Home / Gadget / Android / Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Android

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Android

Kamu baru saja secara tidak sengaja menghapus file penting di smartphone androidmu? Sekarang, kamu tidak perlu khawatir tentang hal tersebut, karena kami akan mencoba memberikan solusi tentang cara mengembalikan file yang terhapus pada Android. Kini kamu bisa dengan sedikit usaha untuk mengembalikan data, kontak, pesan, foto, video, lagu yang tidak sengaja terhapus atau karena terjadi error pada memori ponsel dengan recovery file android.

Kami mempunyai beberapa alternatif cara yang bisa kamu coba untuk mengembalikan data yang hilang pada android. Kamu bisa memilih atau mencoba satu per satu untuk mendapatkan kembali file yang terhapus. Metode berikut ini kami nukilkan buat kamu dari beberapa sumber. Berikut ini adalah aplikasi terbaik untuk mengembalikan data yang terhapus pada Android.

Cara Mengembalikan Data Yang Hilang Pada Android Dengan Recovery-Android.

Recovery-Android adalah salah satu aplikasi terbaik yang dapat digunakan untuk mengembalikan data yang hilang pada Android. Recovery Android memiliki beberapa fitur diantaranya recovery data dan rooting. Aplikasi yang diberi nama Data Recovery Machine for Android ini merupakan aplikasi yang paling terpercaya untuk mengembalikan file yang terhapus dari smartphone android maupun tablet android. File yang bisa dikembalikan adalah video, pesan, foto, kontak dan file lain.

Langkah mengembalikan data yang hilang dengan Recovery-Android:

Langkah 1: Download aplikasi android data recovery dari Recovery-Android ke komputer atau laptopmu. Setelah selesai download, install aplikasi tersebut.

Langkah 2: Atur USB Debugging melalui Settings / Pengaturan. Pastikan mode USB debugging sudah enable.

Langkah 3: Sambungkan smartphone android dengan PC dengan kabel USB. Kemudian jalankan aplikasi recovery data android yang sudah terinstall.

Langkah 4: Tunggu sistem mendeteksi android yang sudah terkoneksi dengan kabel USB. Setelah terdeteksi, klik tombol Start berwarna hijau untuk memulai memeriksa perangkat android. Lihat pada androidmu, akan muncul pop-up permission lalu pilih Allow agar aplikasi dapat mengakses keseluruhan ponsel android.

recovery-android mulai mengembalikan data yang terhapus

Langkah 5: Tunggu proses scanning selama beberapa menit untuk memproses semua data pada Androidmu. Lama proses ini tergantung dari seberapa besar memori penyimpanan dan juga data yang ada di dalamnya. Ketika proses scanning telah selesai, kamu dapat melihat beberapa file yang ditandai dengan warna merah. File yang ditandai ini adalalh file yang terhapus dari smartphone android kamu. Pilih beberapa file yang ingin kamu kembalikan dengan menandai pada check box kemudian klik tombol RECOVER.

Proses recovery file yang terhapus akan memakan beberapa waktu tergantung besar file tersebut. Setelah proses selesai, kamu bisa mencoba melihat kembali pada smartphone kamu jika file tersebut telah sukses dikembalikan. Metode ini adalah metode terbaik yang bisa dilakukan untuk mengembalikan file yang terhapus pada android.

Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus Pada Android Dengan Potatoshare

Potatoshare adalah salah satu perusahaan terpercaya di dunia dalam bidang sofiware baik untuk Windows, iOS maupun Android. Potatoshare telah merilis aplikasi recovery data Android sejak tahun 2006. Aplikasi recovery data Potatoshare sangat mudah digunakan untuk mengembalikan file yang terhapus pada Android.

Baca juga:  Cara Menyembunyikan Kontak, Panggilan Telepon dan SMS di Android

Langkah-langkah untuk mengembalikan file yang terhapus pada Android dengan Potatoshare.

Langkah 1: Download Aplikasi Android Data Recovery dari PotatoShare lalu install pada PC atau laptop.

Langkah 2: Sama seperti menggunakan Recovery-Android, enable-kan mode USB Debugging pada pengaturan Android.

Langkah 3: Hubungkan Android dengan PC atau laptop dengan kabel.

Langkah 4: Buka aplikasi Potatoshare, akan muncul dua pilihan menu utama yaitu Scan Contacts, Call History and Messages dan Scan Photos, Videos or other files.

scan foto dan video yang terhapus potatoshare

Pilih menu sesuai kebutuhan kamu, kemudian klik tombol Start untuk memulai scanning.

Langkah 5: Klik tombol Start, kemudian tunggu proses scanning data pada smartphone android. Kamu dapat meilhat file atau data yang sudah terhapus dari smartphone Androidmu. Pilih dengan memberi tanda centang pada item yang akan di-recovery kemudian klik tombol Recover di sisi kanan.

Jika proses recovery sudah selesai, kamu dapat melihat file yang sudah terhapus sebelumnya kembali muncul di smartphone Androidmu.

 

Cara Mengembalikan Data yang Hilang pada Android dengan Yodot Android Data Recovery

Selain Potatoshare, Yodot juga merupakan salah satu pemilik aplikasi recovery data dari android yang cukup terkenal. Yodot sangat mudah digunakan unuk mengembalikan data yang hilanga atau terhapus dengan preview data yang dapat dilihat.

Untuk mengembalikan data dengan Yodot, kamu harus menginstall Yodot android data recovery pada PC atau laptop kamu serta menjadikan android pada mode USB Debugging.

Langkah selanjutnya ikuti petunjuk di bawah ini:

Langkah 1: Buka aplikasi Yodot Recovery for Android kemudian pilih opsi Recovery. Terdapat 2 pilihan yaitu Deleted File Recovery dan Lost File Recovery. Pilh salah satu sesuai kebutuhan.

Langkah 2: Sekarang pilih smartphone android yang muncul pada layar aplikasi Yodot kemudian klik tombol Next untuk memulai scanning data.

Langkah 3: Aplikasi akan melakukan scanning terhadap semua data yang terhapus maupun yang hilang.

daftar file terhapus yodot

Langkah 4: Pilih file atau data apa saja yang akan di-recovery kemudian klik tombol Next untuk memulai recovery data.

Semua data yang kamu pilih akan kembali setelah sebelumnya telah terhapus. Dengan menggunakan PC atau Laptop, proses mengembalikan data yang terhapus pada Android menjadi lebih mudah.  Kamu bisa memilih menggunakan Recovery-Android, Potatoshare ataupun Yodot untuk melakukan recovery data Android. Jika ketiga aplikasi tersebut belum bisa mengembalikan data kamu yang hilang, masih banyak aplikasi lain yang layak dicoba untuk mengembalikan file yang terhapus pada Android.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba mengembalikan file yang hilang atau terhapus langsung di smartphone Android tanpa menggunakan komputer atau laptop.

Ilustrasi: www.screenagr.com

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

Spesifikasi dan Harga LG G3 Beat Update November 2016

Harga LG G3 Beat Update Desember 2016 dan Spesifikasinya

Harga LG G3 Beat Update Desember 2016 dan Spesifikasinya – LG, vendor smartphone asal korea …