Thursday , October 19 2017

Cara Mengetahui Aplikasi Yang Menggunakan Memori Paling Besar pada Android 6.0 Marshmallow

Tidak diragukan lagi bahwa beberapa aplikasi, terutama game adalah aplikasi yang paling banyak mengkonsumsi daya baterai dari pada aplikasi jenis lain. Hal ini terjadi hampir pada semua perangkat, baik laptop maupun smartphone, tidak terkecuali android. Game tidak hanya akan membuat daya baterai kamu cepat habis, tetapi proses yang berjalan juga menggunakan banyak memori pada RAM.

Pada dasarnya, bagaimana performa perangkat baik laptop maupun smartphone sangat tergantung pada space yang tersedia pada RAM. Seberapa cepat aplikasi berjalan atau bahkan seberapa bagus performa smartphone pada saat menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Begitu juga pada Android, kinerja ponselmu juga sangat tergantung pada RAM yang tersedia. Semakin banyak proses yang mengkonsumsi terlalu besar memori pada RAM, semakin lambat pula android kamu bekerja. Kamu perlu mengontrol proses yang terjadi atau menghentikan beberapa proses yang berjalan agar ponsel kembali bekerja secara normal. 

Untungnya android selalu berkembang dari waktu ke waktu seiring perkembangan teknologi. Kini pada versi Android 6.0 Marshmallow, kamu dengan mudah bisa melihat aplikasi mana saja yang menggunakan banyak memori RAM pada smartphone android. Dan tentu saja, kamu bisa mengoptimalkan kinerja RAM dengan menyeleksi penggunaan aplikasi sehingga performa ponsel tetap stabil.

Adapun cara untuk mengetahui proses yang berjalan pada RAM dan mengetahui penggunaan RAM oleh aplikasi pada Android 6.0 adalah sebagai berikut:

Langkah pertama: Buka Settings atau Pengaturan.

Langkah kedua: Tap Memory. Kamu akan melihat seberapa besar RAM yang masih tersedia dan bagaimana penggunaan RAM oleh aplikasi pada androidmu.

Baca juga:  Cara Membuat Instagram Grid: Upload Foto di Instagram 1 per 1 Untuk Menjadi Foto Besar

Langkah ketiga: Tap Memory used by apps dan kamu akan mendapatkan daftar lengkap aplikasi yang sedang berjalan baik dari sistem maupun aplikasi yang kamu instal. Terdapat opsi pada drop-down sehingga kamu bisa memilih jangka waktu terakhir proses yang berjalan pada RAM mulai dari 3 jam, 6 jam, 12 jam dan 24 jam.

android-6-penggunaan RAM
Melihat penggunaan RAM pada Android 6.0

Disini kamu bisa melihat daftar penggunaan memori oleh aplikasi berdasarkan dari jumlah yang terbesar. Tap salah satu aplikasi untuk melihat penggunaan rata-rata RAM, frekuensi aplikasi dijalankan dan berapa jumlah maksimal RAM yang digunakan. Aplikasi yang selalu berjalan atau always running akan menggunakan lebih banyak RAM. Sebagai contoh pada gambar di bawah ini, aplikasi Facebook menggunakan banyak memori RAM karena berjalan secara terus menerus. Dan, yang pasti aplikasi yang always running juga akan mengkonsumsi banyak daya baterai.

Dari informasi yang kamu dapatkan di atas, kamu bisa mengambil langkah untuk mengatasi aplikasi yang memiliki proses cukup besar pada RAM, misalnya dihapus atau di-uninstal. Akan tetapi tentu kamu bisa melihat skala prioritas, apakah mempertahankan atau menghapus aplikasi yang mungkin secara rutin kamu gunakan.

Gambar utama: androidpit.info

About Rian

SEO enthusiast.