Home / Gadget / Android / Cara Mengatasi Google Play Error 498 Communicating With the Server

Cara Mengatasi Google Play Error 498 Communicating With the Server

Seringkali ketika kita sedang mendownload aplikasi atau game dari Google Play Store, kita mendapatkan pesan eError yaitu “Error 498 has occured while communicating with the server”. Ketika kita coba download ulang, eh, pesan error tersebut muncul lagi.

Ada beberapa hal yang menyebabkan error ini terjadi. Kebanyakan error tersebut terjadi akibat ukuran aplikasi yang didownload lebih besar dari Cache yang ada pada partisi smartphone. COntohnya, cache partisi kamu sebesar 20MB sedangkan aplikasi yang kamu download sebesar 25Mb. Masalah ini sering terjadi ketika user mendownload aplikasi dengan ukuran yang lumayan besar.

Error 498 juga akan muncul ketika server sedang melakukan maintenance. Jika kamu yakin bahwa server yang sedang bermasalah, cukup tunggu beberapa waktu lalu kamu bisa mendownload ulang dengan baik.

Dari beberapa masalah yang bisa menyebabkan error tersebut terjadi, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi error tersebut.

1. Hapus Cache Google Play Store
Dari sekian banyak penyebab error ini terjadi, penyebab yang umum adalah akibat cache. Untuk menghapus cache Google Play Store kamu cukup masuk ke Pengaturan -> Aplikasi -> Pilih Google Play Store kemudian Hapus Data dan Hapus Cache.

Clear Cache Google Play
Clear Cache Google Play

Setelah selesai, cobalah kembali mendownload aplikasi. Jika bisa berjalan dengan lancar, berarti cache lah yang jadi penyebabnya. Namun, tidak semua permasalahan disebabkan cache. Ada solusi lain yang bisa kamu lakukan jika langkah di atas belum berhasil.

2. Gunakan WIFI untuk Mendownload
Beberapa kali permasalahan error has occured while communicating with the server terjadi akibat koneksi internet yang kurang stabil dari provider. Cobalah gunakan WiFi dengan bandwith besar dan stabil untuk mendownload aplikasi.

Baca juga:  3 Alasan Mengapa Kamu Harus Uninstall Facebook Android

3. Gunakan Akun Google Play Store Baru
Saya pernah mengalami gagal download ketika menggunakan salah satu akun Google Play Store. Namun ketika saya menambahkan akun Google baru, saya bisa mendownload aplikasi yang sama dengan lancar.

Bisa saja Google Play Store mengkonfigurasi ulang aplikasi untuk akun yang baru. Untuk menambahkan akun baru, masuk ke Pengaturan -> Akun -> Tambah Akun -> Pilih Google kemudian masukkan email -> Selesai.

Menambah Akun Google Baru
Menambah Akun Google Baru

4. Download dari PC atau Laptop
Kamu bisa mencoba mendownload aplikasi melalui PC atau Laptop. Cukup masuk ke akun gmail kamu menggunakan browser kemudian akses Google Play Store. Cari aplikasi yang akan kamu download kemudian klik Install.

Aplikasi tidak akan diinstal di komputer, tetapi smartphone akan otomatis mendownload aplikasi tersebut dengan syarat terkoneksi dengan internet.

5. Uninstall dan Install Ulang Google Play Store
Jika smartphone android kamu sudah di-root, kamu bisa mencoba untuk menghapus aplikasi Google Play Store kemudian menginstal ulangnya untuk menghindari error yang terjadi.

Semoga solusi di atas bisa membantumu untuk mengatasi permasalahan Error has occured while communicating with the server atau Terjadi kesalahan komunikasi dengan server. Jika kamu mempunyai solusi yang lebih mudah dan lebih akurat, kami menunggu masukanmu melalui kolom komentar di bawah ini.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Smartphone Lokal Mito T35 Fantasy Tablet Harga dan Spesifikasi Desember 2016

Smartphone Lokal Ini Disangka Buatan Cina! Mau Tau Apa Saja?

Smartphone Lokal Ini Disangka Buatan Cina! Mau Tau Apa Saja? – Bagi kamu penikmat gadget …