Cara Mengatur Prioritas Notifikasi Windows 10

notifikasi windows 10

Action Center Windows 10 memiliki tampilan yang sangat berbeda dibandingkan dengan versi terdahulu. Salah satunya adalah dengan kemudahan kita untuk mengetahui notifikasi jauh lebih mudah dan kita dapat berinteraksi dengan aplikasi melalui notifikasi sehingga jauh lebih efisien.

Action Center sendiri bukanlah fitur baru yang ada pada Windows 10. Action Center hadir dengan membawa semua fitur yang tepat pada bulan Juli 2015. Saat ini Microsoft bahkan masih terus bekerja untuk memperbaiki dan meningkatkan fitur Action Center.

Jika diperhatikan, pada preview Windows 10 Build 14316 terdapat fitur baru yang memungkinkan kamu untuk mengatur level prioritas notifikasi dari sebuah aplikasi yang ada pada Action Center. Aplikasi yang memiliki prioritas lebih tinggi akan sering terlihat dan muncul pada Action Center. Tapi tahukah kamu bagaimana cara mengatur prioritas notifikasi dari masing-masing aplikasi pada Windows 10?

Cara Mengatur Prioritas Notifikasi Windows 10

Untuk mengatur level prioritas dari masing-masing aplikasi, lakukan beberapa langkah berikut ini.

Langkah pertama: Buka Settings kemudian arahkan pada bagian System.

Langkah kedua: Buka tab Notifications & actions kemudian scroll ke bawah pada daftar aplikasi yang sudah diaktifkan notifikasinya.

notifikasi windows 10

Pada Windows 10 versi saat ini, kita hanya bisa mengaktifkan atau menonaktifkan notifikasi dari masing-masing aplikasi akan tetapi pada Build 14316 nanti kita bisa melakukan klik pada aplikasi untuk melihat pengaturan yang lebih jauh.

Baca juga:  Cara Selalu Menjalankan Powershell sebagai Administrator Windows 10

Langkah ketiga: Klik aplikasi yang diinginkan kemudian pada pengaturan notifikasi pada aplikasi yang dipilih, kamu bisa mengatur prioritas pada Action Center.

Semua aplikasi akan diberikan level prioritas Normal secara default akan tetapi kamu bisa mengubahnya dengan memilih High atau Top jika aplikasi tersebut dirasa sangat penting. Sebagai contoh kamu bisa mengubah notifikasi dari aplikasi Mail menjadi Top atau High.

prioritas notifikasi windows 10

Selain bisa mengatur prioritas, kamu juga bisa mengatur berapa jumlah notifikasi yang dapat terlihat dari satu aplikasi pada Action Center. Secara default jumlah yang diberikan adalah 3 notifikasi. Jika salah satu aplikasi mengirimkan lebih dari 3 notifikasi maka notifikasi keempat akan membuat notifikasi collapse. Untuk melihat notifikasi tersebut, klik tombol dropdown pada notifikasi aplikasi pada Action Center.

Adapun fitur ini belum tersedia pada Windows 10 saat ini dan diperkirakan akan hadir pada Windows 10 Build 14316. Artikel ini akan diupdate ketika fitur tersebut benar-benar dirilis.

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Fitur Fitur Yang Jarang Digunakan Pada Smartphone Android

Fitur-Fitur Yang Sia-Sia Pada Smartphone Android

Fitur Fitur Yang Jarang Digunakan Pada Smartphone Android – Banyak alasan untuk memilih Android sebagai …