Home / Gadget / Cara Mengatasi Masalah Koneksi Internet iPhone

Cara Mengatasi Masalah Koneksi Internet iPhone

Tidak diragukan lagi terjadi beberapa masalah berupa bug yang mengakibatkan perangkat tidak bekerja dengan sempurna ketika iPhone atau iPad baru saja diupgrade firmware atau OS-nya. Hal tersebut bisa terjadi tidak hanya pada iPhone 4, namun juga pada iPhone 5. Masalah yang paling banyak terjadi adalah tidak jalannya koneksi 3G atau LTE pada iPhone dan iPad.

Sebenarnya bukan hanya pada koneksi selular data saya yang sering bermasalah, namun juga bisa terjadi pada Wi-Fi, Baterai, Bluetooth dan sebagainya. Permasalahan tersebut menjadi masalah yang paling penting untuk dicari solusinya mengingat internet mobile memegang peranan penting dalam penggunaan smartphone sehari-hari khususnya ketika kita sedang berada di luar rumah atau kantor sehingga tidak bisa menggunakan WiFi.

Jika koneksi internet mobile tidak berjalan, tentu kita akan merasa frustasi karena hampir semua aplikasi yang rutin kita gunakan membutuhkan koneksi internet seperti media sosial maupun aplikasi chat. Untuk itu berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut sehingga koneksi internet pada iPhone atau iPad dapat bekerja kembali.

Disable/Enable Pengaturan Mobile data dan LTE

Meskipun kamu baru saja sukses mengupgrade software pada perangkat kamu, bukan berarti semua pengaturan berjalan dengan mulus termasuk dengan koneksi internet mobile. Jika koneksi internet belum berjalan cobalah hidupkan pengaturan koneksi data seluler melalui Settings -> Mobile -> Celllular Data dan Enable LTE.

Jika masih belum bisa, ulangi untuk matikan kedua pengaturan di atas dan tunggu beberapa menit sebelum menghidupkan kembali Cellular Data dan Enable LTE.

Restart iPhone/iPad

Salah satu solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah koneksi seluler adalah dengan me-restart perangkatmu baik iPhone maupun iPad. Kamu cukup memarikan iPhone atau iPad kemudian menghidupkannya kembali atau bisa ditambah dengan melepas pasang kartu SIM ketika sedang dimatikan.

Baca juga:  Cara Logout Line Di iPhone Atau iPad Dengan Mudah

Reset Network Settings

Jika masalah koneksi seluler belum teratasi, masih ada satu lagi cara yang bisa digunakna untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan Reset Network Settings. Langkah ini ditempuh afah pengaturan data seluler di-reset dan dikonfigurasi seperti batu lagi sampai semua fitur dapat berjalan. Untuk melakukannya masuk ke Settings -> General -> Reset kemudian pilih Reset Network Settings.

Tidak hanya data seluler saja yang direset akan tetapi semua yang berada dalam lingkup network seperti Wi-Fi, VPN dan sebagainya juga akan diatur ulang.

Update ke Firmware Terbaru

Barangkali ketika semua masalah tersebut bisa diatasi maka bisa jadi kesalahan terjadi pada software yang kamu gunakan. Cobalah update firmware kamu ke versi terakhir dan stabil agar semua permasalahan koneksi data seluler tidak terjadi lagi.

Untuk melakukan update, masuk ke Settings -> General -> Software Update lalu downlad dan install firmware yang tersedia.

Dengan cara-cara di atas permasalahan pada koneksi data seluler akan bisa teratasi sehingga bisa berjalan dengan lancar.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Spesifikasi dan Harga LG G3 Beat Update November 2016

Harga LG G3 Beat Update Desember 2016 dan Spesifikasinya

Harga LG G3 Beat Update Desember 2016 dan Spesifikasinya – LG, vendor smartphone asal korea …