Cara Menggunakan Android Dengan Layar Rusak dari PC

cara menggunakan ponsel rusak dengan PC

Kita tak pernah tahu dengan apa yang akan terjadi dengan smartphone android kita. Tak jarang ponsel kesayangan kita mengalami kerusakan, baik karena terjatuh ataupun karena sebab lain. Yang pasti, smartphone rusak atau pecah sudah menjadi resiko bagi semua pemilik smartphone.

Hal yang paling sering terjadi adalah layar smartphone Android pecah dan menyebabkan touchscreen tidak berfungsi. Jangan khawatir, kamu masih memiliki banyak cara untuk mengatasi ponsel rusak yaitu dengan menggunakannya melalui PC atau laptop. Penasaran? Simak tips berikut ini.

Recovery data dari Ponsel dengan Layar Rusak

Jika layar ponselmu pecah atau rusak namun kamu masih bisa melihatnya, kamu bisa menggunakannya dengan memakai USB OTG dan sebuah mouse. USB OTG dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat smartphone dengan device lainnya. Pada dasarnya, smartphone Android memiliki mini-USB untuk menghubungkannya dengan mouse dan kita memanfaatkan USB OTG untuk melakukannya.

Setelah mouse terhubung, kamu bisa membuka kunci smartphone jika kamu menggunakan pattern, PIN ataupun Password. Setelah kunci terbuka, kamu bisa menghubungkan komputer dengan smartphone dan kamu bisa melakukan transfer data yang dibutuhkan ke microSD ataupun langsung ke PC.

Recovery Data dari Ponsel Android dengan Layar Mati

Jika smartphonemu dapat menyala namun layar tidak menampilkan apa-apa, maka kamu membutuhkan aplikasi VNC untuk mengambil data yang diperlukan. Ada banyak aplikasi di Google Play Store yang bisa kamu gunakan, pilih salah satu yang gratis dan aman. Aplikasi VNC dapat kamu gunakan untuk memindahkan interface Android ke PC.

Baca juga:  Spesifikasi Dan Harga Lenovo Phab Plus Update Terbaru 2017

Kamu wajib menginstall aplikasi VNC pada smartphone android maupun PC. Untuk instalasi pada Android, kamu bisa melakukannya dari PC. Login ke akun Gmail yang digunakan pada smartphone kemudian klik install aplikasi pada Google Play Store. Dengan demikian aplikasi akan secara otomatis terinstall pada ponsel Android.

Jika keduanya telah terinstall maka kamu akan dapat menghubungkan keduanya, antara Android dengan PC.

Bagaimana jika ternyata data yang diharapkan belum bisa didapatkan? Solusi terakhir adalah dengan membawa ponsel tersebut ke service center terdekat. Memang langkah ini akan memakan biaya yang lebih banyak, apalagi jika masa garansi sudah habis akan tetapi setidaknya setelah ponsel diperbaiki, kamu dapat mengambil kembali semua data yang ada pada smartphone Androidmu.

Jika kamu mengetahu langkah lebih mudah untuk merecovery ponsel android rusak, tuliskan pada komentar di bawah ini, ya!

About Rian

SEO enthusiast.

Check Also

iPhone 9

Spesifikasi Dan Harga iPhone 9 Terbaru

Spesifikasi Dan Harga iPhone 9 Terbaru – Walaupun iPhone 8 belum dirilis pisaran, kini sudah …