Wednesday , December 13 2017

Cara Mengatasi DP (Display Picture) BBM Tidak Muncul dan Tertukar

Credit: technobuffalo.com

Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada BBM untuk Android dan iPhone adalah permasalahan pada Display Picture yang tidak tampil atau malah tertukar. Banyak komplain dari pengguna BBM pada Android atau iPhone yang tidak bisa melihat display picture dari teman mereka pada tab Recent Update (RU), kontak dan juga tab Chat. Kontak mereka justru menampilkan avatar kosong atau blank. Atau saat kamu mengganti DP BBM akan tetapi teman kamu tidak bisa melihat pergantian tersebut dan justru melihat blank avatar atau bahkan masih tetap display picture lama sebelum ganti.

Permasalahan yang lainnya adalah sering terjadi adanya display BBM yang tertukar. Misalnya teman kamu A mengganti DP BBM foto dirinya namun yang terlihat di ponsel kamu si A mengganti DP BBM dengan foto teman kamu B. Jika si A dan B ini teman dekat mungkin tidak menjadi masalah namun apabila B ini adalah gebatan kamu, bisa jadi pertemanan kamu dengan A akan berakhir sampai disini, haha.

Masalah display picture BBM tertukar ini memang sering terjadi dan ini justru lebih mengkhawatirkan ketimbang display BBM yang tidak tampil. Berikut ini adalah solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan DP BBM yang tidak tampil atau DP BBM yang tertukar.

Langkah Pertama: Cek koneksi internet smartphone kamu. Kamu bisa mengirim dan menerima pesan melalui BBM namun bukan berarti koneksi internet kamu cukup bagus untuk transfer data lainnya seperti DP BBM.

BBM selalu mencoba terkoneksi dengan server dan BBM memerlukan refresh dari waktu ke waktu, sehingga membutuhkan koneksi yang kuat.

Langkah Kedua: Pastikan BBM yang terinstal pada ponsel kamu adalah versi terbaru. Buka Google Play Store atau App Store untuk mengetahui apakah ada update terbaru sekaligus untuk memperbarui ke versi terbaru.

Langkah Ketiga: Gunakan koneksi internet yang kuat untuk melakuan sinkronisasi dengan BBM.

Baca juga:  Mozilla Luncurkan Firefox 10 Untuk iOS Dengan Desain Baru

Force Stop aplikasi BBM melalui Settings -> Apps kemudian pilih BBM. Di bawah nama aplikasi BBM tekan tombol Force Stop (Paksa Berhenti).

Force Stop, Hapus Data dan Cache BBM
Force Stop, Hapus Data dan Cache BBM

Gunakan koneksi internet yang kuat, misalnya Wi-Fi atau kamu bisa berganti operator jaringan dan paket data. Setelah yakin koneksimu stabil, jalankan kembali aplikasi BBM dan BBM akan melakukan sinkronisasi ulang dengan server termasuk display picture dari semua kontak pada BBM.

Jika langkah tersebut masih belum berhasil, lakukan langkah keempat di bawah ini.

Langkah Keempat: Hapus cache dan data BBM.

Sebelum melakukan langkah ini, pastikan kamu menginget email dan password dari akun BBM yang kamu gunakan saat ini. JIka tidak kamu harus mendaftar ulang akun BBM untuk mendapatkan PIN baru sekaligus kehilangan kontak semua temanmu.

Buka pengaturan pada smartphone kamu melalui Settings -> Apps. Tap aplikasi BBM kemudian tekan tombol Clear Cache (Hapus Cache) dan Clear Data (Hapus Data).

Langkah diatas dilakukan untuk memastikan bahwa BBM kamu tidak lagi menyimpan data-data yang sudah tersimpan sebelumnya. Jalankan BBM kemudian masukkan email dan password untuk menggunakannya kembali.

Langkah-langkah di atas bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah display picture BBM yang tidak muncul atau malah tertukar dengan teman yang lain. Share artikel ini kepada teman kamu yang sering mengalami masalah ini atau kamu bisa menulis komentar jika ada cara atau solusi lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah pada BBM android dan iPhone.

About Rian

SEO enthusiast.

آپلود عکس