash ini terjadi hampir pada semua hardware dan versi sistem operasi yang berbeda.

Bug ini kemungkinan besar berasal dari Safari Suggestions. Ketika pengguna mulai memasukkan satu kata, kata tersebut akan dikirimkan ke server Apple untuk mendapatkan informasi yang menjadi sugesti pada pencarian yang dilakukan. Hal inilah yang disebut sebagai penyebab Safari crash. Beruntung, cara untuk mengatasinya sangat mudah. Seperti pada Mozilla Firefox yang bisa diatur untuk menonaktifkan search suggestions, kita juga hanya perlu mematikan suggestions ini agar masalah yang ada di atas dapat teratasi.

Baca juga:  Inilah Alasan Kenapa iPhone Memiliki RAM Lebih Kecil Dari Android

Ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk menonaktifkan Safari Suggestions pada Safari. Yang pertama adalah dengan menggunakan Private Browsing mode. Dengan masuk ke mode Private Browsing, Safari Suggestions secara otomatis tidak akan berjalan. Meskipun dengan menggunakan mode ini terdapat beberapa kelemahan, salah satunya yaitu kita harus login kembali pada situs yang sudah biasa kita kunjungi khususnya situs social media, termasuk ketika nanti kita mengunjungi kembali situs tersebut. Hal ini dikarenakan Private Browsing tidak akan menyimpan cache dan data lain yang ada pada saat browsing.

Adapun cara kedua membutuhkan sedikit usaha untuk melakukannya. Cara ini dapat dilakukan dengan menonaktifkan Safari Suggestions dari Pengaturan. Buka menu Settings kemudian nonaktifkan Safari Suggestions menjadi Off pada toogle yang tersedia.

Apple sendiri belum mengkonfirmasi pada isu ini. Kemungkinan masalah terjadi pada server yang berefek ke semua pengguna Safari. Akan tetapi, jika melihat bahwa masalah ini cukup sederhana, tampaknya tidak akan lama lagi Safari akan bisa digunakan kembali dengan normal.

Ilustrasi: digitaltrends.com

About Rian

SEO enthusiast.