Wednesday , March 29 2017
Home / Gadget / Android / Cara Mengatasi Memori RAM Android Yang Cepat Penuh

Cara Mengatasi Memori RAM Android Yang Cepat Penuh

Cara Mengatasi Memori RAM Android Yang Cepat Penuh

Tips Cara Mengatasi Memori RAM Android Yang Cepat Penuh – Seperti halnya Komputer, smartphone Android juga memerlukan Memori RAM untuk menjalankan aktifitas Multitasking pada Layar. Beberapa aktifitas multitasking yang sering dilakukan oleh para pengguna smartphone dan tablet Android ialah aktifitas chatting, bermain game, browsing, streaming youtube, dan video call.

Sudah tahukan kamu jika kita membuka banyak aplikasi dalam satu waktu akan memakan banyak memori RAM. Contohnya, kamu membuka banyak aplikasi Messenger secara bersamaan, seperti membuka Facebook Messenger, WhatsApp, Telegram, Instagram, Line, BBM, Line, WeChat. Kalau sudah begitu jangan heran jika kemudian RAM pada smartphone Android kamu langsung penuh dan cepat habis.

RAM Yang Penuh Menyebabkan Smartphone Lambat dan Lemot

Jika RAM pada smartphone Android kamu mempunyai kapasitas yang besar, mungkin hal ini bukanlah masalah. Namun jika RAM smartphone Android mu berkapasitas kecil dibawah 2GB misal 1GB atau bahkan 512MB, maka yang terjadi kemudian Smartphone menjadi terasa berat, lambat dan lemot.

Selain aplikasi Chatting, bermain game pun juga memerlukan space RAM yang cukup banyak. Apalagi saat ini banyak game-game yang keren dan seru buat dimainkan, seperti game COC atau game Pokemon GO! yang sempat booming beberapa bulan yang lalu. Padahal game-game yang keren, baik secara grafis dan fiturnya komplek biasanya memerlukan RAM yang banyak. Sehingga jika kamu seorang gamer,  kamu harus betul-betul menyadari tentang kebutuhan space RAM yang kamu miliki.

Jika kamu sering mengalami RAM cepat penuh yang kemudian smartphone jadi lambat, kamu tidak perlu panik apalagi jengkel. Karena sebetulnya cara mengatasinya cukup mudah. Tinggal pintar-pintar penggunanya saja dalam mengatur penggunaan semua data dan aplikasi yang berjalan di smartphone Android. Untuk lebih jelasnya tentang Cara Mengatasi Memori RAM Android Yang Cepat Penuh, ikuti cara-cara dibawah ini:

Cara 1 : Hentikan Aplikasi Secara Paksa

Dengan menghentikan beberapa Aplikasi yang berjalan, maka akan mengurangi pemakaian RAM Android kamu. Untuk itu aplikasi yang jarang digunakan, sebaiknya hentikan saja aplikasi tersebut. Biasanya aplikasi yang membuat RAM cepat sekali penuh ialah Aplikasi chatting seperti misalnya Facebook Messenger , BBM, LINE, Path, Instagram, atau yang lainnya. Penyebabnya karena aplikasi-aplikasi tersebut tetap berjalan meskipun kamu tidak membuka atau mengunakannya.

aplikasi yang berjalan, aplikasi android, menghentikan aplikasi android

Cara menghentikan aplikasi secara paksa, ikuti langkah – langkahnya dibawah ini:

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Menjalankan » cari Nama Aplikasilalu tap “Paksa Berhenti”. 

Untuk lebih jelasnya, Baca JugaCara Menghentikan Aplikasi Yang Berjalan di Background Android

Cara 2 : Pindahkan Aplikasi dari Memory Internal ke Eksternal Card

Meskipun metode kedua ini bukan penyebab utama penuhnya memori RAM pada ponsel, tetapi sebaiknya langkah ini kamu lakukan. Karena dengan memindah aplikasi ke internal memory, maka akan memori internal akan memiliki space yang besar. Sehingga smartphone kamu terhindar dari lemot dan lambat.

Untuk cara memindahkan aplikasi dari internal memory ke Eksternal Card (SD Card), kamu bisa melakukannya langsung melalui Smartphone Android kamu, tanpa aplikasi pihak ketiga. Untuk memindahkan aplikasi, ikuti langkah – langkah dibawah ini :

  • Buka menu Pengaturan » masuk ke Aplikasi » tap Unduhan » cari Nama Aplikasi, lalu tap “Pindahkan Ke Kartu SD”. 
Baca juga:  Cara Menghapus Cache Google Play pada Android 6.0 Marshmallow

Cara 3 : Nonaktifkan Atau Hapus Aplikasi Yang Jarang Di Gunakan

Jika kamu ingin RAM ponselmu selalu dalam keadaan normal dan tidak mengalami penuh, sebaiknya nonaktifkan aplikasi bawaan dan aplikasi tambahan yang memang jarang kamu gunakan. Atau jika kamu punya aplikasi installan yang tidak pernah kamu pakai , sebaiknya hapus saja aplikasi tersebut.

Dengan cara ini akan membuat RAM smartphone kamu tidak kelebihan beban dan menjadi lebih lega, apalagi jika memori Internal juga akan memiliki space ruang yang cukup banyak. Untuk menonaktifkan aplikasi bawaan, ikuti langkah – langkah berikut ini:

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Unduhan » cari Nama Aplikasi Bawaan, lalu tap “Nonaktifkan”. 

Cara  4 : Bersihkan Cache Secara Berkala

Sebagai pengguna Android yang peduli terhadap performa smartphone, kamu harus membersihkan file Cache pada Android secara rutin, minimal 3 hari sekali atau jika tidak sempat seminggu sekali. Cara ini dilakukan agar performa Android tetap Optimal dan tidak mudah lambat dan lemot.

Selain itu, membersihkan file Cache juga akan mengurangi resiko error pada aplikasi, seperti LAG, Force Close tiba – tiba, macet, muncul pesan error, dan error lainnya.

Untuk membersihkan cache Android, kamu dapat memakai aplikasi cleaner seperti CC Cleaner atau bisa juga dengan cara manual. Untuk membersihkan cache secara manual, ikuti langkah – langkah dibawah ini:

  • Buka menu Pengaturan » masuk ke Aplikasi » tap Unduhan » cari Nama Aplikasi, kemudian tap “Hapus Cache”. 

Cara 5 : Manfaatkan Aplikasi Booster

Aplikasi Booster merupakan aplikasi yang bisa kamu digunakan untuk meningkatkan performa Android secara signifikan. Salah satu manfaat dari penggunaan aplikasi Booster adalah dapat meningkatkan performa RAM agar lebih optimal.

DU-SPEED-BOOSTER-Trik-Ampuh-Mempercepat-Android-Sampai-60
DU Speed Booster

 

Ada banyak aplikasi Booster Gratis yang tersedia di Google Play Store. Salah satu aplikasi Booster yang kami rekomendasikan adalah DU SPEED BOSTER. Selain mampu meningkatkan kecepatan smartphone kamu hingga 60%, aplikasi ini memiliki berbagai fitur menarik lainnya.

Salah satunya adalah aplikasi ini dilengkapi dengan fitur keamanan antivirus bawaan GRATIS. Selain itu aplikasi ini juga dapat meningkatkan ruang penyimpanan yang tersedia pada kartu SD ponsel Android smartphonemu.

Untuk cara menggunakannya, Baca JugaDU SPEED BOOSTER, Trik Ampuh Mempercepat Android Sampai 60%

Demikian beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi RAM pada android yang cepat penuh. Jangan lupa Bagikan artikel ini ke sosial media agar lebih bermanfaat. Jika kamu pertanyaan atau komentar, sampaikan dengan menuliskannya di kolom komentar dibawah ini,ya. Terimakasih dan Semoga Bermanfaat!

About Hayart

Adsense Fans.

Check Also

Spesifikasi Dan Harga Nokia C9 Kamera Utama 40 MP Update Januari 2017

Spesifikasi Sangar Nokia C9, Kamera Utama 40 MP RAM 8GB

Spesifikasi Sangar Nokia C9, Kamera Utama 40 MP RAM 8GB – Meski sempat menghilang karena …