Wednesday , October 18 2017

Cara Mengatasi Touchscreen Yang Tidak Berfungsi

Touchscreen atau layar sentuh merupakan bagian yang sangat penting terutama bagi perangkat gadget yang sudah tidak menggunakan keypad. Layar sentuh menjadi sangat populer baru-baru ini karena cukup praktis dan mudah digunakan. Penggunaan layar sentuh ini memang memberikan berbagai kemudahan pada setiap penggunanya.

Meski demikian layar sentuh juga tidak lepas dari masalah. Salah satu yang sering dialami pengguna adalah responya yang menjadi lambat, dan sentuhan tidak lagi akurat. Jika ini sudah terjadi, tentu pengguna akan mengalami kesulitan saat melakukan navigasi pada smartphone.

Terdapat banyak kemungkinan penyebabnya, diantaranya bisa disebabkan oleh adanya aplikasi yang sedang berjalan pada background meminta dan mengkonsumsi RAM yang cukup besar maupun hal lain seperti menggunakan pelindung layar LCD yang tidak cocok. Lalu pertanyaanya, bagaimana cara mengatasi layar sentuh yang tidak berfungsi? Berikut adalah beberapa cara memperbaiki touchscreen tablet atau smartphone Android yang tidak berfungsi :

 Langkah 1 : Matikan Perangkat

Langkap pertama yang bisa di lakukan untuk mengatasi layar sentuh yang tidak berfungsi adalah mematikan perangkat selama beberapa detik. Hal tersebut dapat membantu mengembalikan fungsi software yang mengalami crash sehingga bisa bekerja kembali sebagaimana semestinya. Jika cara ini belum berhasil, maka coba lepas baterai perangkat dan diamkan selama beberapa saat. Setelah itu pasang kembali baterai dan hidupkan kembali perangkat.

Langkah 2 : Lepaskan Kartu SIM Atau Memori Eksternal

Ternyata masalah pada kartu SIM atau memori eksternal juga bisa menyebabkan masalah pada layar sentuh. Oleh sebab itu jika layar sentuh perangkat anda tidak berfungsi, maka matikan perangkat dan lepas semua kartu SIM dan memori eksternal. Setelah dilepas, nyalakan kembali perangkat.

Langkah 3 : Kalibrasi Layar

 

cara kalibrasi layar smartphone

Masalah tidak berfungsinya layar sentuh juga bisa disebabkan karena masalah pengaturan layar sentuh itu sendiri. Oleh karena itu lakukan kalibrasi layar secara manual melalui menu yang telah disediakan. Jika kamu tidak tahu caranya, bisa cari petunjuk melalui manual book atau sumber lain.

Baca juga:  Ini Alasan Mengapa Banyak Smartphone Yang Menggunakan Baterai Non-Removable

Langkah 4 : Upgrade OS

Upgrade sistem operasi juga bisa dilakukan untuk memperbaiki masalah layar sentuh yang tidak berfungsi. Upgrade perangkat lunak terbukti bisa mengatasi bugs atau masalah-masalah yang terjadi dalam perangkat, tak terkecuali masalah pada layar sentuh.

Langkah 5 : Bersihkan Layar

lap pembersih smartphone

 

Cara lain untuk mengatasi masalah layar sentuh yang tidak berfungsi adalah dengan membersihkannya menggunakan isopropil alkohol serta small brush. Jangan lupa untuk mematikan perangkat sebelum membersihkannya.

Langkah 6 : Hard Reset

Melakukan hard reset adalah cara yang bisa ditempuh setelah semua cara sebelumnya tidak berhasil menyelesaikan masalah layar sentuh yang tidak berfungsi. Hard reset ini dapat mengembalikan semua pengaturan perangkat seperti baru, dan secara otomatis semua data yang tersimpan di memori internal akan hilang. Oleh karena itu disarankan sebelum melakukan hard reset untuk membackup semua data-data penting yang dimiliki. Hard reset bisa dilakukan langsung melalui perangkat atau dengan menggunakan bantuan komputer PC.

Langkah 7 : Bawa ke Service Center

Jalan terakhir jika masalah layar sentuh yang tidak berfungsi tetap saja belum teratasi maka langkah terakhir adalah membawanya ke pihak pembuat layar atau service center.

Itulah tadi cara mengatasi TouchScreen atau Layar Sentuh yang error atau tidak berfungsi, semoga bermanfaat dan bisa membatu. Selamat mencoba.

About Hayart

Internet Marketing enthusiast.